Share on Pinterest
More share buttons
festival buah dan bunga nusantara

Budaya Makan Buah Lokal, Diwujudkan di Festival Buah dan Bunga Nusantara di Bogor

Siapa yang suka makan buah?

Tentu saja semua orang suka, apalagi, Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, termasuk buah-buahan dan sayur mayur khas Asia Tenggara yang segar, tropikal dan unik. Harga buah khas Indonesia bisa mahal banget loh ke Luar Negeri. Rugi deh kalau ngga suka makan buah.

Dulu, memang soal buah, apa-apa dikaitkan dengan Thailand. Yang besar, pastinya buah yang dilabel “bangkok”. Padahal, dulu banget, konon bibitnya itu dari Nusantara loh. Makanya, sekarang ini, budaya menanam buah dan makan buah kembali digalakkan. Apalagi, memang tak kalah kok buah kita saat ini. Beragam budidaya buah sudah berbuah manis dan terkenal. Tinggal pengemasan dan kontrol kualitas (quality control) untuk ekspor yang diperbaiki.

Jelas, buah nusantara menjadi kebanggaan kita. Coba aja ini, Durian, Rambutan. Itu nama buah yang diseluruh dunia, bernama sama. Rambutan dan Durian, hanya Melayu yang tau artinya hihi. Rambutan banyak rambut, durian banyak duri!

Selain buah, bunga nusantara juga beragam. Buanyak banget jenisnya dan tahukah Ezytravellers, bahwa diseluruh dunia terdapat 2 jutaan spesies tumbuhan yang telah dikenali dan 60 % dari jumlah tersebut, ternyata terdapat di Indonesia. Lebih spesifik, 25% dari jumlah spesies tumbuhan berbunga yang ada di dunia terdapat di Indonesia. Jumlah ini setara dengan 20.000 spesies. Dan sekitar 40% di antaranya merupakan tumbuhan endemik atau asli Indonesia. Anggrek saja (Orchidaceae) ada 4.000 species di Indonesia. Wow, empat ribu!

Nah, sehubungan dengan itu, Kementerian Pertanian bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama membuat festival tahunan bertajuk Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN). Sejak tahun 2015 dan 2016 sudah diadakan dua kali, dan bersifat internasional. Tahun 2017 ini,  mungkin akan diadakan sekitar bulan November, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Bertujuan mengampanyekan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor, juga bertujuan membudayakan memakan buah yang menyehatkan dan menanam beragam tumbuhan bunga-bunga yang mempercantik pekarangan, juga tanaman hias dan tanaman obat yang bermanfaat. Jika ini dibudayakan, maka pengembangan flora di Indonesia akan semakin meningkat.

Biasanya, Festival Bunga dan Buah Nusantara digelar di lapangan kampus IPB Baranangsiang yang lumayan representatif. Karena selain lokasinya strategis, dekat dengan jalan tol baranangsiang dan pintu gerbang ke Kota Bogor, juga IPB merupakan pendukung utama inovasi dan pengembangan produk buah, karena statusnya yang merupakan kampus pertanian terkemuka di Indonesia.

Seperti apa sih, Festival Buah dan Bunga Nusantara? Nah, bisa ditengok nih, gambar-gambarnya. Selain memamerkan beragam produk buah dan bunga, juga beragam inovasi terkait. Misalnya jenis-jenis buah unggulan, juga festival buah dengan adanya kegiatan Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan program nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, dan beragam kompetisi buah.

Acara festival bunga dan buah nusantara di Bogor ini juga mengampanyekan konsumsi buah dengan beragam lomba dan juga berusaha mewujudkan budaya sehat memakan buah. Buah-buah yang ada di Festival Buah dan Bunga Nusantara ini merupakan produk buah unggulan, yang berorientasi ekspor.

Selain itu, festival ini juga diramaikan oleh banyak sekali bunga-bunga nusantara yang seperti diinfokan diawal tulisan, merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia yang tiada bandingannya. Di Bogor saja, Hellobogor pernah loh mengulas Sabisa Farm dengan buah naganya dan Warso dengan kebun Duriannya, serta surga nangka di Taman Makam Pahlawan Bogor. Belum lagi Strawberry made in Puncak, Bogor. Durian, bahkan, menjadi unggulan Sop Duren di Bogor dan buah-buahan menjadi unggulan Sop Buah Pak Ewok di Bogor, Semua favorit para pelancong ke Bogor!

Untuk itu, demi menyukseskan kampanye sehat budaya makan buah lokal yang tak kalah dengan mancanegara ini, maka festival bunga dan buah nusantara ini layak kita dukung dan ramaikan. Biasanya, dalam rangkaian acara ini ada pula Karnaval Buah dan Bunga loh. Dimana pada kesempatan festival buah dan bunga nusantara, beragam kereta hias yang diperindah dengan buah dan bunga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di BogorPaket Wisata murah dan bisa bikin visa online dengan budget terjangkau. Mau?

Tidak banyak acara yang ada karnaval buahnya loh. Setelah selesai pun, pengunjung biasanya mendapatkan bibit tanaman buah secara gratis dari kebun IPB untuk dibawa pulang ke rumah. Semuanya termasuk di dalam tiket festival yang didapatkan dengan harga sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Jadi ke Festival buah dan bunga nusantara ini, baiknya sekeluarga!

1423 Total Views 12 Views Today
Budaya Makan Buah Lokal, Diwujudkan di Festival Buah dan Bunga Nusantara di Bogor
Vote Us
(Visited 153 times, 1 visits today)



'Budaya Makan Buah Lokal, Diwujudkan di Festival Buah dan Bunga Nusantara di Bogor' have 1 comment

  1. 07/30/2017 @ 1:11 pm Annisa

    Festival buah mau sekali datang.
    Tolong infokan via email ya waktu dan tempatnya via email.
    thanks.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool