Share on Pinterest
More share buttons

Hello Bogor Ikuti Pelatihan Jurnalistik Forum Paguyuban Wartawan Kabupaten Bogor

Bertempat di Villa Hala, Desa Citeko, Kabupaten Bogor yang asri dan dingin, hari Sabtu dan Minggu, 27-28 Agustus kemarin merupakan pelatihan jurnalistik yang tim Hello Bogor ikuti. Tentu, sebagai referensi wisata bogor dan wisata kuliner bogor, pengetahuan jurnalistik juga penting, walaupun konsep penulisan di hellobogor memang luwes, crispy dan catchy, tak menulis informasi datar saja sebagaimana media pada umumnya.

Gunung di depan Vila Halla, PuncakGunung di depan Vila Halla, Puncak

Ya, diwakili Unggul Sagena, editor-at-large nya Hello Bogor, pelatihan ini menjadi ajang untuk meningkatkan kompetensi serta menambah wawasan soal media dan jurnalisme. Memang, konsep Hello bogor yang berisi feature dan berita ringan seputar pariwisata, budaya dan kuliner tak persis sama dengan harian dan mingguan yang “hard news”. Namun, informasi dan yang paling penting, sharing materi dan pengalaman para wartawan di kabupaten bogor ini menjadi hal yang sangat berharga.

Adapun materi-materi yang diserap pada hari itu antara lain mengenai tips trik dalam melakukan wawancara dengan narasumber. Selain itu, pengetahuan mendasar soal pers, komunikasi, dan bahasa jurnalistik menjadi materi yang juga menarik.

pelatihan jurnalistik

Dalam hal pers, komunikasi dan bahasa jurnalistik, narasumber yaitu Bapak Agung HP yang sudah belasan tahun menjadi wartawan dan sekarang menggawangi koran terkenal PAKAR (Pakuan Raya), memberikan banyak informasi dasar dan juga sharing pengalaman beliau.

Dunia pers adalah dunia media, ungkapnya. Sehingga, ketika bekerja atas nama pers berarti mesti mengingat nama baik media yang dibawa. Jangan sampai ternoda karena citra wartawan yang buruk, yang “suka mencari-cari kesalahan.” Padahal, menurut Agung, wartawan itu mengonfirmasi kebenaran. Oleh karena itu, kalimat wawancara, “apa benar.. bahwa.. “ itu biasanya dipakai untuk awali konfirmasi.Wartawan juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Agung HP Narasumber utama pelatihan jurnalistikAgung HP Narasumber utama pelatihan
Agung HP Narasumber utama pelatihan jurnalistikBpk Rintar Baskara, Ketua FPWKB, Bpk Agung narsum dari Pakuan Raya, dan Bpk Ade Hanafi ketua panitia
pelatihan jurnalistikBeberapa patah kata sambutan dari kepanitiaan

Banyak lagi hal yang diceritakan dan menjadi perhatian bagi peserta yang berjumlah sekitar dua puluhan orang dari kabupaten bogor. Dalam kesempatan kemarin, Ketua Forum Paguyuban Wartawan Kabupaten Bogor, Bapak Rintar Baskara dari Jurnal Media Group menegaskan, bahwa “semua orang bisa menulis, semua orang bisa memberitakan, namun tak semua orang bisa menulis berita” sebagai renungan awal dari kegiatan pelatihan jurnalistik yang berada tak jauh dari kawasan Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat ini. Sedangkan Bapak Ade Hanafi, selaku ketua panitia memaparkan berbagai hal terkait penyelenggaraan acara ini.

Bersama Ketua FPWKBBersama Ketua FPWKB

Pelatihan Jurnalistik yang diakhiri dengan sesi foto bersama ini semoga dapat memberikan manfaat khususnya untuk pembaca Hello Bogor agar tim redaksi dapat memberikan tulisan-tulisan yang mudah dicerna, serta menarik untuk disinggahi apabila berkunjung ke kota hujan ini.

1048 Total Views 4 Views Today
Hello Bogor Ikuti Pelatihan Jurnalistik Forum Paguyuban Wartawan Kabupaten Bogor
Vote Us
(Visited 185 times, 1 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Hello Bogor Ikuti Pelatihan Jurnalistik Forum Paguyuban Wartawan Kabupaten Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool