Share on Pinterest
More share buttons
Dramaga

Babakan Raya Dramaga, Pusat Aktivitas Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Bogor, selain terkenal dengan destinasi wisatanya, bogor juga terkenal dengan kampus pertanian terbesar di Indonesia, yaitu Institut Pertanian Bogor. Institut Pertanian Bogor atau yang biasa disingkat IPB terletak di lima tempat yang ada di Bogor, yaitu Kampus Baranang Siang, Kampus Dramaga, Kampus Gunung Gede, Kampus Cilibende, dan Kampus Taman Kencana. Kampus Dramaga merupakan pusat dari Institut Pertanian Bogor di mana rektorat kampus ini berada. Jika anda sedang berwisata di Bogor, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kampus rakyat ini, entah untuk sekedar berfoto di Taman Rektorat atau mengikuti paket wisata edukasi dari Agroedutourism di kampus ini.

Namun jika anda hanya memiliki sedikit waktu, anda dapat melakukan wisata lain di sekitar Kampus IPB Dramaga ini, apa lagi kalau bukan wisata kuliner. Seperti kebanyak kampus yang ada di Indonesia, Institut Pertanian Bogor ini punya pusat kuliner yang beraneka ragam dan harganya sangat cocok untuk kantong mahasiswa alias harganya yang murah. Pusat kuliner dan jajanan khas mahasiswa dapat anda temui di samping kampus rakyat ini, tempat tersebut bernama Babakan Raya atau biasa dikenal dengan sebutan BARA. Di Bara Anda dapat menemui kios makanan dari ujung depan hingga ujung belakang. Ujung depan bara dimulai dari pertigaan Jalan Raya Dramaga sampai ke pintu kecil Berlin kampus IPB. Untuk memudahkan anda memilih kios makan yang akan anda kunjungi, anda disarankan untuk berjalan kaki menyusuri Jalan Babakan Raya ini. Makanan yang dapat anda temui di sini tentu saja beraneka macam, anda dapat menemukan seblak, cireng rujak, lumpia basah, gehu (toge tahu), masakan sunda, bahkan masakan jepang pun dapat anda temukan di sini.

Sumber: korpusipb[dot]com

Tidak hanya jajanan yang murah, di Babakan Raya juga terdapat banyak usaha indekos untuk mahasiswa sehingga letaknya menjadi sangat strategis bagi pedagang makanan yang ingin menjajakan dagangannya di sini. Tak hanya indekos dan pusat kuliner, di Babakan Raya ini juga terdapat minimarket yang menjual kebutuhan sehari-hari untuk mahasiswa atau masyarakat yang tinggal di Dramaga dan sekitarnya. Selain itu ada juga toko alat tulis yang terkenal dengan harganya yang murah, tak heran setiap tahun ajaran baru toko ini selalu dipadati pengunjung yang ingin mencari alat tulis murah dan berkualitas serta desainnya yang unik. Selain yang sudah disebutkan tadi, di Babakan Raya juga kita dapat menemukan beberapa kios elektronik, pakaian dan hijab.

Bara makin menunjukkan geliat aktivitasnya di hari Minggu pagi, di mana tidak ada kegiatan perkuliahan di hari ini dan banyak orang yang mengunjungi kampus IPB Dramaga untuk berolahraga. Bara di hari Minggu pagi menyajikan pemandangan yang luar biasa ramai, ya, karena di hari Minggu pagi Bara berubah menjadi pasar dadakan atau biasa dikenal dengan sebutan pasar kaget bara. Pengunjung yang datang ke pasar kaget bara tidak hanya mahasiswa yang mencari sarapan atau barang-barang rumah tangga untuk kosan, tetapi pengunjungnya datang dari berbagai lapisan masyarakat yang tinggal di sekitar Dramaga.

Sumber: antarabogor[dot]com

7342 Total Views 3 Views Today
Babakan Raya Dramaga, Pusat Aktivitas Mahasiswa Institut Pertanian Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,264 times, 1 visits today)



'Babakan Raya Dramaga, Pusat Aktivitas Mahasiswa Institut Pertanian Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool