Share on Pinterest
More share buttons
Museum Zoologi Bogor

Bertualang Ala Larry Daley di Museum Zoologi Bogor

Larry Daley tidak pernah menyangka jika pekerjaannya sebagai penjaga museum American Museum of Natural History membawa ia ke petualangan yang tidak terlupakan. Bagaimana tidak, jika semua patung-patung yang dipamerkan dalam museum itu ternyata bisa hidup kembali. Dari Tyrannosaurus yang merupakan dinasaurus sampai si lucu Dexter yang merupakan monyet capuchin. Cerita tadi merupakan gambaran singkat film Night of Museum (2006) yang dibintangi komedian Ben Stiller. Film tersebur berlatar tempat di sebuah museum di Amerika. Museum merupakan salah satu tujuan wisata jika kita berkunjung ke suatu kota, tidak terkecuali berwisata di Kota Bogor yang terdapat banyak sekali museum, salah satunya museum Zoologi.

Museum Zoologi Bogor

Kalau sampai sini berarti gak nyasar :p

Weekend kali ini saya bersama keluarga menyempatkan diri berkunjung ke museum Zoologi. Sejujurnya sudah lama sekali semenjak terakhir kali saya pergi ke tempat ini, terakhir kira-kira 15 tahun lalu. Seperti apa rupanya masih membekas dalam ingatan, tapi supaya tidak penasaran sekaligus mengenalkan budaya berkunjung ke museum untuk anak-anak saya, akhirnya saya putuskan untuk kembali kesini.

Gerbang Masuk dan Ruang Utama museum zoologi

Gerbang Masuk dan Ruang Utama

Dulu untuk masuk ke museum Zoologi kita bisa membeli tiket masuknya di loket yang berada di Jalan Ir. H. Juanda, tapi sekarang untuk masuk ke museum ternyata sudah menjadi paket dengan tiket masuk ke Kebun Raya Bogor. Semacam tiket terusan karena selain tiket masuk Kebun Raya Bogor juga sebagai tiket masuk Museum Zoologi dan Taman Anggrek.

Setelah memarkir kendaraan roda empat di Jalan Ir H Juanda, untuk berkunjung kita wajib masuk melalui gerbang utama Kebun Raya Bogor. Letaknya berada di jalan yang sama. Setelah membeli tiket masuk wisatawan domestik sebesar Rp14.000,00 per orang kita bisa langsung masuk ke dalam.

Keindahan Museum Zoologi Bogor Jawa Barat

Jalan menuju ke museum mudah saja, setelah menyusuri jalan dari gerbang utama kita akan ketemu perempatan jalan. Dari situ langsung belok ke kiri sampai ada petunjuk arah museum. Menemukan bangunannya sangat mudah karena tinggal mencari bangunan tua bergaya kolonial Belanda di sebelah kiri jalan. Disitulah letak gerbang masuk museum Zoologi.

Museum Zoologi merupakan salah satu museum tua yang berada di kota Bogor. Hal itu bisa terlihat dari arsitektur bangunannya yang sangat bergaya Belanda. Tak heran karena museum ini awalnya merupakan laboratorium yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1894. Untuk sejarah lengkapnya bisa dibaca di wikipedia.

Anak-anak saya sangat antusias ketika memasuki area museum. Display fauna Indonesia yang diawetkan ditata apik di dalam setiap ruangan yang punya tema masing-masing. Misalnya di sebelah kiri dari pintu masuk merupakan area hewan burung. Disisi kanan lain lagi, kebanyakan merupakan koleksi mamalia. Salah satu pojok ruangan juga punya tema sendiri yaitu serangga dan kupu-kupu. Semuanya lengkap dari berbagai species yang ada. Jadilah kami sekeluarga bertualang dari satu ruangan ke ruangan lainnya seperti Larry Daley dalam film Night of Museum.

Setiap ruangan menampilkan koleksi yang berbeda museum zoologi

Setiap ruangan menampilkan koleksi yang berbeda

Museum Zoologi sendiri memang isinya berkaitan dengan berbagai specimen yang diawetkan juga fosil atau kerangka hewan yang berasal dari Indonesia. Disini pengunjung bisa mengenal spesies-spesies hewan yang berasal dari barat sampai timur Indonesia. Berbeda dengan kebun binatang yang objeknya selalu bergerak, disini semua objeknya diam sehingga pengunjung bisa melihat berbagai detail dari hewan-hewan yang dipamerkan. Saya sendiri terkejut ketika di bagian serangga, walau sepintas mirip ternyata ada berbagai jenis lalat yang jika dilihat sekilas semua tampak sama.

Koleksi serangga dan kupu-kupu museum zoologi

Koleksi serangga dan kupu-kupu

Fosil paus biru yang terdampar museum zoologi

Fosil Paus Biru yang terdampar di Pameungpeuk Garut pada tahun 1900an

Wisata ke museum sungguh mengasyikan. Jangan ragu untuk berkunjung ke Museum Zoologi yang merupakan satu-satunya musem yang didedikasikan untuk keilmuan tentang hewan. Barangkali kamu bisa mengalamai pengalaman Larry Daley seperti dalam film Night of Museum. Hiii…

1614 Total Views 2 Views Today
Bertualang Ala Larry Daley di Museum Zoologi Bogor
Vote Us
(Visited 596 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Bertualang Ala Larry Daley di Museum Zoologi Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool