Share on Pinterest
More share buttons
Air Terjun Curug Kencana

Curug Kencana, Wisata Baru Mempesona

Curug Kencana – Ada cerita apa lagi yang akan mengisi hari-harimu pekan ini?
Banyak hal di sekitar kita yang terkadang luput dari pengetahuan kita. Ketika kita meluangkan sejenak waktu untuk mengorek tentang apa saja yang ada di kota hujan ini, kita tidak akan kehabisan destinasi wisata untuk liburan di Bogor. Di antara banyaknya curug (air terjun) yang tersebar sejagad Bogor, ada sebuah curug yang baru saja dibuka sebagai tempat wisata terhitung Januari tahun ini.

Jika mendengar nama ‘kencana’ apa yang ada di pikiran kamu? Bogor punya dua nama ‘kencana’, yaitu Taman Kencana dan Suryakencana. Pernahkah kamu mendengar nama curug kencana? Mungkin sebagian dari kamu baru pertama kali mendengar nama curug kencana sebagai tempat wisata di Bogor. Dan memang, curug kencana merupakan wisata alam baru yang ada di Bogor.

Letaknya searah dengan wisata pemandian air panas Gunung Pancar dan  Leuwi Hejo atau Curug Barong, tepatnya di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor. Dari arah Jakarta, kita bisa keluar pintu tol Sentul Selatan. Kemudian ambil kiri ke arah wisata Jungleland. Dari Jungleland, kita masuk ke Jl. Gunung Pancar. Jalanan yang terus menanjak dengan ukuran jalan yang pas-pasan untuk dua kendaraan mewajibkan kita harus ekstra hati-hati.

Tapi jangan khawatir, jalanannya cukup bagus ditambah pemandangan indah yang memanjakan mata. Mendekati lokasi curug kencana berada, kita akan melewati sebuah jembatan yang menantang andrenalin kita. Sebuah jembatan dari kayu pepohonan yang disusun rapih hasil swadaya masyarakat. Jembatan ini aman untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, tapi jangan panik ketika kita berjalan akan terdengar suara berisik dan kita bisa melihat derasny aliran sungai dibalik celah-celah kayu tersebut.

tiket mudik murah

Tak berapa lama, ada sebuah tempat singgah yang biasa digunakan para pelancong untuk berselfie ria dengan latar belakang pemandangan yang lebih dari indah. Saat sudah menemukan tempat singgah, itu artinya tujuan kita menuju curug kencana sudah sangat dekat.

Gunung Pancar

Kawasan Wisata Gunung Pancar. Pemandangan Hijau Sejauh Mata Memandang

Sesampainya di kawasan ini, kita akan menemukan banyak rumah warga berbentuk panggung yang terbuat dari kayu sebelum akhirnya sampai di sebidang tanah yang dijadikan sebagai tempat parkir.  Ketika baru pertama kali kesini, kita pasti akan kebingungan. Tapi tak perlu khawatir, kita akan diantarkan oleh tour guide cilik yang akan menemani kita menuju curug kencana, selama berada disana, hingga kita kembali lagi ke tempat parkir.

Air Terjun Curug Kencana

Jalan Setapak Menuju Curug Kencana

Air Terjun Curug Kencana

Papan Petunjuk Arah. Sepanjang Perjalanan Kita Melewati Hutan-hutan Kecil

Air Terjun Curug Kencana

Sungai Kecil yang Menemani Sepanjang Perjalanan

Perjalanan dari tempat parkir menuju curug kencana membutuhkan perjuangan. Jaraknya kurang lebih satu kilo meter, jalanan yang masih tanah, pepohonan besar, jalan yang kadang harus menyebrang sungai kecil membuat perjalanan ini terasa sangat menyenangkan. Cocok untuk pelancong yang menyukai tantangan. Sebelum sampai ke curug kencana, ada dua buah curug kecil yang akan dilewati, yaitu curug bariung dan curug cikujang. Airnya yang deras dan jernih membuat para pelancong meluangkan waktu sejanak untuk mengabadikan momen. Perjalanan pun berakhir di curug kencana.

Air Terjun Curug Kencana

Curug Kencana dari Atas.

Air Terjun Curug Kencana

Airnya Masih Jernih

Air Terjun Curug Kencana

Banyak Bebatuan di Sekitar Curug

Pelancong yang datang ke curug ini tidak sebanyak pelancong yang datang ke curug nangka atau curug cilember, hal itu karena masih belum banyak pelancong yang tahu keberadaan curug ini. Sehingga saya bisa bermain air sepuas hati seolah milik sendiri.

Perjalanan tempuh yang melelahkan dapat terbayarkan. Keindahannya terbawa hingga menjadi kenangan manis yang membekas dalam segores pena. Maka nikmat Tuhamu mana lagi yang engkau dustakan?

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara
66679 Total Views 12 Views Today
Curug Kencana, Wisata Baru Mempesona
5 (100%) 2 votes
(Visited 45,189 times, 8 visits today)


About

Blogger. Freelancer. Contributor.


'Curug Kencana, Wisata Baru Mempesona' have 5 comments

  1. 07/14/2015 @ 11:03 am Didi S

    Bagus kayanya maua coba datang kapan yah?
    lumayan deket dari rumah

    Reply

  2. 01/04/2016 @ 10:33 pm enjoy bogor

    curug selalu membuat hati adem lihat nya… selalu menarik untuk di kunjungi. terima kasih mna saidah atas artikel nya.. keren

    Reply

    • 01/06/2016 @ 7:08 pm Bagus

      Pernah ke gunung pancar tp kok mentoknya di pemandian air panas? kalo ke curug kemana-nya?

      Reply

  3. 01/25/2016 @ 9:54 pm cep obay

    pokonya ngga nyesel deeh kalau datang berkunjung kesana…waaaaaaawwwwwwwwwwwwwwww keren banget…..its very amazing….so cold…..and its a very natural……:)

    Reply

  4. 03/30/2016 @ 4:29 pm Curug Tujuh

    Main ke air terjun memang seru… sekaligus adem

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool