Share on Pinterest
More share buttons
keong sawah

Bosan Seafood? Nih, Sawahfood di Yasmin Bogor

Makanan seafood memang sudah menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya, terutama rasa dan aroma khas, yang tidak bisa digantikan oleh makanan selain seafood. Sedikit mirip namanya, ada satu lagi jenis makanan yang mungkin saja pernah anda cicipi yang juga memiliki ciri khas rasa yang unik dan tidak bisa gantikan oleh makanan lain, saya menyebutnya sawahfood.

Sesuai dengan namanya, jika seafood adalah makanan yang berasal dari laut, maka sawahfood adalah makanan yang berasal dari sawah. Seperti apa contohnya? Mari kita sebut saja dengan tutut.

Tutut, atau yang juga disebut dengan keraca dan keong sawah, adalah salah satu hewan bercangkang yang hidup didaerah lembab dan berlumpur, seperti sawah dan sungai. Bentuknya sendiri mirip dengan bekicot dan keong mas, kecuali ukurannya yang relatif lebih mungil dan warna yang gelap.

Jadi, makan tutut?

Jika anda termasuk diantara orang yang geli melihat binatang yang satu ini, apalagi sampai berpikir untuk bisa dimakan, saya katakan satu hal : Rasanya Enak. Saya sendiri termasuk golongan yang ketagihan menikmati hidangan tutut hingga rela naek angkot 2x hanya untuk menikmati sajian yang satu ini.

keong sawah

image : aissgreyz.blogspot.com

Dan percaya nggak percaya, beberapa sumber menyatakan bahwa tutut mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, diantaranya protein, kalsium, rendah kolesterol, vitamin A, vitamin E, niacin dan folat. Jadi buat kamu yang belum pernah nyobain tutut, saya katakan satu hal lagi : Asli Enak dan Sehat men.

Saya mau beli tutut, dimana?

Beberapa saat lalu, anda akan dengan mudah menemukan penjual tutut di beberapa ruas jalan di Bogor, terutama yang terkenal dengan pusat kuliner lokal. Sekarang, sayangnya mungkin anda akan kesulitan mencari tutut di Bogor, karena hits nya sudah lewat. Tapi jangan khawatir, beberapa penjual tutut masih dapat anda temui di jalan Yasmin, Bogor.

gerobak tutut yasmin bogor

image : www.indoplaces.com

Penjual tutut yang saya maksud disini adalah penjual yang berjualan dengan gerobak atau mobil gitu ya, sehingga lebih terasa citarasa lokal dari setiap sajian tutut tersebut, bukan yang dijual di cafe dan resto gitu.

Harga dan rasanya?

Anda bisa mendapatkan satu buah porsi tutut siap makan, baik dimakan ditempat (lesehan di tikar atau di meja) atau dibungkus, dengan harga mulai dari 3000 rupiah untuk rasa standar yang biasanya berupa kuah kare. Sementara jika anda ingin menikmati citarasa berbeda, bisa merogoh kocek lebih dalam mulai dari 5000 rupiah per porsi untuk kuah pedas manis atau saus tiram.

lesehan makan tutut

image : duniabulatbundar.blogspot.com

Pengen sajian tutut lain daripada yang lain? Beberapa penjual tutut menjual tutut dalam versi sate tutut, tinggal gigit nggak pake sedot langsung pake mulut atau sibuk colok2 pake tusuk gigi buat ngeluarin si tutut dari cangkangnya.

Tertarik untuk mencoba? Langsung aja ke jalan Yasmin, Bogor. Yang ingin menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot 32 dari arah Talang dan Jalan Baru, atau 32 juga dari arah terminal Laladon dan Bubulak. Pastiin kamu mencicipi makanan yang satu ini ketika liburan di Bogor ya 🙂

14425 Total Views 19 Views Today
Bosan Seafood? Nih, Sawahfood di Yasmin Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,444 times, 1 visits today)


About

Anak rantau yang bentar lagi bakal resmi jadi penduduk Bogor


'Bosan Seafood? Nih, Sawahfood di Yasmin Bogor' have 9 comments

  1. 03/03/2015 @ 1:16 pm Gioveny Astaning Permana

    jadi pengeeen,, pake nasi tapi hahaha

    Reply

    • 03/05/2015 @ 12:37 pm Miftah Abdillah A

      ane sendiri belum pernah makan tutut pake nasi, tapi kayaknya kenikmatan nyedot tututnya jadi kurang nikmat kalo sambil makan nasi gitu 🙁

      Reply

  2. 03/03/2015 @ 11:42 pm Iwan Setiawan

    Makanan waktu kecil nich, nyari tutut disawah… pulang-pulang mintain nyokap buat direbusin.. sedappp..
    Sayang tutut disini terlalu banyak MSG menurut saya, jadi kurang sedapnya..

    Reply

    • 03/05/2015 @ 12:38 pm Miftah Abdillah A

      wah belum pernah ngerasain tutut bikin sendiri kalo saya, soal MSG mungkin ada benarnya juga kang, makanya saya lebih suka beli yang sekalian agak mahal dengan asumsi mereka lebih peduli bumbu didalamnya.

      Reply

  3. 03/04/2015 @ 5:55 am Indriyatno Banyumurti

    Kita juga bisa nemu tutut kayak gini dengan tempat lebih nyaman di Ayam Aroma (Pahlawan, Taken n Pemuda). Sensasi nyedotnya emang asik…

    Reply

  4. 07/06/2015 @ 9:43 am Mae

    Pedagang tutut nya mulai ada jam berapa ya?

    Reply

  5. 01/14/2017 @ 7:55 pm elan bio m

    Asslkm ane baru mu jual tutut sawah asli brapa trima per kg nya yg udah dimasak pedas partei min 500 kg an tinggal makan. 081289283870. Elan

    Reply

  6. 01/14/2017 @ 8:06 pm elan

    Asslkm ane mu jual buat pedagang silahkn tlp k 081289283870. Elan CV.Bio-M. Jzllh

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool