Share on Pinterest
More share buttons
Buka Puasa di Bogor

Berburu Hidangan Berbuka Puasa di Jl Bangbarung – Bogor

Jalan Bangbarung terkenal sebagai sebuah ruas jalan di kota Bogor yang saat ini bertransformasi menjadi salah satu pusat kuliner di kota hujan ini. Banyak orang yang berwisata ke kota Bogor menyempatkan diri mengunjungi ruas jalan ini, bagaimana tidak, aneka kuliner nan menggoda hadir di jalan yang menghubungkan Jl Pajajaran dan Jl. Pandu ini. Sebut saja Soto Bang Ali, Sop Buntut Ibu Imas, Kedai Ewok Express, Rumah Kopi Ranin, Sop Duren Lodaya, Ayam Geprek Istimewa, Martabak Kingkong, Bakso Seuseupan dan masih banyak yang lainnya. Dan kemeriahan kuliner di kawasan ini akan bertambah berkali-kali lipat di bulan Ramadhan ini. Ya, menjelang berbuka puasa, muncul semacam “pasar kaget” di Jl Bangbarung ini yang menghadirkan beragam penjaja makanan/minuman dalam kios-kios dadakan, gerobak, pikulan, meja, motor bahkan mobil. Semuanya mengharapkan berkah rezeki dari para pemburu hidangan berbuka puasa.

Mie Gelosor

Mie Gelosor plus bumbu kacang

Hidangan yang paling banyak terlihat muncul di berbagai titik adalah Mie Gelosor dan Gorengan. Mie Gelosor adalah kudapan khas Bogor berupa mie aci berwarna kuning yang bertekstur licin. Biasanya dinikmati bersama bumbu kacang pedas yang dijual bersamanya. Tak lupa aneka gorengan menjadi teman setia yang melengkapi cita rasa mie gelosor ini. Umumnya gorengan yang menjadi teman mie Gelosor ini adalah tempe goreng dan bakwan (atau kalau di Bandung dikenal dengan nama bala-bala).

kerak telorKuliner khas Jakarta yang di hari lain tidak mudah ditemukan di Bogor juga muncul di pasar kaget ini: Kerak Telor. Paling tidak ada dua pedagang kerak telor yang sudah bersiap memasak pesanan pelanggannya sejak pukul empat sore, yang satu berada di jembatan Mesjid Ar Rahman dan satu lagi tepat di gerbang SD Bantarjati 9. Karena dimasaknya satu persatu, maka bagi yang mau mesan kudapan yang satu ini harus rela mengantri.

Lumpia Basah

Lumpia Basah

Lumpia Basah, jajanan yang satu ini cuma tampak di Bandung dan Bogor. Loh bukannya Lumpia terkenal dari Semarang? Nanti dulu, lumpia yang ini beda dengan Lumpia Semarang. Jika lumpia semarang bahan utama isiannya adalah rebung, maka lumpia basah yang satu ini didominasi oleh toge bersama telur dan olahan bengkoang, yang ditumis bersama, kemudian dituang di atas kulit lumpia yang sudah dilumuri dengan “bumbu” dari tepung kanji dan gula merah. Di bagian akhir digulung dengan daun pisang dan disantap menggunakan sumpit. Sedep dah pokoknya…. Penjaja Lumpia Basah di Jl Bangbarung ini muncul di dua titik, satu di jembatan dan satu lagi di depan SD Bantarjati.

Kelapa Muda

Pedagang Kelapa Muda

Untuk seger-segernya penjaja es buah dan es kelapa muncul di beberapa titik. Es buahnya memiliki gagrak yang serupa, aneka buah seperti melon, pepaya, jambu, kelapa muda, timun suri dan sebagainya dipadupadankan dengan jelly, rumput laut dan kolang kaling yang “dibungkus” dalam kuah susu bertaburkan es batu. Sementara penjaja es kelapa umumnya menjual “keaslian” air dan buah kelapa, tanpa tambahan gula atau susu.

Aneka Lauk Pauk

Bertransaksi Aneka Lauk Pauk

Malas masak di rumah? Tenang perburuan hidangan buka puasa di Jl Bangbarung ini juga bisa kita arahkan untuk berburu aneka lauk pauk. Sepintas terlihat ada buntil daun singkong, sayur asem, ayam bumbu kuning siap goreng, sayur nangka, tumis oncom, kangkung dan sebagainya. Lengkap deh pokoknya.

Jalan Bangbarung Bogor

Ramainya Ruas Jl Bangbarung menjelang berbuka

Masih banyak lagi hidangan yang tersaji di Pasar Ramadhan Jl Bangbarung ini, sebut saja ketupat sayur, cingcau, batagor, siomay, bubur kampiun, pempek, martabak, roti maryam dan seterusnya dan sebagainya. Kayaknya satu bulan kita berpuasa bisa menikmati aneka hidangan berbuka yang berbeda jika belanja di sini. Titik terpadat ada di depan Masjid Ar-Rahman dimana puluhan pedagang berjualan di depan pagar maupun di seberang mesjid ini. Tak heran kepadatan lalu lintas tak terhindarkan di setiap menjelang waktu berbuka di ruas jalan ini. Jadi mau ikut saya berburu hidangan berbuka puasa di sini?

5339 Total Views 7 Views Today
Berburu Hidangan Berbuka Puasa di Jl Bangbarung – Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,428 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'Berburu Hidangan Berbuka Puasa di Jl Bangbarung – Bogor' have 1 comment

  1. 06/25/2015 @ 1:39 pm Uniek Kaswarganti

    Saya ikut maaasss… jajanannya bikin ngiler semua. Yg mie gelosor itu nggak ada nih di Semarang, sama itu yg lumpia versi Bandung & Bogor 😉

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool