Share on Pinterest
More share buttons
Ayam Kremes Sangar

Ayam Penyet Sangar Edisi Mahasiswa, Digigit Sambalnya Gigit Balik

Itu-lah tulisan di lembaran menu berlapis laminating di Ayam Penyet Sangar. Digigit, Sambalnya Gigit Balik. Ayam Penyet Sangar ini adalah tempat makan ayam yang berkembang dengan dukungan para mahasiswa IPB terutama D3 dan ekstension yang berkuliah di kampus Baranang Siang dan kampus jalan Kumbang.

Ya, warung sederana di Jalan Malabar ini memang lokasi kost-kostan yang ramai. Juga jalan alternatif menuju Rumah Sakit PMI hingga mentok Ke Mall Botani Square. Biar jauh, berjalan kaki menelusuri jalan yang rimbun pepohonan ini membuat mahasiswa betah, apalagi sambil bercanda-tawa beramai-ramai. Hitung-hitung wisata di bogor.

Ayam penyet ini berlokasi tidak jauh dari pangkal pertigaan Malabar ke Bogor Baru dan pertigaan McD dan Kampus IPB Jalan Kumbang. Jadi kamu bisa berjalan kaki, maupun naik motor ke warung ini. Dulu, ketika buka, saya merasakan kesangaran dan kesadisan sambel-nya. Dengan keunggulan lain, yakni bebas nambah nasi alias refill, juga harga yang sangat terjangkau di kantong mahasiswa.

Alasan ini pula yang membuat warung ini berkembang, dan belakangan menambah space dengan menyewa ruko disebelahnya sebagai tempat khusus ruangan ber-AC yang Dilarang Merokok. Jadi kamu yang ingin bebas asap rokok, kalau sekiranya bertepatan dengan para ahli hisab yang habis makan sambel kepedasan, minum jus dan mencuci mulut pakai asap, nah, ambil aja di bagian dalam. Nyaman ber-AC.

Mari kita tengok menu andalannya. Ada lima tipe Ayam Penyet yang disajikan, Yaitu Ayam Penyet Sangar, Ayam Penyet Sadis, Ayam Penyet Jail, Ayam Penyet Jutek dan Ayam Penyet Selow. Berdasarkan urutan, Sangar menuju Selow adalah sangat pedas ke kurang pedas.

Ayam Penyet Bogor

Uniknya, penyet dari ayam ini bukan karena kuantitas cabai pada sambal yang diberikan, namun memang berbeda-beda jenis sambal. Yang paling menggigit, dan kata buku menu nya gigit balik, itu sambal penyetnya semacam sambal korek, yang cabai “kering” dengan biji bersama minyak pedas. Sedangkan yang saya sukai, yaitu Sadis, dengan sambal terasi yang gurih dan juga pedas. Berturut turut untuk yang versi Jutek dan Selow, adalah sambal bawang dan sambal cabe hijau. Kebetulan saya selalu pesan yang Sadis karena sambalnya lebih gurih dan saya lebih suka.

Ayam Penyet Bogor

Paket peyajian Ayam ini dengan lalapan daun kubis dan potongan mentimun, serta “kremes” yang gurih. Sebenarnya rada aneh, karena sajiannya sih menurut saya nggak lagi “penyet” karena hanya ditaburkan diatasnya. Ayamnya sendiri tidak ditumbuk hingga “penyet”. Selain Ayam ada pula menu ikan goreng dan tahu goreng. Semua cucok dengan cocolan sambal yang enak ini. Dulu, ada kupon makan 5 kali gratis 2x gitu deh. Sebelum seramai sekarang tapi.

Ayam Penyet Bogor

Namun tidak masalah. Yang penting murah dan enak serta bersih loh. Nah menu ikan dan tahu sekarang sudah bertambah Soto Ayam. Lumayan juga enaknya. Sama sih seperti di gerobakan untuk rasa dan harga, tapi lebih bersih sepertinya, karena saya icip ngga begitu terasa adanya mecin atau penyedap seperti di gerobakan. Dan lebih leluasa memakannya di ruang ber-AC.

Ayam Penyet Bogor

soto dengan sambalnya. Bahkan Sambal sederhana soto ini pun enak dicocol dengan Ayam dan Tahu

Ngomong-ngomong harga, sesuai foto, harganya sangat bersahabat. Baik makanan or minumannya. Tak mengherankan, tempat ini menjadi favorit. So, silakan deh dicobain, karena dengan kualitas yang cukup baik seperti Resto papan atas, ayam penyet sangar ini, kamu bisa dapatkan dengan harga murah. Nasinya bebas refill pula, cocok buat mahasiswa yang makannya banyak tapi duitnya nggak. Hehe..

Ayam Penyet Bogor

Ini nih menu utama warung Ayam Sangar. Lima Jenis Ayam Penyet dan Soto serta side dish lainnya

Ayam Penyet Bogor

Minuman-minuman  yang cucok dengan kantong mahasiswa. Plus Refill nasi gratis

11135 Total Views 6 Views Today
Ayam Penyet Sangar Edisi Mahasiswa, Digigit Sambalnya Gigit Balik
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,860 times, 2 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Ayam Penyet Sangar Edisi Mahasiswa, Digigit Sambalnya Gigit Balik' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool