Share on Pinterest
More share buttons
Perkemahan di Curug Seribu

Berkemah di Kawasan Curug Seribu Bogor

Anda boleh memilih menginap di hotel atau berkemah saat berwisata di Bogor. Bila lebih suka tinggal di penginapan, banyak pilihan hotel, dari hotel murah sampai hotel berbintang. Jika lebih memilih tinggal di tenda sambil menikmati keindahan alam, banyak alernatif tempat berkemah atau camping ground di Bogor. Suka-suka Andalah yang mana yang akan dipilih.

Ada sebuah tempat berkemah di Bogor yang bisa dijadikan pilihan berlibur. Di tulisan saya sebelumnya yang mengulas perihal petualangan ekstrim di Curug Seribu, ada area yang biasa dijadikan tempat berkemah. Lokasinya berada di sebelah kanan dan kiri jalur menuju curug. Tempatnya datar dan cukup luas untuk mendirikan tenda. Sumber air juga tidak ada masalah. Di dekat lokasi berkemah ada sungai yang airnya jernih yang bisa dipakai untuk memasak atau membuat teh atau kopi. Bila ingin buang hajat, tak perlu mencari belukar untuk nongkrong di situ. Tersedia toilet untuk buang hajat. Jika ingin mandi, mengapa harus mandi? Ah, maaf, itu saya. Anda bisa berpuas-puas diri mandi di sungai. Namun perlu saya ingatkan, udara di tempat kemah cukup dingin apalagi bila turun kabut, sehingga airnya juga akan menjadi dingin. Jadi, rencana untuk mandi barangkali bisa dijadikan pilihan alternatif saja. Cukup cuci muka atau badannya dilap bila berkemahnya hanya satu atau dua hari.

Perkemahan

Warung dan sungai di dekat lokasi perkemahan.

Hal lain yang barangkali menarik khususnya bagi mereka yang malas memasak, warung makan berderet di dekat lokasi berkemah yang buka hingga malam hari. Tentu saja mereka sengaja buka untuk melayani orang-orang yang berkemah di sekitar situ atau para pendaki yang akan menuju Kawah Ratu. Salah satu jalur yang suka dipilih pendaki yang ke Kawah Ratu memang melewati camping ground tersebut. Mulai dari menu wajib para pecinta alam yaitu mi instan sampai nasi plus lauk-pauknya disediakan warung-warung yang ada. Namun saya sendiri bila berkemah lebih memilih masak daripada jajan. Bukan apa-apa, rasanya ada yang hilang dari serunya berpetualang jika makannya bukan dari jerih payah sendiri. Tak ada bedanya dengan tidur di kamar dan makannya di warteg dekat rumah. Tapi santai saja, itu hanya pilihan. Mana pun yang dipilih, itu baik-baik saja.

Perkemahan di  Curug Seribu

Area perkemahan di sebelah kiri jalur menuju Curug Seribu. Lebih tenang, tak banyak yang lewat.

Dari dua area berkemah yang ada, yaitu di sebelah kiri dan kanan jalur menuju Curug Seribu, masing-masing bisa dipakai. Di sebelah kanan jalur, area lebih luas dan tempatnya berdekatan dengan jalan setapak itu sendiri. Dengan demikian, bila ada pelancong yang menuju ke curug, mereka bisa lihat mereka yang berkemah. Begitu juga sebaliknya. Ramai jadinya. Lebih-lebih bila yang melintas itu rombongan. Dan biasanya memang rombongan. Akibatnya yang berkemah tidak punya privasi. Kecuali memang sengaja ingin pamer dan menggonda rombongan gadis-gadis pelancong yang cantik.

Pilihan satunya adalah di sebelah kiri jalur. Lokasinya agak tersembunyi. Tempat untuk mendirikan tenda tidak seluas yang berada di sebelah kanan jalur. Untuk menuju area tersebut perlu jalan kaki sekitar seratus meter. Tempatnya tenang karena tidak dilewati dan tidak akan terlihat pelancong yang melintas menuju Curug Seribu. Orang yang lewat hanya pendaki yang akan menuju Kawah Ratu atau penduduk setempat yang akan mencari kayu di lereng Gunung Salak. Buat pencari ketenangan, ini pasti jadi pilihan.

Selamat camping.

9023 Total Views 3 Views Today
Berkemah di Kawasan Curug Seribu Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,960 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Berkemah di Kawasan Curug Seribu Bogor' have 1 comment

  1. 09/19/2017 @ 4:13 pm Exacta

    Syangnya ga disebut rinci biaya campingnya..jika sewa tenda berapa da. Jika baqa trnda aendiri berapa. Pe galaman serupa ternyata hanya utk camping dng tenda bawa sendiri saja mahalllll

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool