Share on Pinterest
More share buttons
Situ Gede

Berkunjung ke Situ Gede, Situ Burung dan Situ Panjang di Kota Bogor

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika di Bogor ada situ dengan nama-nama seperti yang disebutkan dalam judul di atas. Dan uniknya lokasinya sangat berdekatan. Jadi jika sedang berwisata ke Bogor bisa menjadi alternative tempat wisata baru yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Rencananya sih tempat ini juga akan dijadikan salah satu andalan wisata di Bogor.

Lokasinya berada di Kecamatan Bogor Barat. Selain ke-tiga situ itu terdapat juga hutan penelitian yang dikenal sebagai Hutan Cifor. Cifor sendiri adalah singkatan dari Centre Internasional Forestry Research. Jadi di dalam hutan tersebut sering diadakan penelitian tentang pohon-pohon yang tumbuh dan hasilnya untuk perkembangan hutan di seluruh dunia.

Selain itu ada juga penangkaran rusa yang lokasinya dekat dengan Situ Gede. Di dalam Situ Gede kita bisa menikmati pemandangan situ di tengah-tengah hutan, sambil membawa bekal untuk makan siang berkumpul bersama dengan teman-teman atau keluarga. Jika tidak membawa bekal banyak juga yang berjualan makanan cepat saji seperti mie instant atau kopi. Untuk permainan anak-anak ada perahu bebek-bebekan yang bisa dikayuh dengan tarif Rp 10.000 per 30 menit.

Situ Gede

Suasana Situ Gede yang menyejukkan

Situ Gede

Sepedahan di sekitar Situ Gede juga seru

Cifor

Perjalanan dari Situ Gede ke Situ Burung akan melihat pemandangan seperti ini

 

Sedangkan untuk Situ Burung lokasinya berada di Desa Carangpulang, tidak jauh dari Situ Gede. Di situ ini banyak keramba-keramba yang dibuat untuk pengembangbiakan ikan nila. Selain itu ada juga tempat penelitian kerjasama IPB dan pemerintah Taiwan untuk pengembangan pembibitan.

Situ Burung

Suasana di Situ Burung

Untuk Situ Panjang lokasinya agak terpencil. Tidak bisa dimasuki oleh kendaraan roda empat. Hanya bisa dicapai oleh motor, sepeda atau berjalan kaki. Untuk mencapai ketiga lokasi situ tersebut bisa menggunakan kendaraan angkutan umum. Jika berpatokan dari Terminal Baranangsiang atau Stasiun Bogor bisa menggunakan angkot 03 Jurusan Baranangsiang – Bubulak. Kemudian dilanjutkan dengan angkot 15 jurusan Situgede dan kita bisa turun tepat di Situ Gede. Akan lebih seru lagi jika kita membawa atau menggunakan sepeda, karena kita bisa ber cross country di seputar hutan Cifor yang penuh dengan tantangan tanah licin dan jalan berliku.

Hutan Cifor

Suasana Hutan Cifor di pagi hari saat sinar mentari menembus hutan

Usahakan saat tiba di lokasi masih pagi, karena kita bisa menghirup oksigen yang masih segar di Hutan Cifor. Satu pertanyaan yang masih mengganjal adalah siapakah yang memberi nama ke-tiga situ tersebut. Situ Gede, Situ Burung dan Situ Panjang. Tiga situ yang misterius dari Kota Bogor.

9852 Total Views 3 Views Today
Berkunjung ke Situ Gede, Situ Burung dan Situ Panjang di Kota Bogor
3 (60%) 3 votes
(Visited 3,363 times, 1 visits today)


About

Simple | Unique | Friendly


'Berkunjung ke Situ Gede, Situ Burung dan Situ Panjang di Kota Bogor' have 1 comment

  1. 07/13/2016 @ 3:34 pm mia

    keren…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool