Share on Pinterest
More share buttons
Chinese Food

HOSANA Ikon Chinese Food Bogor Yang Sudah Punya Nama

Siapa tak kenal Capcay dan Fuyunghai? Dua kata kunci yang harus ada di menu resto Chinese Food di Indonesia. Kalau ngga ada wah, mending gantai nama deh. Chinese Food memang cocok dengan lidah orang Indonesia. Apalagi yang sudah berlabel 100% Halal.

Selain mencari kuliner khas bogor ketika liburan di bogor, boleh lah kiranya sekali waktu icip resto chinese food yang ada di kota ini. Untuk urusan chinese food, ada satu resto yang cukup legendaris. Paling tidak era 90an sampai sekarang. HOSANA namanya.

Resto yang biasanya langsung dikelola oleh pemiliknya yang nongkrong di meja kasir ini terkenal dengan porsi besarnya dan harga yang sepadan dengan porsi dan rasanya. Di Bogor, HOSANA merupakan resto chinese food yang tak mewah, namun cukup nyaman untuk makan.

Ada beberapa cabang HOSANA misalnya di Jalan Kresna, Perum Indraprasta, juga ada di dekat SMAKBO (SMA Kimia Analisis Bogor) di dekat perempatan Univ Pakuan, dan di  ruko samping Mitra 10 di jalan Soleh Iskandar (jalan baru). Semua resto ini dimiliki oleh satu keluarga namun berbeda pemiliknya.

Di Indraprasta, tak jauh dari PMI, disitulah pusatnya. Rumah tinggal sekaligus restoran ini sudah berdiri lama. Dulu, akhir tahun 90an jaman keemasan penulis (hehe) saya sering makan disini. Porsinya wah dan rasanya enak.

Resto ini menyajikan berbagai menu chinese food seperti bakmi goreng, kwetiau dan tentu capcay dan fuyunghai. Menu-menu khas chinese food lain seperti ayam goreng tepung, cumi dan udang pun siap sedia. Side menu ada juga. Pempek dan Batagor jadi andalan. Namun tentu, andalan olahan bakmi dengan sayur dan seafood tetap jadi pilihan misalnya Ifumi dan Lo mie.

Hosana Indraprasta

Daftar menu di Hosana Indraprasta (Jalan Kresna Raya)

Hosana yang sudah beroperasi lama di Bogor juga tak sembarang buka cabang. Apalagi franchise. Resto yang dikelola oleh perantauan tiongkok ini juga memastikan ke pembeli ke-halal-annya. Walaupun, di resto Hosana yang di Jalan Baru masih menyajikan menu kodok yang bikin agak ragu. Namun pernah saya tanya dan pastikan itu menu Swikie tidak diolah di panci penggorengan yang sama. Walau namanya sama, Hosana memiliki menu sampingan berbeda. Misalnya di Indraprasta ada batagor dan es kacang merah khas Palembang, di Jalan Baru ada menu minuman teh Oolong yang rasanya nikmat.

capcay seafood

Capcay seafood yang menggoda selera. Ini saya makna di Hosana Jalan Baru dekat Mitra 10

capcay seafood

Fuyunghai

Fuyunghai lengkap dengan kacang polongnya yang lembut di Hosana Indraprasta

Pempek

Pempek di Hosana Indraprasta. Sebagai penyuka pempek tingkat “hardcore” pempeknya lumayan tapi cukanya agak “aneh” tidak begitu enak. Harga pempek Rp 5000 satu buah.

Setiap resto Hosana bukanlah cabang. Dikelola oleh pemilik masing-masing yang masih satu keluarga besar. Sehingga menu-menu tidak seragam.  Kadang ada pembedaaan misalnya di Hosana Indraprasta, disebut di spanduk resto sebagai “Hosana Aon”.  Hal yang sama adalah pencantuman “100% Halala” yang menjadi salah satu tulisan “wajib” bagi resto chinese food apabila ingin banyak pembeli.

Selain itu, konsep dapur masak juga berbeda. di Smakbo dan Indraprasta, open kitchen di depan, sedangkan di jalan baru yang berbentuk Ruko, dapur masak di belakang. Itulah mengapa saya harus bertanya mengenai kehalalan dan pola memasak para koki. Koki tukang masak semua pribumi sih tapinya. Bahkan di Hosana Indraprasta, para tukang masak sudah menjadi koki belasan tahun.

Hosana Bogor

Hosana Indraprasta, Hosana “Aon”. Mungkin ini nama pemiliknya, Enci yang juga melayani pembeli dan merangkap kasir. Di Rumah dia sendiri.

Hosana Bogor

Display menu “unggulan”

Hosana Bogor

Hosana Indraprasta yang sejak dulu membuka di halaman rumahnya. Open Kitchen di depan.

Restoran ini juga melayani pesan antar dan biasanya banyak yang menelepon. Baik di Hosana jalan baru, SMAKBO, maupun Indraprasta yang saya kunjungi malam hari. Jadi, jika lapar setelah seharian wisata di bogor, ingin makan buanyaak dan harganya pas dengan porsinya, sempatkan mencari resto ini biar “bogor” nya tetap kerasa.

14947 Total Views 12 Views Today
HOSANA Ikon Chinese Food Bogor Yang Sudah Punya Nama
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,987 times, 1 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'HOSANA Ikon Chinese Food Bogor Yang Sudah Punya Nama' have 1 comment

  1. 01/31/2017 @ 1:29 pm Meyy

    Mau tanya resto yang berlogo hosana Halal ga?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool