Share on Pinterest
More share buttons
Lapangan Widya Mandala

Bila ke Bogor, Datanglah ke Lapangan Mandalawangi

Tahukah Anda letak Lapangan Mandalawangi? Saya rasa, tidak semua orang tahu lapangan tersebut. Meminjam istilah dalam tulisan saya sebelumnya yang berjudul Taman Surgawi di Bogor untuk Mereka yang Terpilih, hanya mereka yang terpilih yang tahu dan bisa sampai ke Lapangan Mandalawangi.

Puncak Pangrango

Menuju Puncak Pangrango (Mandalawangi).

Membincang tentang lapangan tempat orang berkumpul di Bogor, Lapangan Sempur yang pasti akan disebut. Letaknya persis di sebelah kiri Jalan Jalak Harupat bila kita datang dari arah Istana Presiden, berseberangan dengan Kebun Raya. Bisa dibilang, siapa pun bisa sampai di lapangan itu dengan mudah. Tinggal naik angkot atau motor, bahkan jalan santai, kita bisa tiba di lapangan yang konon kabarnya pernah nyaris ditenggelamkan oleh presiden pertama negeri ini untuk dijadikan waduk. Bisa dibilang gampang dan tak ada tantangan. Dengan demikian, mungkin teman kita akan terbengong-bengong bila kita pamer dan membanggakan diri bahwa kita sudah sampai di Lapangan Sempur. Apa istimewanya? Beda ceritanya bila kita berkisah sudah menginjakkan kaki di lapangan penuh pohon edelweiss (Leontopodium alpinum) bernama Alun-alun Suryakencana, misalnya. Bagimanapun juga, bukan hal hina bila kita berada di Lapangan Sempur. Namun yang pasti, tidak ada pohon edelweiss di lapangan itu. Satu pun!

 

Lapangan Mandalawangi Gunung Pangarango

Turun menuju Lapangan Mandalawangi dari Puncak Pangrango.

Lapangan Mandalawangi memang tidak seperti Alun-alun Suryakencana yang memiliki ribuan bunga edelweiss saat musim berbunga tiba. Ada pohon bunga abadi di sana tetapi tidak sebanyak yang ada di Alun-alun Suryakencana. Sumber mata airnya juga tidak melimpah seperti di Alun-alun Suryakencana. Hanya ada satu parit yang tak banyak airnya atau bahkan kering bila di musim kemarau sehingga sangat disarankan berbekal air minum secukupnya bila mendatangi lapangan ini. Untuk sampai di Lapangan Mandalawangi, jalan yang paling mudah adalah lewat Kebun Raya Cibodas. Karena dari situlah jalur terdekat ke pertigaan (Kandang Badak) tempat menuju Lapangan Mandalawangi. Kita memang harus melalui Kandang Badak untuk menuju Lapangan Mandalawangi karena lapangan tersebut berada di Puncak Pangrango, yang oleh para pendaki puncak tersebut dikenal dengan nama Mandalawangi. Sebuah lapangan yang berada di ketinggian 3.019 Mdpl. Bila sampai di lapangan ini, kemudian kita pamer ke teman, mereka mungkin akan terbengong-bengong juga. Tetapi yang jelas bengongnya memiliki makna berbeda bila kita pamer habis dari Lapangan Sempur.

 

Mandalawangi Pangarango

Air parit di Lapangan Mandalawangi ini akan mengering di musim kemarau.

Siap berlibur di Bogor terus mendaki ke Lapangan Mandalawangi yang ada di Puncak Gunung Pangrango yang juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai ini? Sebelum itu, cari hotel murah dulu di Bogor, baru ke Lapangan Mandalawangi yang masuk kawasan Taman Nasional Gede Pangrango tersebut.

4070 Total Views 3 Views Today
Bila ke Bogor, Datanglah ke Lapangan Mandalawangi
5 (100%) 1 vote
(Visited 770 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Bila ke Bogor, Datanglah ke Lapangan Mandalawangi' have 5 comments

  1. 03/04/2015 @ 3:52 pm mt

    kalo di lapangan mandalawangi ada yg jualan lontong cap go meh gak? gak ada kan? :))

    Reply

    • 03/04/2015 @ 6:17 pm wongkamfung

      Gak adaaaaa…. mesti bawa dari lapangan sempur. 😀

      Reply

  2. 03/05/2015 @ 9:51 am Kartika DwiPutriani

    uwwwwih Mandalawangi. Kereeeen Pak! 😀

    Reply

  3. 05/21/2015 @ 7:00 pm prasetyo ferry

    klo setahu saya mandalawangi.beda kah dengan widya mandala?

    Reply

    • 05/22/2015 @ 11:45 am Adi Purwanto "WKF"

      @Prasetyo Ferry: Yang betul Mandalawangi. Terima kasih sudah dikoreksi. 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool