Share on Pinterest
More share buttons
bakso bening bogor

Bakso Bening Bogor Segar Hangat di Kota Hujan

Bogor terkenal sebagai kota hujan. Dengan posisi strategis Kota Bogor yang terletak diantara 106 480 BT dan 6 360 LS serta mempunyai ketinggian rata rata minimal 190 meter, maksimal 350 meter, kemiringan lereng antara 0-3%, 4-15%, 16-30% dan diatas 40% dengan jarak dari Ibu Kota kurang lebih 60 Km, Kota ini juga di dataran tinggi yang dikelilingi Gunung Salak, Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Oleh karena letaknya ini, kota bogor dikenal dengan sebutan Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang tinggi yaitu berkisar 3.500 – 4.000 milimeter pertahunnya.

Kontur kota Bogor dengan ketinggian dari permukaan laut minimal 190 meter dan maksimal 330 meter, memiliki udara rata – rata setiap bulannya adalah 26oC dan suhu udara terendah 21,8o C, dengan kelembaban udara kurang lebih 70%. Sedangkan curah hujan cukup besar setiap tahunnya yaitu berkisar antara 3500-4000 mm dengan luas 4.992,30 Ha, antara 4000-4500 mm dengan luas 6.424,65 Ha, dan antara 4500-5000 mm dengan luas 433,05 Ha, terutama pada bulan Desember sampai dengan bulan Januari. Wajar kalau kota ini memiliki curah hujan tinggi kan?

Si Kota Hujan ini tentu memiliki aliran sungai yang banyak, yang mengalir menuju Jakarta yang lebih rendah dari gunung di sekitar bogor. Bogor dialiri beberapa sungai yang permukaan airnya jauh dibawah permukaan Kota, yaitu Sungai Ciliwung, Cisadane, Cipakancilan, Cidepit, Ciparigi, dan Cibalok. So, Kota Bogor “aman” dari bencana banjir jika tak banyak kerusakan alam lingkungan yang terjadi.

Luas kota ini tak begitu besar, hanya 0,27% dari luas propinsi Jawa Barat. Kota Bogor ini terdiri dari 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bogor Selatan, Bogor Utara, Bogor Timur, Bogor Barat, Bogor Tengah dan Tanah Sareal, yang meliputi 68 Kelurahan.

Sebagai salah satu bagian dari propinsi Jawa Barat, Kota Bogor merupakan penyangga Ibu Kota Negara yang memiliki Aset yang luar biasa. Misalnya, Wisata Ilmiah yang bersifat Internasional (Kebun Raya). Pusat Kota Bogor terletak 100 Km disebelah Selatan dari Pelabuhan Sunda Kelapa yang pada jaman dahulu kala merupakan pelabuhan terpenting bagi Negara Pakuan Pajajaran, kerajaan yang berpusat di sekitar Batu Tulis di Selatan Kota Bogor. Selain itu, di era modern ini, Bogor menjadi tujuan wisata kuliner dan pariwisata bagi penduduk Jakarta, terbukti dengan tingginya arus kendaraan menuju Bogor setiap akhir pekan.

Apabila berjalan-jalan di Kota Bogor, kita harus siap dengan kondisi hujan yang mendadak. Walau demikian, animo masyarakat untuk berwisata kuliner di bogor maupun mencari tempat wisata keluarga tak surut. Paling-paling, Ezytravellers yang berwisata akan mencoba beragam kuliner yang pas di waktu hujan atau gerimis di Kota Bogor. Bakso, mungkin salah satu yang favorit.

Nah, soal Bakso, ada banyak kedai di Bogor yang terkenal. Walau demikian, ada pula pilihan lain yang bersifat kaki lima dan gerobakan. Rekomendasi saya, adalah bakso bening bogor. Bakso Bening ini khas, karena kuahnya yang bening dan menghirup kuahnya seperti sop yang lezat serta menyehatkan.

20161212_132423

bakso bening bogor

Pilihan isinya juga macam-macam. Ezytravellers bisa meminta mie, kwetiau atau bihun. Saya sukanya sih campur aja semuanya biar semua tercicipkan. Baksonya lembut dan tak banyak variasi. Bakso daging bulat kecil saja. Katanya sih, bakso bening memang begitu. Rasanya segar dan sehat. Cocok dimakan ketika istri atau keluarga berbelanja di dalam, kita bisa makan bakso bening di parkirkan. Pun cocok juga kalau selepas belanja, melipir makan bakso dulu sebelum lanjut berwisata. Tak perlu serius dulu cari kedai bakso. Semacam camilan aja.

Dimana sih, bakso bening bogor yang legendaris ini bisa ditemukan? Ada beberapa tempat mangkal bakso gerobak ini. Salah satunya di depan Baby House, toko produk bayi yang rame di Bogor karena terkenal murah. Dipojok kiri ruko, bakso bening mangkal. Alamatnya di Jalan Padjadajaran, sebelum menuju Lippo Mall/Ekalokasari Plaza. Jadi tepat setelah Bale Binarum, setelah Eraphone. Jangan kelewat, setelah lampu merah soalnya sudah masuk ke Jalan Raya Tajur loh.

Tempat yang kedua juga strategis. Di depan supermarket yang legendaris di Kota Bogor. Namanya NGESTI. Tempatnya tak jauh dari Terminal Bus Baranang Siang dan didepan Mall Botani Square. Disana ada bakso bening yang juga sama nikmatnya.

bakso bening bogor

bakso bening bogor

bakso bening bogor

bakso bening bogor

Jangan remehkan gerobaknya, karena bakso bening bogor ini sangat nikmat loh, terutama pas hujan-hujan. Harganya pun ngga mencekik kantong.  Di lokasi di depan Baby House, kamu bisa juga minumnya selain teh dalam botol atau air mineral, ada juga penjual es dawet bogor yang bersih dan nikmat, karena merupakan usaha kuliner binaan IPB (Institut Pertanian Bogor). Harga bakso bening bogor hanya Rp 13 ribu rupiah saja. Pentol bakso beningnya lumayan banyak loh.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel terbaik di bogor, tiket pesawat termurah, terbaik, sekaligus aplikasi visa online

So, kalau sedang di bogor, hari mendung, atau habis hujan, enaknya ngebakso sambil aktivitas belanja tetap berjalan, cari saja bakso bening bogor yang suka mangkal di depan ruk0 ini. Murah, segar dan jadi favorit banyak orang yang belanja dan wisata di Bogor.

 

 

 

2404 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 305 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Bakso Bening Bogor Segar Hangat di Kota Hujan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool