Share on Pinterest
More share buttons
Gunung Pancar

Gunung Pancar, Wisata ‘Kekinian’ ala Anak Muda Bogor

Anak muda jaman sekarang pasti deh hobi foto-foto, apalagi anak muda di Bogor. Banyaknya obyek wisata di Bogor ini membuat anak-anak muda ini sering berwisata. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor ini karena daya tarik wisatanya. Obyek wisata yang lagi hits atau “kekinian di Kota Bogor sangat banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, sampai wisata sejarah. Kali ini, saya akan membahas mengenai obyek wisata kekinian yang sering sekali dikunjungi oleh anak-anak muda Bogor akhir-akhir ini; Gunung Pancar!

rute gunung pancar

Rute Menuju Gunung Pancar via Tol Sentul Selatan dan Non Tol (Cimahpar)

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga. Saya pertama kali berwisata ke tempat ini sekitar tahun 2006 dengan mengendarai sepeda. Track-nya cukup asik untuk gowes karena beraspal, namun perlu diingat bahwa tempat ini adalah sebuah gunung, jadi ya cukup ngos-ngosan karena tanjakan terus hahaha…

gunung pancar

Pintu Masuk Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Gunung Pancar termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Tetapi sejak 1994, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini. Jadi, tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata, berbeda ya dengan Cagar Alam yang membutuhkan Simaksi untuk masuk ke dalam tempatnya.

Di tempat ini, tersedia pemandian air panas, makam keramat, dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) dan wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi) juga bisa dilakukan disini. Tapiiiii, yang bikin Gunung Pancar jadi hitz banget adalah pohon pinusnya itu! Keren buat foto!

pohon pinus

Pohon Pinus yang Menjadi Daya Tarik Tersendiri (dok. Tuyul Cantik)

Nah, buat yang berencana melakukan pre-wedding, tempat ini juga bisa dijadikan tempat pre-wed. Suasana yang teduh, nyaman, dan romantis ala Bella dan Edward di film Twilight. Jadi jika ingin merasakan memasuki hutan dengan pepohonan yang tinggi-tinggi seperti yang ada di film Twilight, tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri hihi…

hutan pinus

Hutan Pohon Pinus di Gunung Pancar

Tarif memasuki tempat wisata ini tidaklah mahal, cukup Rp 2000/orang untuk wisatawan lokal. Apabila pengunjung membawa kendaraan,  dikenakan biaya Rp 1000/motor dan Rp 1500/mobil. Murah banget kan?

piknik di bogor

Bisa Sambil Piknik Bareng Teman-Teman (dok. Tuyul Cantik)

Nah, jika sudah cukup puas untuk foto-foto di hutan pinus, pengunjung bisa meneruskan untuk mandi di pemandian air panas. Pemandian ini buka selama 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk, hanya terus mengikuti jalan dan nanti bertemu dengan pintu masuk pemandian air panas.  Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Juga tersedia kolam pemandian terbukaf untuk umum dan di kamar mandi khusus, bebas memilih. Nah kata ayah saya, air panas di Gunung Pancar memiliki khasiat yang sangat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena air panas ini alami. Cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi.

gunung pancar

Pintu Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Jadi, tertarik untuk mencoba berwisata di Gunung Pancar? Buat foto-foto di Path juga oke lho! Hihihi… Oh iya, jangan lupa membuang sampah yang kalian bawa ke tempat ini, supaya tetap bersih.

Selamat berwisata…

188756 Total Views 445 Views Today
Gunung Pancar, Wisata ‘Kekinian’ ala Anak Muda Bogor
3.83 (76.67%) 12 votes
(Visited 140,831 times, 7 visits today)


About

A Diver, Marine Scientist, Photographer. Sometimes I must do a research into around the Indonesia Sea, and travelling was a pretty awesome thing to do.


'Gunung Pancar, Wisata ‘Kekinian’ ala Anak Muda Bogor' have 30 comments

  1. 03/15/2015 @ 11:10 pm unggulcenter

    Wah padahal itungannya dekat rumah gw nih di Tanah Baru.. pernah sampe Babakan Madang via Cimahpar naik motor tp nembus ke Gadog.. boleh juga dicoba nih..

    eniwei itu eneng-enengnya meni geulis pisan ah 😀 😀

    Reply

  2. 03/18/2015 @ 8:16 am Adella Adiningtyas

    ih cantik banget cewek-ceweknya….

    Reply

  3. 05/13/2015 @ 2:40 pm angie

    hello sis untuk prewed disini bayar kah ?

    Reply

  4. 05/14/2015 @ 1:02 pm dede

    “jangan lupa membuang sampah yang kalian bawa ke tempat ini” ????? -.-

    Reply

  5. 05/22/2015 @ 10:58 am GUNAWAN

    ” Pingiiin…”

    Reply

  6. 06/01/2015 @ 10:17 am Dini

    kalo pake transportasi umum dari Jakarta (Slipi) ke Gunung Pancar naik apa ya? Thanks 🙂

    Reply

    • 06/03/2015 @ 11:14 am Donny

      Kalau dari Slipi naik APTB aja jurusan Bogor, nanti di Rest Area Cibubur ganti naik APTB yang ke jurusan Sentul City ataupun Bubulak. Kalau naik yang jurusan Bubulak, turun di Bellanova Mall lanjut naik ojek mungkin kena Rp. 30.000. Kalau naik jurusan Sentul City, turun sampai terminal terakhir mereka lalu naik ojek sekitar Rp. 15.000-Rp. 20.000.

      Reply

  7. 06/12/2015 @ 7:33 am ilman

    Kok gk da fto di kolm pemandiannya

    Reply

  8. 06/16/2015 @ 6:42 pm Dian Anggun

    Huaaaa gak nyangka nemu tulisan lo ga!! kereeeen!!! sukses terus yawsss 😀

    Reply

  9. 06/27/2015 @ 10:44 pm indra

    Nanya donk kalo dr bekasi akses jalan nya kalo naik motor gimana yah gan?
    Masuk nya byar brpa skrng?
    Terimakasih jawabanya

    Reply

  10. 06/28/2015 @ 5:07 pm Annissa

    Infonya dong gan tentang penginapan trdekat dan kisaran harganya juga. Sama kalau mau camping di sediakan tempat aman gk dgn MCKnya.. Tq

    Reply

  11. 07/14/2015 @ 9:17 am MR

    Mau tanya dong. Kalo trsnsportasi umum dari depok kesana gimana ya?

    Reply

  12. 07/19/2015 @ 10:25 pm Mj

    Kalau dari kebun raya bogor mau ke gunung pancar rutenya gimna ya menggunakan kendaraan umum?

    Reply

  13. 08/03/2015 @ 9:00 pm novita

    ada info penginapan untuk keluarga gk y daerah sana? thx

    Reply

  14. 08/25/2015 @ 2:55 pm muhzirenaldi

    Kalau dari bogor utara jalur ke gunung pancarnya kemana aja yah. Tolong jawabanya yg jelas yag. Makasih om

    Reply

  15. 09/26/2015 @ 1:55 pm Putri ayu

    mau nanya. kalau mau camping bawa tenda sendiri dikenakan biaya berapa ya kira-kira?

    Reply

  16. 11/08/2015 @ 8:59 am riri

    kalau kesana bisa bawa bus ngga?

    Reply

  17. 11/23/2015 @ 2:16 pm Fadjar Arimurti

    kalo naik motor dari tangerang, patokannya lewat mana yah?

    Reply

  18. 12/08/2015 @ 4:09 pm febriana

    info nya kak, kalo dari stasiun bogor kemana lagi ya ?

    Reply

  19. 12/23/2015 @ 1:00 pm Olla

    Kalau mau camping keluarga harus bayar…?

    Reply

  20. 12/29/2015 @ 4:44 pm andi

    Mas/mba saya mau tanya. Itu tarif nya sampai sekarang masih sama atau sudah berbeda? Makasih

    Reply

  21. 01/27/2016 @ 6:32 am septy wahyuni

    Mau tanya dong. kalo dr stasiun bogor ke gunung pancar. naik apa aja ya?

    Reply

  22. 07/19/2016 @ 7:41 am wisatasenibudaya

    besok mau ke bogor, harus main ke sana nih biar gak penasaran hehehe

    Reply

  23. 09/28/2016 @ 2:29 pm dave

    saya ingin mengadakan acara team building.. kira” 100-150 orang untuk 3 hari
    2 malam.. kira” berapa harga yang ditawarkan untuk saya? dan fasilitas apa
    saja yang akan saya dapatkan? jika bisa ngobrol bisa add wa saya di
    082312330053 .. kami menunggu jawaban nya.. tanggal yang kita inginkan 29-31
    oktober.. aJUKn penawran menarik anda dan tolong kirimkan lewat email saya davevincent97@gmail.com

    Reply

  24. 10/25/2016 @ 11:03 am joko jd

    kangennnn

    Reply

  25. 01/09/2017 @ 9:33 pm Aufar ramadano putra

    Mau tanya, jalurnya bisa di lalui bus gak? Karna ada rencana mau kesana rame2 menggunakan bus yg kapasitas 58 orang… Kira2 bisa gak yah?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool