Share on Pinterest
More share buttons
ayam gepuk ecoraos

Ayam Gepuk Eco Raos Bogor, Raos Pisan!

Ayam Gepuk (juga Daging Gepuk, Bebek Gepuk) adalah menu yang mungkin familiar di Jawa Barat. Ya, Resep ini sejatinya merupakan warisan kulinari leluhur sunda, sebagai makanan khas yang sudah menasional dan disukai. Menurut Bahasa Indonesia, gepuk itu kira-kira artinya gebuk. Dipukul sampai empuk. Kalau jaman dulu, ibu kita dan nenek kita suka menjemur kasur dan dipukul-pukul dengan pemukul dari rotan sehingga debu dan kutu keluar, itu digepuk.

Secara bahasa kuliner, Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk.

Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan, kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat.Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambel yang sudah disediakan.

Kalau bahasa Sundanya mah, Gepuk (atawa sok disebut ogé empal) nyaéta jinis kadaharan anu bahan poko nyieunna tina daging (ilaharna mah daging sapi), nu saterusna disamaraan ogé dikulub mangjam-jam, geus kitu kakara wéh digoréng. Dina kahirupan sapopoé, gepuk téh kadaharan nu sok disuguhkeun minangka deungeun sangu. Gepuk atawa empal téa anu pangkakoncarana mah nyaéta gepuk asal Kota Bandung, nikakeun ku urang deungeun mah gepuk téh dianggep minangka kadaharan has tatar sunda. Margalantarannana mah nyaéta ku sabab rasana anu sedep tur dagingna hipu, gampang digayemna ogé henteu liat.

Nah, belakangan ini gepuk tak hanya empal daging. Namun juga Ayam. Ya, selama modelnya dibuat seperti itu, sepertinya judulnya tetap gepuk. Salah satu restoran yang terkenal dengan Empal gepuk dan Ayam gepuknya, adalah Ayam Gepuk Eco Raos. Unik, karena gepuk itu biasanya empal, dan ayam itu biasanya ayam penyet.

Tapi memang di ayam gepuk Eco Raos yang sudah ada cabangnya dimana-mana ini sudah jaminan masakan gepuk berkualitas. Jadi tak heran, semakin lama, Eco Raos semakin besar dan re-branding dengan konsep lebih untuk family.

Misalnya, di Jalan Ahmad Adnawijaya alias Pandu Raya ini. Ayam Gepuk Eco Raos yang ada disini merupakan konsep resto yang pas untuk keluarga. Sebelumnya, Ayam Gepuk Eco Raos ini berada tak jauh dari tempat yang sekarang. Dulu juga sudah ramai, sekarang pun sepertinya iya.

tiket mudik murah

Walaupun cabangnya sudah banyak, Eco Raos masih memiliki kekhasan dari keempukan ayam, empal maupun bebeknya (jika Bebek Gepuk Eco Raos, di cabang yang lain). Selain itu, menu lauknya juga enak. Misalnya ada Cah Kangkung, Oseng-oseng daun pepaya, Genjer, juga menu lain seperti nasi goreng.

Oke, mari kita liat ya menu nya. Menu utama, tentu Ayam gepuk, sebagai menu andalannya.  Tidak lupa, sambal yang lezat dan pedas gurih. Untuk ayam gepuk ini juga ada paketnya, jadi Ezytravellers ngga perlu bingung ya, tinggal beli paketan aja karena isinya sudah komplit. Selain Ayam gepuk, tentu ada empal gepuk, dan ditambah, lele goreng crispy yang enak. Silakan saja dipilih, yang penting, ke-khas-an eco raos dengan sambal gepuknya kamu dapatkan ya ezytravellers.

ayam gepuk

ayam gepuk eco raos

Oseng-oseng daun pepaya ini enak, tidak terlalu pahit dan tetap berkhasiat tinggi. Selain itu, gurihnya cah kangkung bisa kamu kombinasikan dengan ayam gepuk yang Ezytravellers pesan. Maknyusss.

ayam gepuk

oseng daun pepaya, cah kangkung, jamur tumis

ayam gepuk eco raos

cah kangkung dan jamur tumis

Menu lainnya, Ezytravellers bisa pesan nasi goreng yang pulen. Bukan nasi  goreng yang bulirnya terpisah seperti biasa kita beli, nasi goreng ini rada lengket satu sama lain. Jadi silakan sukanya seperti apa. Kalau tipe nasgor ini biasanya juga enak, karena nasinya juga pulen dan empuk.

ayam gepuk

nasi goreng eco raos

Di Ayam Gepuk Eco Raos ini, ada juga kerupuk Gendar dan lemari yang menunjukkan ke tradisional-an. Camilan lain yang bisa kamu pesan, ada Jamur Crispy dan juga Tempe Kemul dengan cabai.

ayam gepuk eco raos

Tempe kemul dan Jamur goreng crispy

Selain di tempat makan di bawah, ada pula lesehan di lantai atas. Tapi malam itu, kami memilih yang simpel saja, di meja besar di bawah bersama keluarga.

ayam gepuk

kerupuk gendar

ayam gepuk eco raos

lemari tradisional, didalamnya ada botol-botol sirup pala

ayam gepuk eco raos

ayam gepuk eco raos

Suasana di dalam Ayam Gepuk Eco Raos
2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

Ayam gepuk eco raos memang menjadi favorit, sebagaimana Bebek gepuk eco raos dan beragam warung makan/resto eco raos lainnya yang sudah tak diragukan lagi kualitas masakannya, terutama gepuk ala sunda yang nikmat.  Jika mencari menu kuliner ayam, beberapa rekomendasi resto seperti ayam goreng,  ayam bakar kremes sudah pernah pula Hellobogor ulas. Nah, kalau mau mencari restoran masakan sunda yang sajikan ayam gepuk, coba deh cari logo eco raos, dan kalau ketemu, tak usah ragu untuk masuk dan makan, karena so pasti, ada menu gepuk yang enak, raos pisan!

1643 Total Views 12 Views Today
Vote Us
(Visited 275 times, 2 visits today)


'Ayam Gepuk Eco Raos Bogor, Raos Pisan!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool