Share on Pinterest
More share buttons
bienen stich

Bistro Roti Khas Jerman di Bogor

Roti-Roti Khas Mahlzeit das Brot

Roti-Roti Khas Mahlzeit das Brot

Bosan dengan kuliner nusantara, ada saatnya yuk kita mencicipi kuliner luar negeri. Nah di Bogor ada satu tempat yang terkenal dengan roti khas Jerman. Namanya “Mahlzeit das Brot“. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Adnawijaya atau dulu dikenalnya dengan nama Jalan Pandu Raya. Letaknya berseberangan dengan Va Milk yang juga sudah diulas di HelloBogor. So, buat anda yang lagi liburan di Bogor, selain oleh-oleh khas Bogor seperti talas, asinan, roti unyil dan lain-lain, boleh juga membawa roti khas jerman ini sebagai buah tangan. Disini anda bisa mampir untuk dibawa pulang atau dapat juga menikmatinya di kedainya yang kecil. Mahlzeit das Brot buka dari hari Selasa hingga Sabtu sejak pukul 7 pagi hingga 7 malam. Khusus untuk hari Minggu dan Senin tutup.

Kalau Italia dikenal dengan pasta, Perancis dikenal dengan pastry, maka Jerman dikenal dengan roti-nya. Sejarah roti dimulai lebih dari 10 ribu tahun yang lalu, saat manusia mulai memanen gandum.  Awalnya gandum dicampur dengan air untuk membuat semacam bubur, kemudian bubur tersebut dipanggang diatas batu panas untuk menghasilkan roti. Di Jerman, roti bukan hanya sebagai makanan, tetapi sudah merupakan budaya.  Terdapat lebih dari 300 jenis roti dan lebih dari 1200 jenis roll dan roti mini (Brothchen & Kleingeback) diproduksi di Jerman

Mahlzeit das Brot dibuka sejak tanggal 27 September 2013 dengan tujuan untuk menyediakan alternatif roti-roti sehat untuk masyarakat Bogor. Linda Iborg, sang pemilik yang orang Indonesia asli ini, mengungkapkan bahwa keinginan untuk memiliki kios kecil untuk menjual makanan-makanan kecil, roti sederhana dan kopi untuk sarapan telah ada sejak beliau tinggal di Jerman bersama suami yang warga negara Jerman. Akan tetapi karena regulasi di Jerman lumayan cukup ketat untuk membuka usaha dan kesibukan keduanya dalam pekerjaan membuat hal tersebut tidak tercapai. Setelah bermukim 7 tahun di Jerman dan kemudian kembali di Indonesia pada tahun 2005, ide tersebut muncul lagi.

Pretzel

Pretzel

Awalnya Mbak Linda mengkreasikan bekal sekolah untuk putra tercinta yang memang agak susah untuk menyantap kuliner nusantara. Ternyata teman-teman sekolahnya tertarik dan berkeinginan juga makan seperti itu. Akhirnya dimulailah usaha katering untuk anak sekolah dengan basis western food rumahan yang sehat. Setelah setahun berjalan,  Mbak Linda mulai menerima pesanan katering lainnya seperti lunch box, party service gathering atau gubukan untuk resepsi pernikahan. Membuat roti tetap dilakukan dirumah dan diutamakan untuk konsumsi sendiri. Akan tetapi ternyata cukup banyak yang suka dengan roti tersebut, sehingga banyak yang memesannya. Dari penjualan skala rumahan yang awalnya tidak terlalu banyak, dan semakin hari semakin banyak permintaan untuk roti jerman ini. Akhirnya dibukalah Mahlzeit das Brot ini demi melayani pelanggannya yang setia.

Mahlzeit, dalam bahasa Jerman, berarti “meal time” atau “waktu makan”. Sedangkan das Brot berarti “roti”, sehingga Mahlzeit das Brot dapat diartikan sebagai “waktu makan roti”.  Mahlzeit das Brot menyajikan roti–roti khas jerman yang authentic dan masih berbasis home bakery atau dsebut artisan bread yang masih menggunakan tangan dan bukan mesin. Konsep roti-roti Jerman yang lebih banyak disajikan memang lebih ke roti-roti gandum dan roti-roti dengan campuran biji-bijian yang sehat.

“Untuk di bogor sendiri konsep yang kita sajikan baru dan pertama di Bogor,kita berharap ke depannya masyarakat bogor bisa punya alternatif konsumsi roti-rotian sehat di samping nasi,umbi-umbian atau pasta”, ungkap Linda.

“Favorit utama disini adalah roti multigrain dan whole wheat, tapi akhir-akhir ini letzte dark sunflower jadi salah satu favorit. Yang awalnya hanya tersedia pas akhir pekan saja, sekarang karena customer beberapa menanyakannya, akhirnya kita menyediakannya juga pada hari-hari lain. Dan itu customer lokal bukan asing. Wondering juga buat kita karena roti itu termasuk jenis yang berat dan rasanya instens atau punya rasa khas tersendiri,” Demikian penjelasan Linda saat ditanyakan apa yang menjadi favorit disini.

Selain roti-roti favorit tersebut, disini tersedia utamanya adalah roti gandum dan kurang lebih sekitar 20 macam roti termasuk breakfast roll yang juga terbuat dari gandum. Roti-roti dan kue-kue yang tersedia antara lain: dark rye bread (roggen brot), dark sunflower, bienenstich, ciabatta, pretzel, croissant, dan lain-lain.

Mahlzeit das Brot

Mahlzeit das Brot

5497 Total Views 21 Views Today
Bistro Roti Khas Jerman di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,239 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Bistro Roti Khas Jerman di Bogor' have 6 comments

  1. 06/04/2015 @ 1:23 am wongkamfung

    Sudah lama pengin ke tempat ini belum kesampaian juga sampai sekarang. 😉

    Reply

    • 06/04/2015 @ 9:56 am Iwan Setiawan

      Lah… tinggal mampir doang juga Om 😉

      Reply

      • 06/04/2015 @ 10:24 pm wongkamfung

        Pernah waktu itu sudah diniatin mampir, eh ternyata tutup.

        Reply

  2. 06/04/2015 @ 10:11 am Fahmi

    Next time harus mampir :9

    Reply

    • 06/04/2015 @ 10:49 am Abi Yudhie

      Ayo dong mampir Mas Kuliner-an di bogor ketemu sama temen-teman di HelloBogor.com, mana tau Mas Fahmi bisa gabung juga di Blogger Bogor HelloBogor.com 🙂

      Reply

  3. 06/07/2015 @ 7:16 pm Oline

    Kapan2 kalo ke bogor pengen cobain kuliner yang satu ini. Kebetulan banget saya pecinta roti 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool