Share on Pinterest
More share buttons
Bogor

“Bogoh ka Bogor” Gerakan Cinta Kota Hujan

Singapore boleh punya I Love SG, Amsterdam punya I Amsterdam dan kini Bogor punya tagline baru yaitu “Bogoh ka Bogor”. Tagline ini artinya Cinta Bogor dalam bahasa Sunda. Kurang lebih sama dengan tagline dari kota-kota lain yang menyatakan cinta kepada kota tempat lahir atau tinggalnya. Gerakan ini tentu sangat berpengaruh terhadap para pengunjung yang berwisata ke Kota Bogor. Mengapa?

fokus pada kebersihan lingkungan dan mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan. Jika warga sudah peduli dengan lingkungannya, tentu para tamu yang berkunjung alias para wisatawan tentu akan senang dan segan membuang sampah sembarangan jika lingkungannya sudah bersih. Gerakan yang dicanangkan oleh Walikota Bogor Bima Arya pada bulan Maret 2015 ini juga didukung oleh artis-artis ibukota kelahiran Kota Bogor, bahkan diantaranya dijadikan Duta “Bogor ka Bogor” seperti Sahrul Gunawan dan Vina Panduwinata.

Vina Panduwinata

Vina Panduwinata dinobatkan menjadi duta “Bogoh ka Bogor”

Saat ini beberapa taman di Kota Bogor sudah ditata sedemikan rupa sehingga nyaman sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi dengan kerabat atau warga lainnya. Bima ingin mengubah paradigma kota Bogor yang dikenal sebagai kota sejuta angkot, menjadi kota sejuta taman.

Beberapa taman yang sudah ditata ulang antara lain Taman Kencana yang berada di sekitar Lapangan Sempur, Taman Perangin-angin dan Taman Air Mancur yang berada di Jalan Jendral Sudirman, taman perlintasan Bogor yang berada di depan rumah dinas walikota. Beberapa tempat menggunakan huruf kapital besar untuk menunjukkan lokasi seperti AIR MANCUR, JEMBATAN MERAH, BOGOR, OTISTA, dengan warna dan lampu yang menarik, selain indah juga sangat ramah untuk anak-anak yang sedang belajar membaca.

Taman Perlintasan

Taman Perlintasan Bogor (Foto : Hendra Gunawan)

Jembatan Merah

Jembatan merah dengan tulisan JEMBATAN yang ramah untuk anak belajar membaca

Semoga dengan banyaknya taman yang sudah ditata dengan baik dan lingkungan kota yang bersih dan tertib dan teratur, akan meningkatkan jumlah orang yang berwisata ke Kota Bogor, membuat mereka betah tinggal dan tentu saja akan meningkatkan angka pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bogor.

Tidak tertutup kemungkinan jika lingkungan di sekitar Kota Bogor sudah bersih, taman tertata rapih dan warga sadar lingkungan, Kota Bogor akan meraih Piala Adipura yang menjadi lambang kota terbersih di Indonesia. Beberapa tahun lalu Kota Bogor pernah meraih piala tersebut, bahkan sudah mendapatkan Piala Adipura Kencana yaitu meraih piala adipura sebanyak 5 (lima) kali. Dan kini saatnya untuk meraih kembali piala yang menjadi kebanggaan warga Bogor pada waktu itu.

Gerakan “Bogoh ka Bogor” juga menjadi tema utama dalam rangkaian acara Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 533 pada tanggal 3 Juni 2015 nanti. Bima mengharapkan semua elemen masyarakat terlibat dan mendukung kegiatan ini termasuk komunitas-komunitas yang bergerak di dunia maya.

(Sumber foto : heibogor[dot]com)

7722 Total Views 9 Views Today
“Bogoh ka Bogor” Gerakan Cinta Kota Hujan
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,121 times, 1 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'“Bogoh ka Bogor” Gerakan Cinta Kota Hujan' have 2 comments

  1. 04/27/2015 @ 10:15 am Anton

    Mudah-mudahan bisa terus mas. Soalnya terakhir kali Bogor meraih Adipura tahun 2006 dan sejak itu gagal terus.

    Terakhir tahun kemarin, gagal lagi.

    Selain taman, yang harus diperbaiki adalah mental masyarakat yang masih doyan membuang sampah sembarangan.

    Tulisan yang bagus dan menarik mas (atau akang?)

    Reply

  2. 09/13/2015 @ 4:31 pm oot hotimah

    saya benar-benar cinta kota bogor, padahal saya kelahiran dan dibesarkan di Jakarta, karena dari saya kecil sampai sekarang saya sudah memiliki tiga orang putra , saya sering bolak balik ke Kota Bogor. terutama ke Kebun Raya Bogor (KRB) nya itu lho…Ayo doong masyarakat Kota Bogor , mari lebih peduli pada masalah – masalah lingkungan, khususnya masalah-masalah yang ada di Kota Bogor. KIta lihat dan ambil pelajaran dari sistim manajemen lingkungan yang ada di dalam KRB: asri, sejuk, damai/tenang, rapi, dan nyaman… . nilai-nilai yang baik dari KRB ini mari kita jadikan inspirasi bagi kita untuk kita lebih gemar menanam dan merawat pohon, membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, lebih senang menggunakan moda transportasi massal yang sudah ada, dan apabila menggunakan angkot atau kendaraan pribadi , biasakan untuk naik dan turun pada tempat-tempat yang telah disediakan . Mari… kita lakukan untuk mendapatkan Kota Bogor yang lebih baik.

    Salam Peduli Lingkungan

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool