Share on Pinterest
More share buttons

Kue Lontar Lestari, Si “Egg Tart” Buatan Rumahan Bogor

Di salah satu channel tv satelite yang merupakan kanal khusus masakan, ada sebuah seri acara yang membawa resep rumahan ke dalam sebuah restoran. Di dalam acara tersebut, beberapa resep keluarga dipertandingkan dan jurinya adalah pengunjung restoran tersebut. Siapa yang menang hadiahnya adalah resep keluarganya tersebut dimasukan ke dalam salah satu menu restoran tersebut. Tentu saja pemilik resep keluarga itu senangnya tak terkira, mereka berprinsip bahwa sayang sekali jika resep yang mereka punya dan ternyata lezat hanya bisa dicicip oleh segelintir orang saja. Di Kota Bogor nun jauh di rumah-rumah, pastinya ada resep andalah keluarga yang sebenernya sangat enak namun belum banyak terekspos. Entah karena memang tidak ada niat untuk dijadikan bisnis atau terkendala oleh modal. Akan terasa menyenangkan, pastinya,  bukan jika bisa mencicipi resep andalan keluarga, ada kesan eksklusif seperti seakan-akan menjadi anggota keluarganya. Di Bogor tentu saja ada, dan salah satunya ini. Pembuat kue rumahan. Home made. Usaha yang belum besar, namun siapa yang akan memastikan jika nantinya menjadi semakin besar? Soalnya enak sih ini. Yuk kita lihat.

Namanya kue lontar, eits tidak ada hubungannya dengan buah lontar karena sejatinya bentuknya mirip pie. Sebutan kue lontar sebenarnya umum digunakan di daerah Papua sana. Menilik sejarahnya, kemungkinan besar sebutan kue lontar berasal dari ucapan orang Indonesia yang agak susah melafalkan istilah asing. Dan kemungkinannya asal katanya merupakan serapan dari Ronttart atau kue bundar dalam Bahasa Belanda. Ini masuk akal, karena sejarahnya Indonesia dijajah oleh Belanda. Walaupun begitu jika ditelusuri bahan pembuatannya bisa dibilang kue lontar ini lebih tepat disebut “egg tart” dimana telur menjadi bahan utama untuk isiannya.

Pemiliknya adalah ibu rumah tangga beranak dua, namanya Untari Susilowati. Kue lontar pada awalnya merupakan resep keluarga yang diwarisi dari Ibunya. Saat masih tinggal di Papua, kue lontar buatan Ibunya sangat terkenal di Kota Sorong. Namun disana dijual dengan menggunakan piring keramik khusus. Di Sorong bisa berjualan seperti itu karena kotanya yang tidak terlalu besar, jadi ketika habis, piring keramiknya dikembalikan. Tentu saja cara berjualan tersebut tidak bisa diaplikasikan di kota seperti Bogor. Akhirnya dengan puluhan kali kegagalan, Ibu Untari atau biasa dipanggil Ibu Uun ini menemukan format yang pas untuk dijual. Dengan semangat berbagi rasa dari resep keluarga, akhirnya terciptalah Lontar Lestari yaitu usaha penjualan kue lontar ini di Bogor.

Lembut tekstur isiannya

Lembut tekstur isiannya

Saat ini kue lontar lestari tidak memiliki toko fisik. Jika ingin membeli bisa pesan langsung di nomor hapenya atau komen di akun instagramnya dengan nama akun Untsu. Pesan, buat, lalu diantarkan. Enaknya adalah dengan harga yang terjangkau, pesanan akan dikirimkan langsung ke alamat tujuan selama masih di kota Bogor. Namun area pengantaran cukup terbatas dimana paling jauh adalah Dramaga, Warung Jambu, Tajur, dan Batutulis saja. Di luar itu harus buat janji disekitaran Bogor.

Ada tiga varian yang bisa dipesan yaitu Lontar dengan toping keju, Lontar dengan toping coklat dan terakhir adalah kombinasi keduanya dengan pilihan kulit putih atau coklat. Sebenarnya tidak lama lagi ada varian baru, namun masih dalam tahan percobaan. Ibu Uun tidak mau asal membuat toping karena baginya keseimbangan rasanya harus benar-benar dijaga, jangan sampai toping mengalahkan kue lontarnya itu sendiri.

Lontar Keju (Toping Keju)

Lontar Keju (Toping Keju)

Menurut Ibu Uun, setiap pelanggan pasti puas dan membeli ulang lagi dan lagi. Ada pembeli yang cucunya sangat suka sehingga satu loyang kue lontar habis untuk dirinya sendiri ataupun suaminya yang tidak bisa menahan diri jika ada kue lontar di kulkas. Kepuasan ini yang membuat Ibu Uun sebagai pemilik Lontar Lestari bahagia, padahal dari harganya sendiri bisa dibilang murah dengan rasa yang ditawarkan atau dibanding beberapa produk yang mirip.

Bisa juga kombinasi dengan kulit coklat maupun putih

Bisa juga kombinasi dengan kulit coklat maupun putih

Bayangkan saja untuk lontar toping keju hanya dihargai 75k itupun sudah termasuk ongkir sampai depan rumah. Sedangkan untuk lontar toping coklat diharga 85k dan lagi-lagi sudah termasuk ongkir area Bogor. Dimana lagi bisa menikmati eggtart tanpa harus keluar rumah. Dan saat ini semua dikerjakan seorang diri, sehingga kue lontar ini benar-benar homemade, spesial dibuatkan untuk pelanggan yang menginginkannya.

Kue lontar ini bisa juga dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Bogor. Syaratnya adalah pesan terlebih dahulu dan buat janji di suatu tempat. Karena proses pembuatannya yang tidak mudah jadi pembuatanya tidak bisa mendadak. Minimal order adalah satu hari sebelumnya. Selamat mencicipi sebuah resep andalan keluarga!

4114 Total Views 3 Views Today
Kue Lontar Lestari, Si “Egg Tart” Buatan Rumahan Bogor
2 (40%) 1 vote
(Visited 518 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Kue Lontar Lestari, Si “Egg Tart” Buatan Rumahan Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool