Share on Pinterest
More share buttons
Ultah Bogor Ngariung ke 3

Ikut Ngariung di Ulang Tahun ke 3 Bogor Ngariung

Sabtu tanggal 12 Maret 2017 lalu, ramai dan semangat positif terasa sekali di salah satu ruang Gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB). Walaupun siang itu Bogor diguyur hujan deras, tapi tak menyurutkan semangat anak-anak muda Bogor ini untuk berkumpul. Suara merdu nan lantang dalam balutan puisi dan alunan beatbox menggebukan suasana menaikkan denyut semangat yang ada, terlebih saat mengalunkan bait “happy birthday to you”. Memang ada apa sih sebenarnya? Yaa, dari deretan anak muda ini ‘ngariung’ dalam rangka merayakan ulang tahun Bogor Ngariung yang telah menginjak 3 tahun berdiri.

Penampilan Perempuan Puisi di Ultah Bogor Ngariung ke 3

Penampilan Perempuan Puisi di Ulang tahun Bogor Ngariung ke 3 (Dok. Septian Awaludin -Bogor Ngariung)

Apa itu Bogor Ngariung ? Ngariung dalam bahasa sunda memiliki arti ‘Berkumpul’, memperlihatkan bahwa Bogor Ngariung ini wadah berkumpul warga Bogor. Lebih tepatnya, Bogor Ngariung merupakan wadah komunitas dan organisasi pegiat perubahan di Bogor. Taukah kamu ada berapa komunitas di Bogor? Percaya gak percaya, komunitas yang ada di Bogor yang telah tergabung Bogor Ngariung berjumlah hingga 90 komunitas! Amazing!

Kebayang gak bagaimana sih ide brilian semacam ini muncul dan mengumpulkan segitu banyak komunitas di Bogor ini? Ternyata hal ini diawali dari sebuah pertemuan pada 8 Maret 2014, perwakilan komunitas-komunitas Bogor bersepakat untuk membuat sebuah wadah komunitas di Bogor ini.

Inisiator Bogor Ngariung antara lain Robby Firliandoko, Nurhuda Anwar, Dani Arista, dan Syaeful Bahri. Setelah itu, koordinator lain bergabung yaitu Junaedi, Indri Guli, dan Ibnu Djula. Koordinasi yang baik pun menelurkan karya yang baik. Sejak terbentuknya Bogor Ngariung, kolaborasi antar komunitas pun sudah banyak berlangsung, seperti Ngariung Komunitas, Aksi Bersama Permainan Anak, Aksi Bersama untuk Korban Bencana.

Bogor Ngariung terbentuk mulai tanggal 8 Maret 2014, sehingga tahun ini anniversary untuk tahun ke 3 berdirinya Bogor Ngariung.Sebanyak 90 komunitas yang sudah tercatat ada di Bogor Ngariung dan telah digolongkan menjadi 7 kategori antara lain; 1. Pendidikan, 2. Lingkungan, 3. Sosial, 4. Sejarah dan Budaya, 5. Seni, 6. Olahraga, dan 7. Media & Komunikasi.

Kamu sedang mencari komunitas mana yang sesuai passion kamu? Boleh cek daftar nama komunitasnya. Pertama, komunitas kategori pendidikan di Bogor terdiri dari 1. Fakta Bahasa Bogor, 2. Urban Sakola, 3. Rumah Merah Putih, 4. Berkawan Indonesia, 5. Sanggar Juara, 6. Ospek Kinomedia Chapter Bogor, 7. Pusmi Bergerak, 8. Terminal Hujan, 9. Sekolah Bersama Yuk, 10. Kelas Bogor, 11. Bogor Menyala

Kedua, komunitas kategori lingkungan di Bogor yaitu 1. Wabe Project, 2. Bogor Clean Action, 3. Chapter Bogor, 4. Earth Hour Bogor, 5. Hilo Green Community, 6. Bogor Berkebun. Ketiga, komunitas kategori sosial di Bogor antara lain : 1. Rainheart, 2. World Merit Indonesia, 3. Forum for Indonesia, 4. Turun Tangan Bogor, 5. Gebu Cinta, 6. Inovasia, 7. Kalam (Komunitas Peduli Kampung Halaman), 8. IYOIN LC Bogor, 9. YOT (Young On Top) Bogor, dan 10. Pori-pori ID. Keempat, komunitas kategori Sejarah dan Budaya di Bogor seperti 1. Kampung Bogor, 2. AICT (Ambassador Indonesia Culture and Tourism), 3. Paguyuban Mojang Jajaa Kota Bogor. Kelima, komunitas kategori Seni dan Hobi di Bogor antara lain : 1. Stand Up Indo Bogor, 2. Stand Up Unida, 3. Bogor Magician Community, 4. Komunitas Dongeng Kota Hujan, 5. Bogor Beat Box, 6. Bogor Raya Drummer, 7. Paper Quiling, 8. Michael Jackson Lovers, 9. Backpacker’s Indonesia Chapter Bogor, 10. Perempuan Puisi. Keenam, komunitas kategori olahraga di Bogor yaitu Parkour Bogor. Ketujuh, komunitas kategori Media dan Komunikasi di Bogor seperti Perhumas Muda Bogor.

Sesi Sharing dari Sekolah Relawan

Sesi Sharing dari Sekolah Relawan (Dok. Septian Awaludin)

Wuih, deret nama komunitas yang ada di Bogor ini banyak banget ya ternyata? Ya jelas! Tapi yang lebih jelas lagi mereka adalah sekumpulan anak muda di Bogor yang ingin memajukan kotanya dengan semangat positif dan aksi nyata! Jempol, Salut! Jadi, ngariung tahun ketiga Bogor Ngariung kemarin ini, selain dimeriahkan dengan perform dari Komunitas Perempuan Puisi, Bogor Beatbox, ada juga Bogor Magician Community. Keren kan bakat kreativitas anak muda Bogor?

Jangan main-main sama anak muda seperti ini, seperti yang disampaikan oleh Kang Bayu Gawtama dan Kang Luthfi Kurnia dari Sekolah Relawan saat ngariung kemarin, bahwa adanya relawan berasal dari rasa kepekaan kita terhadap masalah sosial di sekitar dan kepekaan untuk menindaklanjuti menjadi sebuah aksi solusi tersebut. Memiliki satu visi yang sama menjadikan kita akan bergenggaman tangan untuk menciptakan solusi dan mencapai tujuan tersebut. Hasil ikut ngariung di ulang tahun Bogor Ngariung ke 3 kemarin, meningkatkan rasa optimis kota hujan akan semakin berkembang dan maju dengan inisiatif dan aksi nyata yang positif dari muda-mudi yang kece ini! Semangat! Hihi.

Doa Bersama Bogor Ngariung (Dok. Bogor Ngariung)

Doa Bersama Bogor Ngariung (Dok. Ibnu Djula- Bogor Ngariung)

Selamat Ulang Tahun Bogor Ngariung! Selamat panjang umur kita kan doakan, selamat sejahtera, sehat sentosa. Selamat panjang umur dan bahagia 😉

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di BogorPaket Wisata murah dan bisa bikin visa online dengan budget terjangkau. Mau?

Anyway, ada yang mau tau gebrakan apa selanjutnya yang akan dilakukan oleh Bogor Ngariung? Selain akan menelurkan sebuah buku Bogor Hujan Komunitas, Bogor Ngariung akan mengadakan pameran komunitas bertajuk Bogor Hujan Komunitas yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 September – 1 Oktober 2017. Nah, bagi kamu yang memang concern dan mau bergerak bersama, gabung aja ke komunitas favorit kamu serta ikutin terus twitter @BogorNgariung, instagram @Bogor.Ngariung, facebook @BogorNgariung, website www.bogorngariung.com, dan jika kamu punya ide kolaborasi dan sebagainya bisa hubungi ke haibogorngariung@gmail.com.

Ulang Tahun ke 3 Bogor Ngariung

Ulang Tahun ke 3 Bogor Ngariung

Mari Ngariung bersama Bogor Ngariung, Memajukan Kota Hujan Tercinta! 😉

729 Total Views 5 Views Today
Ikut Ngariung di Ulang Tahun ke 3 Bogor Ngariung
Vote Us
(Visited 286 times, 1 visits today)



'Ikut Ngariung di Ulang Tahun ke 3 Bogor Ngariung' have 1 comment

  1. 08/11/2017 @ 2:46 pm ryan

    Keren…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool