Share on Pinterest
More share buttons
Talas Bogor

Berburu Talas Bogor

Selain terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga identik dengan talas. Yup, wisata Bogor tentu tak lengkap tanpa mencicipi makanan yang satu ini. Tanaman yang termasuk dalam golongan umbi-umbian ini banyak tumbuh di Bogor, terutama daerah dataran tinggi. Talas tidak mengenal musim, ia tumbuh sepanjang tahun sehingga tak perlu khawatir tidak menemukan makanan sumber karbohidrat ini.

Berburu Talas Bogor

Sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Bogor, tidak sulit menemukan talas untuk dijadikan oleh-oleh liburan di Bogor. Jika kita berkunjung ke Kebun Raya Bogor, kita akan menemukan banyak penjual talas di sekitar pintu utama Kebun Raya yang bersebrangan dengan Pasar Bogor. Namun penjual talas di sini bisa dibilang unik. Harga talas akan jauh berbeda jika membeli pada hari biasa dengan akhir pekan. Jadi harus pandai menawar supaya mendapat harga terbaik. Tapi tentu tawarlah dengan harga yang masuk akal. Bagaimanapun, penjual talas di sana hanyalah pedagang kecil yang keuntungannya tidak banyak, mengingat talas didapat dari daerah yang cukup jauh dari pusat kota. 🙂

Selain di sekitar pintu utama Kebun Raya Bogor, kita bisa menemukan banyak penjual talas di daerah Sukasari. Tips jika ingin membeli talas: gunakanlah bahasa Sunda dan bersikap akrablah dengan penjualnya, niscaya mamang penjual talas akan memberi harga yang miring. :p

Jika ingin mencicipi talas kukus, kita bisa berjalan kaki dari pintu utama Kebun Raya ke Jalan Surya Kencana. Di sana ada gerobak penjual talas kukus yang biasanya berdagang di sore hari.

Talas Kukus Bogor

Talas Kukus | Sumber foto: dn-novita.blogspot.com

Manfaat Talas

Di berbagai daerah di Indonesia, talas masih menjadi makanan pokok pengganti nasi. Selain mengandung karbohidrat, talas juga mengandung protein, mineral, dan vitamin C. Kalori yang terdapat di dalam talas lebih rendah daripada kentang, talas juga rendah lemak dan protein dibandingkan dalam sereal dan kacang-kacangan, sehingga cenderung lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu, talas juga mengandung serat yang dapat membantu pencernaan.

Di Bogor, talas biasa disajikan secara tradisional, yakni dikukus dan diberi parutan kelapa. Talas kukus ini cocok sebagai pendamping teh dan kopi di pagi atau siang hari. Rasanya masyarakan Bogor tidak ada yang menjadikan talas sebagai makanan utama pengganti nasi. Padahal, konon talas sudah dibudidayakan manusia bahkan sejak zaman purba, jauh sebelum manusia menanam padi.

Oiya, meskipun kaya akan manfaat, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi talas. Talas harus diproses dengan baik dan juga dikonsumsi dalam jumlah yang wajar (sebagaimana makanan lain juga kan?). Jadi pastikan memasak dengan benar ya. 😉

Talas masa kini

Tidak suka atau bosan dengan talas yang hanya dikukus melulu? Jangan khawatir! Saat ini talas sudah disulap menjadi makanan modern yang banyak dicari: Lapis Bogor. Kue berbahan dasar tepung talas ini menjadi primadona dalam jajaran oleh-oleh khas Bogor. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak, ditambah taburan keju di atasnya, membuat kue ini sayang untuk dilewatkan.

Lapis Bogor

Lapis Bogor | Sumber foto: http://lapisbogor.blogspot.com/

Jika Anda berkunjung ke Bogor, sempatkanlah mampir ke gerai Lapis Talas Bogor Sangkuriang di Kompleks Ruko Bantar Kemang, Jl Raya Pajajaran No 20E. Peminat Lapis Bogor ini sangat banyak, jadi Anda harus bersabar mengantri, ya!

Selamat berburu Talas Bogor! 😉

21425 Total Views 9 Views Today
Berburu Talas Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 5,645 times, 2 visits today)



'Berburu Talas Bogor' have 11 comments

  1. 02/07/2015 @ 6:10 pm Adella Adiningtyas

    Lapis talas merek apa pun yang ada di Bogor tetep jadi juara buat lidah aku, Kak 😀 haha

    Reply

  2. 02/08/2015 @ 4:12 am mt

    sukaan talas jadul, cukup digoreng dan cocol sambel 😀

    Reply

    • 02/17/2015 @ 11:47 am Indri Guli

      Digoreng agak tipis dan kering, Om. Temennya kopi item. Seddaaaapp…

      Reply

  3. 02/10/2015 @ 11:03 am Kartika DwiPutriani

    aaaaaaah talaas kukusnya :((( *jadi lapeeer*

    Reply

  4. 09/14/2015 @ 11:51 am ferry moji

    Kak, bisa share info bandar talas di bogor dmana ya,, klo ada kontaknya lbh bagus lagi..
    terima kasih

    Reply

  5. 03/09/2016 @ 8:52 am JUFRI

    saya mau penelitiN TENTANG TALAS BOGOR
    BISA KASIH INFO APA ADA YANG MENJUAL ONLINE TALAH BOGOR?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool