Share on Pinterest
More share buttons
Gunung Gede

Bogor Punya Kandang Badak

Pesan Hotel Harris Murah di Bogor

Beragamnya tujuan wisata di Bogor memudahkan kita menentukan pilihan. Hotel murah di bogor alias ramah kantong juga tidak sedikit dan gampang dijumpai. Namun bila Kandang Badak dipilih sebagai tujuan wisata sekaligus tempat menginap, saya berani taruhan, Anda pasti bukan termasuk jenis pelancong yang menenteng-nenteng koper atau pembawa tas beroda yang diseret.

Dari kabar kabur yang sampai di telinga saya, Kandang Badak merupakan tempat di mana dahulu badak pernah dijumpai. Informasi ini tentu saja harus ditelusuri kebenarannya. Apakah memang dulu benar-benar ada binatang bercula tersebut di tempat itu, atau seperti biasa, hanya kisah konon katanya. Saya coba menyelisik belantara internet untuk mencari data ilmiah perihal badak yang mendasari nama Kandang Badak yang berada di ketinggian 2.395 Mdpl. Sayangnya, data yang saya inginkan itu belum ketemu. Hanya informasi dari pedagang nasi uduk yang menjajakan dagangannya kepada para pendaki yang saya punya, bahwa bangunan terbengkelai yang ada di Kandang Badak itu dulunya dibangun oleh ranger untuk badak yang ada di situ.

Sungai air panas sebelum Kandang Badak Gunung Gede

Sungai air panas sebelum Kandang Badak.

Kandang Badak merupakan lokasi strategis yang dipakai oleh para pendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango untuk mendirikan tenda. Lokasinya yang berada di pertemuan kaki kedua gunung itu menjadikan Kandang Badak tempat ideal untuk istirahat sebelum melanjutkan pendakian ke Puncak Gede atau Puncak Pangrango. Tak heran bila musim pendakian, tempat itu seperti pasar malam. Tenda jenis doom maupun yang biasa terlihat bertebaran di semua tempat yang memungkinkan tenda didirikan. Tempat yang agak miring pun laku. Bahkan karena saking ramainya, ada kalanya pendaki yang datang belakang tidak kebagian tempat sehingga dengan terpaksa memasang tenda di lokasi yang agak jauh atau memilih melanjutkan perjalanan.

Selain tempatnya yang strategis, Kandang Badak memiliki mata air melimpah yang tak ada habis-habis. Dari sumber air di dekat bangunan yang terdapat plang bertuliskan Kandang Badak, para pendaki mendapatkan air untuk masak atau keperluan lain. Mereka yang akan melanjutkan pendakian biasanya akan mampir sejenak untuk memenuhi tempat air yang dibawa. Dimulai dari pertigaan di dekat Kandang Badak, kita akan mencapai Puncak Pangrango bila berbelok ke kanan. Jaraknya 3 kilometer. Jika berbelok ke kiri, dalam waktu dua jam dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer, kita akan sampai Puncak Gede. Saat saya dan tim melakukan pendakian, setelah berkemah semalam di Kandang Badak, kami memilih mendaki menuju Puncak Pangrango dahulu. Setelah itu kami turun dan kembali ke pertigaan terus melanjutkan pendakian menuju Puncak Gede. Dalam waktu setengah hari, tepatnya dari jam 08.00 WIB sampai 21.30 WIB, kami berhasil menginjakkan kaki di kedua puncak gunung tersebut. Melelahkan sekaligus menyenangkan. Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

Penunjuk arah di pertigaan dekat Kandang Badak

Plang penunjuk arah di pertigaan dekat Kandang Badak yang dipenuhi stiker dari mereka yang mengaku pecinta alam.

Rute yang paling enak untuk mencapai Kandang Badak adalah dari Kebon Raya Cibodas. Di sepanjang jalan menuju lokasi, banyak tempat yang bisa disinggahi, di antaranya adalah telaga biru, air terjun, dan mata air panas. Dari Kandang Badak, perjalanan bisa dilanjutkan ke Puncak Pangrango kemudian turun ke Kandang Badak dan kembali ke Cibodas. Atau dari Kandang Badak langsung mendaki Puncak Gede. Atau seperti yang kami lakukan, sekaligus mendaki dua puncak, Pangrango-Gede, kemudian turunnya ke arah Desa Gunung Putri.

Silakan Mencoba. Yang mana pun, boleh.

8194 Total Views 6 Views Today
Bogor Punya Kandang Badak
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,342 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Bogor Punya Kandang Badak' have 7 comments

  1. 02/18/2015 @ 9:55 am Dudi Iskandar

    Wow, jadi pengen ke sana lagi, makasih mas adi

    Reply

  2. 02/18/2015 @ 12:54 pm Melly Feyadin

    Kayaknya asik nih pak kesini ^^

    Reply

  3. 02/20/2015 @ 2:11 am MT

    woooooohhhhh

    Reply

  4. 02/21/2015 @ 1:34 pm Angga Dwinovantyo

    Keren bangeeettttt!!! Belum pernah nanjak nih saya kang, ajak-ajak yaaak ๐Ÿ˜€

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool