Share on Pinterest
More share buttons
wisata bogor barat

Eksplorasi Potensi Wisata Alam dan Budaya di Bogor Barat

Banyak sekali alternatif tempat wisata kuliner maupun wisata alam dan budaya jika kamu melancong ke wisata Bogor Raya. Namun demikian, Anda mungkin baru mengenal yang populer, misalnya kawasan puncak. Padahal, selain Puncak yang sudah mengarah ke Cianjur, di kabupaten Bogor, terutama Bogor Barat ternyata banyak sekali loh wisata yang bisa dikunjungi. Untuk Hotel di Bogor pun ada beberapa pilihan yang tentu menyajikan nuansa yang hampir sama dengan kawasan Puncak. Jangan khawatir deh!

Nah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor mengajak jurnalis media berkunjung ke wisata Bogor Barat, kecamatan yang potensial untuk dikembangkan dan dikenal pariwisatanya, karena banyaknya potensi pariwisata yang belum dieksplorasi oleh masyarakat.

Merupakan alternatif wisata ke Bogor, selain puncak yang sudah padat dan jenuh, di Bogor Barat menyimpan banyak potensi pariwisata. Mulai dari air terjun (curug), kampung wisata budaya, juga peninggalan-peninggalan bersejarah.

Hellobogor.com pernah memuat beberapa di antaranya, dan akan semakin banyak wisata di Bogor yang dapat tim Hellobogor.com kabarkan agar banyak wisatawan yang tak kesulitan untuk mendapatkan informasi pengalaman di setiap sudut wisata ini.

Tentu berbeda dengan gaya penulisan berita koran, Hello Bogor menyajikan pemberitaan dengan konsep pengalaman personal, lengkap dengan berbagai informasi dan tips yang spesifik, dengan bahasa yang “merakyat”.

Rasakan Serunya Memanen Buah Naga di Sabisa Farm Bogor Barat

Dalam sesi eksplorasi awal ini, Disbudpar mengajak Hellobogor.com mengunjung dua curug dan dua kampung wisata yang ada di Bogor Barat ini. Curug Cigamea dan Curug Nangka (eksplorasi dari Highland Park Resort), Air panas ciparay, dan kampung wisata D’Jampang dan Kampung Wisata Joglo.

Selain itu, eksplorasi arkeologis dan ekonomis juga cukup menarik. Misal, situs purbakala di Ciapus dan Ciomas, pura Hindu di Ciapus, serta sentra industri rumah tangga “Sepatu Ciomas” yang layak ditampilkan ke khalayak.

Tulisan mendalam dari beberapa lokasi di wisata Bogor Barat ini akan kami sampaikan secara mendetil di tulisan-tulisan berikutnya. Berikut ini sekedar brief dari tempat-tempat wisata yang Hellobogor.com datangi beserta rekan-rekan jurnalis di Farm Trip bersama Disbudpar.

Ini dia beberapa di antaranya:

Highland Park

Terkenal dengan menginap di lapangan terbuka ala tenda Mongolia dan tenda Indian Apache, tempat ini persis dikaki Gunung Salak. Wow, kebayang kan suasana indah hijau dan juga kesegaran udaranya?

Mongolian camp menghadirkan tenda-tenda khas mongol yang berbentuk bulat diatasnya. Namun interior dan fasilitasnya, seperti hotel bintang tiga dan empat loh. Jangan khawatir Anda tidak nyaman. Apalagi, dengan konsep kumpulan tenda Anda akan merasa asyik dengan “glamping” alias glamorous camping di lokasi ini.

Sedangkan Apache merupakan tenda yang lebih kecil, dengan mengerucut di atasnya, ala tenda Indian. Fasilitasnya sama namun ruangan saja yang lebih kecil. Soal kamar mandi tak usah khawatir, Anda tak perlu mencari pohon rimbun terdekat atau kakus di pinggir kali hehe. Di dalam, ada fasilitas ini. Nyaman jaya pokoknya. Cerita wisata Highland Park resort di sini.

Air Panas Ciparay

Air Panas di Ciparay ini merupakan destinasi wisata baru. Belum begitu dikenal dan memang akses masih terbatas. Namun demikian, ada baiknya kita eksplorasi duluan, karena nanti kalau sudah menjadi andalan wisata, Anda bakal bersaing dengan banyak wisatawan hehe. Yuk coba ke air panas ciparay!

Curug Nangka

Curug ini sudah sangat terkenal dan sudah menjadi favorit untuk banyak wisatawan menikmati air terjun. Dengan akses yang mudah, pemandangan yang indah dan jalur ke curug yang mengasyikkan, tempat ini tak boleh dilewatkan. Nah, dari Highland Park jaraknya tidak jauh, sekitar 2 km saja. Cerita wisata curug nangka disini.

Curug Cigamea

Curug Cigamea merupakan curug besar yang memiliki dua air terjun. Lokasinya mulai ramai dikunjungi dan jalan menuju curug hanya tinggal menuruni tangga batu berundak-undak sekitar 800 m. Tempat destinasi yang juga favorit dan enak untuk dikunjungi di kawasan wisata Bogor barat.

Kampung Wisata Pemberdayaan D’Jampang

Wisata selain alam, kawasan bogor barat menyimpan pula wisata desa yang cocok untuk Anda dan keluarga. D’Jampang yang berlokasi di daerah Jalan raya Parung Bogor ini persis dipinggir jalan, didekat zona madina Dompet Duafa.

Petualangan keluarga di tempat ini juga asyik. Mulai dari wisata kandang kambing, pembenihan ikan hias, bersepeda ria, hingga pencak silat dan budidaya jamur serta pemberdayaan ibu-ibu untuk UKM. Selain itu, ada kampung inggris yang cocok untuk anak-anak.

Kampung Wisata Joglo

Joglo merupakan rumah khas jawa. Namun di wisata Bogor Barat, ada sebuah tempat yang menawarkan sensasi menginap di joglo yang luas maupun kamar-kamar yang berbentuk joglo. Menarik untuk berkunjung sebagai family gathering atau outing kantor. Beragam fasilitas mulai dari flying fox, berperahu dan membuat prakarya menjadi daya tariknya.

Ke-enam tempat wisata ini akan diulas mendetil di Hello Bogor edisi berikutnya ya! Datang terus ke HelloBogor.Com untuk apdet-apdet seputar wisata di Bogor barat ini!

Yuk kita berbagi cerita wisata di Bogor!

1965 Total Views 1 Views Today
Vote Us
(Visited 874 times, 1 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Eksplorasi Potensi Wisata Alam dan Budaya di Bogor Barat' have 1 comment

  1. 08/10/2016 @ 10:19 am ilhabibi

    ih itu sebagian bukan di bogor barat tapi bogor selatan kang, kayak curug nangka sama highland park kan di bogor selatan.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool