Share on Pinterest
More share buttons
batu akik

Cari Batu Akik, di Bogor pun ada

Turun dari Stasiun Bogor, akan melanjut wisata di Bogor yang murah meriah, bisa coba berjalan menuju Pasar Anyar yang berada persis dekat dengan pintu stasiun yang lama. Pasar Anyar merupakan pasar tradisional yang ada di Bogor.  Selain kebutuhan sembako yang di jual di pasar anyar, sekarang menjamur pedagang kaki lima yang menjual batu Akik. Hampir sepanjang jalan menuju pasar banyak pedagang Kaki Lima batu akik.

batu akik

Liburan ke Bogor kurang lengkap bila tidak mengunjungi pasara Tradisional yang ada, mengunjungi pasar tradisonal punya sensasi tersendiri. Karena letak yang sangat strategis dekat dengan Stasiun, sehingga kaki lima  batu akik ini tumbuh dengan cepat. Menurut para pedagang, buka sampai pukul 03.00 dini hari. Siang lebih banyak menjual batu akik jadi dan bahan. Sedangkan malam hari lebih kearah mengosok bahan mentah menjadi batu siap jual.
Menurut Kang Ndut (47) yang berjualan di pasar ini, bahan yang di jual mulai dari Rp. 5000 sampai tak terhingga. Konsumennya sangat beragam dari  mulai anak-anak sampai kakek-kakek.

batu akikSalah satu pelanggan Kang Ndut, adalah anak-anak SD yang mencari bahan batu Black Oval yang seharga Rp. 5000 dari daerah Maja Banten. Mereka asyik memilih batu yang akan mereka gosok menjadi batu akik. Batu yang di jajakan di sini juga ternyata ada yang dari  Luar negeri Seperti Amerika, Syria, Australia dan terbanyak dari Afrika. Harga yang di jual berkisaran Rp. 50.000 sampai tak terhingga.

batu akik

Seorang pedagang sedang memeriksa kondisi batu Black Oval asli Maja dengan menggunakan senter untuk melihat ada serat atau warna yang muncul di batu itu. Ini cara sederhara untuk memeriksa batu dengan menggunakan senter untuk melihat urat dan apa yang muncul di batu itu.

batu akik

Seorang Kakek sedang serius melihat sebuah batu yang dijajakan di kaki lima pasar anyar. Satu demi satu batu yang mnarik perhatiannya di lihat dengan seksama. Semakin sore semakin ramai ajak di beberapa lapak, terutama yang menyediakan bahan batu murah. Bagi pengemar batu memilih dan memilah merupakan keasyikan tersendiri bahkan kadang harga pun tidak menjadi masalah ketika sudah suka dengan batunya.

batu akik

Jika punya batu yang akan di proses menjadi batu akik, bisa juga di sini, jasa memotong batu itu sebesar Rp 15.000 sampai 20.000 sedangkan poles tergantung tingkat kesulitan dari Batunya, maksimal Rp 65.000 untuk proses dari bahan menjadi batu siap pakai. Untuk batang yang di jual juga beragam dari mulai Rp.40.000 sampai 80.000 tergantung bahan yang digunakan ada  germanium dan titatium untuk batangnya.

Selamat berburu batu akik

5560 Total Views 12 Views Today
Cari Batu Akik, di Bogor pun ada
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,844 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Cari Batu Akik, di Bogor pun ada' have 1 comment

  1. 03/19/2015 @ 7:24 am Adella Adiningtyas

    Katanya di Pasar Devris jadi pusatnya, Kang wekekek

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool