Share on Pinterest
More share buttons
Doclang Bogor

Doclang Bogor Abah Jujun

Salah satu menu sarapan favorit di Bogor adalah doclang. Kombinasi standar dari menu ini adalah ketupat dan irisan tahu yang diguyur kuah bumbu kacang, lalu diletakkan segenggam kerupuk di atasnya. Sebenarnya doclang bukan hanya pas untuk sarapan, makanan ini juga enak dinikmati pada siang atau malam hari. Jadi bila Anda sedang berwisata di Bogor atau sedang menikmati liburan di Bogor, doclang patut dicoba.

Pedagang doclang tersebar di banyak tempat di Bogor, baik di tengah kota maupun pinggiran. Salah satu penjual doclang yang bisa ditemui adalah Abah Jujun yang berada di daerah Cimahpar. Bila Anda sedang berada di atau melewati wilayah tersebut, Anda boleh mampir untuk menikmati kelezatan doclang yang dijajakan. Ada kekhasan yang dimiliki doclang racikan Abah Jujun ini. Dari beberapa doclang yang pernah saya coba, doclang ini yang paling enak di lidah saya. Nikmatnya doclang Abah Jujun datang dari kombinasi pas yang bila diurai menjadi lima bagian yaitu kecap, bumbu kacang, bakwan, telur, dan kerupuk.

Doclang Bogor

Kecap yang dipakai oleh Abah Jujun setelah doclang diracik dan diguyur kuah bumbu adalah kecap asli Bogor merek Bemo. Rasa kecap ini dominan manis sehingga melengkapi citarasa kuah bumbu yang gurih asin. Karena, sepengetahuan saya, peredaran kecap ini tak sampai jauh ke luar wilayah Bogor, citarasa doclang Abah Jujun semakin eksklusif.

Bumbu rahasia yang dibuat Abah Jujun ini paling menarik buat saya. Dari berbagai doclang yang dijajakan oleh beragam penjual, bumbu milik Abah Jujun memiliki kelezatan unik. Ada butiran-butiran kasar di dalam bumbu tersebut yang terasa di lidah. Bila diamati dengan seksama, akan terlihat bahwa butiran tersebut adalah kacang kedelai yang memang dengan sengaja dibuat seperti itu. Butiran kedelai itu menjadi sensasi yang berbeda di lidah. Saat kedelai digigit, rasa khas kedelai langsung terasa dan menjadikan kelezatan bumbu doclang semakin bertambah. Terjadi semacam letupan-letupan kecil di dalam mulut saat kita mengunyah doclang. Kacang kedelai yang ada di dalam bumbu itu ibarat sebuah ranjau yang akan memberi kejutan. Sebuah kejutan dalam kelezatan.

Potongan bakwan akan ditambahkan ke atas irisan ketupat dan tahu saat sebelum disiram kuah bumbu dan dituangi kecap. Namun demikian, irisan bakwan ini tidak wajib. Anda bisa meminta untuk tidak ditambahi potongan-potongan bakwan bila tidak ingin. Sebagian orang memang ada yang tidak suka. Bagi saya, bakwan ini justru jadi menu wajib. Rasanya ada yang hilang bila menikmati doclang tanpa ada irisan bakwan di dalamnya. Bakwan itu akan terasa semakin nikmat saat belepotan bumbu doclang. Bahkan ada pembeli yang datang hanya membeli sepiring bakwan yang sudah dipotong-potong dan disiram kuah bumbu.

Irisan telur akan ditambahkan bila diminta. Abah Jujun biasanya akan menawarkan dulu. Bila Anda ditawari mau pakai telur atau tidak, saya sarankan terima tawaran itu. Bila perlu minta doclang Anda supaya dilengkapi telur yang dibelah jadi dua sebelum ditawari. Harganya memang jadi bertambah. Tapi harga itu jadi sepadan dengan rasa doclang yang semakin lezat. Hanya saja, itu kalau Anda beruntung masih kebagian karena telur yang disediakan jumlahnya terbatas.

Doclang Bogor

Kerupuk sebagai bagian terakhir yang akan ditambahkan ke sepiring doclang tidak langsung ditaruh di atas doclang. Di warung Abah Jujun, kerupuk ini disediakan di dalam sebuah toples ukuran sedang. Kita bebas mengambil sebanyak apa pun yang kita mau. Bahkan bila perlu kita bisa habiskan sendiri kerupuk satu toples itu. Bila sanggup dan tak tahu malu tentunya. ;D

Warung Abah Jujun ini selalu ramai dengan para pencari sarapan. Bila hendak mencoba doclang Abah Jujun, datanglah di pagi hari karena warung hanya buka pagi hingga doclang habis. Dan biasanya sebelum tengah hari, doclang sudah ludes. Lokasi persisnya berada di depan Perumahan Haji Indonesia, Cimahpar. Cukup dengan membayar Rp 10.000 kita sudah dapat sepiring doclang lengkap dengan irisan bakwan, sebutir telur, dan kerupuk yang bisa ditambahkan bila kita suka dan sesuka-suka kita.

3778 Total Views 6 Views Today
Doclang Bogor Abah Jujun
5 (100%) 1 vote
(Visited 770 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Doclang Bogor Abah Jujun' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool