Share on Pinterest
More share buttons
Gunung Batu

Gunung Batu, Tempat Pendakian Baru nan Seru di Bogor

Bogor, semakin hari semakin seru untuk di-explore! Terngianglah sebuah tagline untuk menggambarkan keadaan sang kota kelahiran. Berbagai tempat di penjuru Bogor mulai kesohor. Bagi kalian yang gemar melakukan pendakian, wisata di Bogor merupakan pilihan idaman. Selain Gunung Munara, kini Gunung Batu menjadi tempat favorit pendakian bagi kaula muda.

Gunung Batu Bogor

Jonggol? Gunung Batu?

Dimanakah letak Gunung Batu berada? Tahu Jonggol kan? Pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian para penikmat sinetron atau para pecinta Wakwaw, banyak yang penasaran Jonggol itu dimana karena sering disebutkan pada sinetron tersebut. Saya bersama 7 rekan lainnya menuju Gunung Batu menggunakan kendaraan roda dua. Kami berangkat dari Jalan Baru sekitar pukul 07.00 dan diantara kami tidak ada yang tahu pasti dimana lokasi Gunung Batu itu. Informasi yang kami dapatkan Gunung Batu berada di Jonggol, maka kami menuju Jonggol. Namun pada saat perjalanan saya menemukan penunjuk arah yang membuat saya bertanya-tanya. Jadi, Gunung Batu dan Jonggol itu berbeda? Seperti biasa dengan modal nekat dan tekad yang kuat maka pukul 09.30 kami sudah berada di parkiran Gunung Batu. Tepatnya di Kp. Gunung Batu 01 Desa Sukaharja Kec. Sukamakmur – Bogor.

Gunung Batu Bogor

Penampakan Gunung Batu dari Kejauhan, Lancip kan?

Apa? Sukamakmur? Sekujur tubuh saya berigidik mengetahui kami berada di wilayah ini. Betul apa kata Andrea Hirata di salah satu novelnya yang mengajarkan tentang mozaik kehidupan. Pernah ada satu fase yang pada waktu itu saya anggap sebagai kepahitan. Namun, berkat perjalanan ini saya menemukan arti dari mozaik “kepahitan” tersebut dan tergetar hati saya saat menyadari “Selvi, itu bukan kepahitan. Tetapi cara Tuhan untuk mendewasakan”. Saya pernah tinggal di wilayah Sukamakmur ini ketika umur 7 tahun. Krisis moneter yang terjadi kala itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan keluarga saya. Bisnis Ayah porak poranda sehingga membuat kami harus pindah ke Sukamakmur ini. Bisa menyaksikan kedua orangtua berjuang untuk kehidupan merupakan sebuah kenikmatan yang luar biasa. Ayah memanfaatkan lahan milik kakek untuk menanam cabai dan beternak ayam.

Lokasinya di tengah hutan dan sangat jauh dari keramaian, bahkan dalam satu hari hanya satu atau dua orang saja yang melintasi tempat kami. Saya sempat bersekolah disini, menyaksikan anak-anak seusia saya belajar di kelas tanpa alas kaki sambil menggendong adik kecilnya karena orangtua mereka harus mengurus sawah dan kebun. Bukan perkara mudah untuk sampai di sekolah, saya harus melewati sawah, menyebrangi sungai dan melintasi perkampungan. Tak jarang saya berpapasan dengan ular di tengah perjalanan. Kondisi tempat tinggal kami waktu itu berbilik bambu dan mandi pun harus turun ke sungai. Tak jarang Mama menemukan ular yang sedang melingkar di dapur kami. Terimakasih Tuhan, memanjakan kami dengan kenikmatan perjuangan.

Lokasi Parkir Gunung Batu Bogor

Tempat Parkir Kendaraan di Gunung Batu

Wisata Bogor

Jangan Lupa Ambil Gambar sebagai Perwakilan Kegembiraan

Kalian pasti akan sangat menikmati perjalanan menuju Gunung Batu ini, karena di kiri kanan tersuguhkan pemandangan indah nan menawan. Mengenai kondisi jalan, lebih banyak mulusnya dibanding bebatuannya. Baru sampai parkiran Gunung Batu saja sudah girang. Subhanallah, ini dia gunung yang bentuknya lancip dari kejauahn. Biaya yang dikeluarkan hanya 10ribu untuk 1 motor. Penanjakan dimulai! Bermodalkan pengalaman pendakian Gunung Munara, semoga bisa sampai puncak Gunung Batu. Tak perlu khawatir akan kehausan, karena kalian akan menemukan kurang lebih 3 warung pada saat pendakian.

Gunung Batu Bogor

Jalur Pendakian

Gunung Batu Bogor

Para Penikmat Pendakian

Gunung Batu Bogor

Hap Hap Hap Naik Naik

Tantangan yang paling bikin deg-degan itu harus memanjat dengan bantuan tali. Tak bisa dipungkiri, kaki pun gemetar mungkin karena ini pertama kali manjat-manjatan. Setelah berhasil berjuang memanjat, maka sampailah di Puncak. Kecewa pada awalnya, karena banyak sekali serangga yang gigitannya agak lumayan sulit dilupakan. Tapi tenang, tinggal pakai jaket kalian, maka masalah serangga pun terselesaikan.

Gunung Batu Bogor

Momen Pendakian yang Bikin Gemetaran

Gunung Batu 875 mdpl Bogor

Gunung Batu 875 mdpl

Gunung Batu Bogor

Pemandangan yang Mengundang Kesyukuran

Hanya memerlukan waktu 1,5 jam pendakian untuk mendapatkan pemandangan yang mengundang ucap kesyukuran. Kurang lebih pukul 11.00 kami sudah di puncak. Kalau soal panas, jangan ditanya. Jika dibandingkan, Gunung Munara memiliki lebih banyak tempat berteduh dibandingkan Gunung Batu ini. Tapi ga berasa kok panasnya, terbayar sama pemandangannya. Selama pendakian, kami membayangkan kenikmatan menenggak es kelapa muda dan amatlah rindu pada si warteg. Betapa bahagianya jika bisa menyendok nasi dan lauk sepuas hati. Maka dari itu, setelah puas berfoto ria kami memutuskan untuk turun segera.

Gunung Batu Bogor

we’re on the top

Ternyata turun lebih berat dibanding mendaki, menahan badan agar tidak terhempaskan. Saya yang paling lambat dan paling belakang pada proses turun kali ini. Kaki bergemetar lebih hebat dibanding pendakian, tangan pun terasa sakit karena lebih sering menjadi penopang dalam menahan. Bahagia itu sederhana, akhirnya kami menemukan warung yang menjual es kelapa muda. AHHHHH! Segar rasanya.

Wisata Bogor

Rebahan lalu Ketiduran di Warung Makan

Perjalanan pulang, kami mampir ke mushola untuk melaksanan shalat zuhur dan beristirahat sejenak agar badan terasa lebih enak. Pukul 14.00, kami melanjutkan perjalanan pulang dan tengok kiri kanan karena warteg lah target incaran. Setelah melewati jalan bebatuan, kami memutuskan untuk mampir di sebuah warung makan. Seorang ibu yang sangat ramah menyambut kami. Terdapat berbagai pilihan hidangan. Setelah kenyang menyantap makanan, saya tidak tahan melihat lahan kosong untuk merebahkan badan bahkan hingga ketiduran.

Tuhan, terimakasih untuk perjalanan menemukan jawaban akan mozaik kehidupan

Petualangan di hari Minggu, 29 Maret 2015

62344 Total Views 12 Views Today
Gunung Batu, Tempat Pendakian Baru nan Seru di Bogor
4.75 (95%) 4 votes
(Visited 54,982 times, 3 visits today)


About

Let's explore the world 🌎


'Gunung Batu, Tempat Pendakian Baru nan Seru di Bogor' have 15 comments

  1. 04/04/2015 @ 7:59 am gioveny

    Hahaha akhirnya kesana duluan..

    Reply

  2. 06/07/2015 @ 8:53 pm Sahrul fahmi

    kak minta info rute perjalanannya dong , kalau dari jalan mayor oking-citeureup agar sampai ke gunung batu rutenye lewat mana ya?

    Reply

  3. 08/20/2015 @ 4:48 am amir

    Minta rute’a dong kalau dri depok . Makash

    Reply

    • 08/20/2015 @ 11:31 am NANA

      barengan donk…. klo mau kesana. td nya mw ksana minggu kmren gara2 sakit jdi cancel… 🙁 kata temen2 bagus bwt nenangin pikiran.. blom trlalu rame itu yg penting

      Reply

  4. 09/02/2015 @ 11:54 am said

    bagus seru kayanya buat nyari keringet. klo ada yang mo ke sana bareng dong daerah bekasi

    Reply

    • 09/09/2015 @ 6:19 pm Aziezahapsari

      Boleh tau rutenya atau arah2 jalannya dr Jl. Baru gak? Saya kbtln mau kesana weekend ini. Dr dramaga. Makasih ^^

      Reply

  5. 12/20/2015 @ 7:01 pm marina kaguya

    Lagi nyari temen buat mendaki ke mt.pangrango..ada??
    Klo ada email ke marinakaguya@gmail.com
    Trimakasih

    Reply

  6. 08/21/2016 @ 4:36 pm vina

    ada yang mau ke sana gak ya tanggal 24 augt 2016 ini? bareng yuk, dari jakarta

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool