Share on Pinterest
More share buttons
Danau Dora

Danau Dora Eco Park Yang Menarik di Cibinong Bogor

Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Pemerintahan Daerah Bogor (Pemda), membuat tempat ini mudah sekali untuk didatangi. Hanya berjarak kurang lebih sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda atau Cibinong City Mall, ke arah Bogor. Tepatnya ada di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) atau sering disebut Bakosurtanal.

Berada di Jl. Raya Bogor Km. 46, jika dari arah Bogor adanya di sebelah kiri. Danau ini merupakan taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor, dan menjadi tujuan tempat wisata murah di Bogor. Sering dijadikan tempat olah raga dipagi atau sore hari. Ekologi Park atau yang lebih dikenal dengan nama Danau Dora Bogor ini sudah dibangun sejak tahun 2002.

Danau Dora Bogor

Disebut Danau Dora Bogor, dulu saat pembangunan awal, di taman atau kebun ini banyak sekali anak-anak kecil yang sedang bermain sambil membawa Boneka Dora, yakni kartun serial animasi di televisi yang judulnya Dora the Explorer, yang pada saat itu sedang booming.

Dora sendiri diceritakan adalah seorang gadis kecil yang sering menjelalah dan membantu mencari tahu sesuatu yang mereka butuhkan bersama hewan bernama Booths dengan menggunakan Peta. Dari situ tercetuslah Ecologi Park ini dengan sebutan Danau Dora.

Danau Dora Bogor

Ada yang seru di Semarang, baca: Benteng Pendem Ambarawa, Antara Hidup dan Mati

Walaupun menjadi tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan, tempat ini bukanlah sengaja dibuat untuk menjadi tempat berwisata. Tujuan dibuatnya eco park ini untuk belajar, mengamati dan meneliti tentang ekosistem alam dataran rendah di Indonesia. Yang juga berfungsi sebagai tempat pengawasan Bakosurtanal.

Danau Dora Bogor

Anak-anak yang mandi di danau

Untuk kebutuhan penelitian, di taman ini banyak sekali ditanami berbagai macam tumbuhan langka. Dan ditata khusus dengan ditengah-tengahnya terdapat danau, yang ditumbuhi rumput segar serta dibuat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan taman. Yang membuat taman ini menjadi indah untuk dipandang.

Danau Dora Bogor

Bunga Teratai

Karena keindahan yang menyegarkan mata, gratis dan lokasi yang strategis, selain untuk wisata edukatif, Danau Dora Bogor sering juga digunakan untuk lokasi prewedding. Di Danau nya sendiri banyak terdapat ikan dan juga bunga teratai. Jika ingin nikmat ada baiknya ke sini di pagi atau sore hari. Udaranya sejuk karena banyak pepohonan di sekitarnya.

Danau Dora Bogor

Jembatan kayu

Taman di Bogor ini ramai memang di akhir pekan terutama sore hari, banyak keluarga yang datang sengaja untuk rekreasi menikmati keindahan taman, sambil membawa bekal untuk disantap di sana. Untuk masuk kesini tidak dipungut biaya, kita cukup membayar parkir kendaraan yang dibawa.

Karena merupakan kawasan wisata edukatif, di sini juga sering diadakan penyuluhan untuk anak-anak sekolah mengenal tumbuhan dan mahluk hidup lainnya yang ada di Taman. Seperti ikan-ikan yang berenang di danau.

Mau keliling Indonesia murah? Ambil promonya di Keliling Nusantara. Yuk sekalian intip Paket Wisata murah dan Tiket pesawat murah untuk jalan-jalan hemat!

 

Danau Dora Bogor

Danau Dora

Sebaiknya, jika ingin berwisata santai menikmati indahnya Danau Dora Bogor dan membawa bekal atau cemilan. Kita juga harus menjaga lingkungan ini, jangan sampai ada sampah yang tercecer. Jangan sampai keindahan Danau Dora jadi rusak karena pengunjungnya yang tidak ada aturan dan seenaknya membuang sampah. Karena yang saya lihat ada saja pengunjung yang melakukan itu. Itu menyedihkan sekali.

tiket mudik murah

68236 Total Views 31 Views Today
Danau Dora Eco Park Yang Menarik di Cibinong Bogor
4.4 (88.57%) 7 votes
(Visited 43,139 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Danau Dora Eco Park Yang Menarik di Cibinong Bogor' have 16 comments

  1. 05/27/2015 @ 9:52 am depz

    asik sepertinya ngebayangin piknik di hari libur d danau dora ini
    tentunya tanpa boneka dora 😀

    Reply

  2. 07/07/2015 @ 11:02 am fio

    Goood terimakasih infonya

    Reply

  3. 01/09/2016 @ 2:25 am banny wiryawan

    pngn kesana tapi ga tau jalan’y

    Reply

    • 02/01/2016 @ 10:51 pm Deli_San

      ga’ jauh dari Cibinong City Mall ko’, di Google Maps juga udah terdarftar, jadi gampang carinya ?

      Reply

  4. 01/25/2016 @ 10:39 am jamz valent

    klo buat foto prewed di kenain charge ga yaa min?

    Reply

    • 06/06/2016 @ 12:34 pm Melly Feyadin

      Free, masuk sini cuma bayar parkir doank kok.

      Reply

      • 03/06/2017 @ 7:37 am Syahril K

        Kalau mau dipakai shooting sinetron bisa nggak? Izinnya ke siapa ya?

        Reply

  5. 02/03/2016 @ 11:04 am Desty Anne

    heyyy.. boleh tanya kalo untuk bawa slr dikenakan tarif khusus tidak ya? mohon infonya please, thanks

    Reply

  6. 02/06/2016 @ 10:31 am Ogie

    Nice share kak. Besok kesana ah mumpung libur. Thanks

    Reply

  7. 03/04/2016 @ 10:07 am www.wisataku.net

    Hehehe lucu juga ya awal mulanya… asyik banget sampai sekarang masih sering di kunjungi anak-anak yang hobby main air.. jadi keinget masa kecil hehehe
    Mantab…

    Reply

  8. 12/25/2016 @ 11:52 pm macho

    Mudah mudahan pengunjung nya tidak berbuat asusila di kawasan itu

    Reply

  9. 01/04/2017 @ 1:01 am mus

    Kalau mau prawedd disitu dikenai biaya berapa min?? ?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool