Share on Pinterest
More share buttons
Asinan Bogor

Asinan Bogor

Seperti sayur tanpa garam jika liburan di Bogor tidak merasakan kuliner khas, yaitu Asinan Bogor. Asinan ada 2 jenis, pertama Asinan buah-buahan dan Asinan Sayuran. Makanan khas Bogor yang satu ini tidak pernah terlupakan oleh para traveler. Toko Asinan yang pertama di Bogor adalah yang berlokasi di Jalan Surya Kencana sejak tahun 1968. Dan yang kedua berlokasi di Gedong Dalam sekitar tahun 80-an. Asinan ini merupakan daya tarik wisata Bogor tersendiri.

Asinan buah-buahan terdiri dari  berbagai jenis buah-buahan  yang diasinkan seperti Mangga Muda, Jambu Air, Kemang, Menteng, Anggur Bogor, Kedondong, Bengkuang, Nanas dan Pala yang disajikan dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng. Bagi saya yang membuat terkesan dengan asinan ini adalah buah Menteng yang membuat segar di mulut, rasanya asem-asem segar.

Asinan Bogor

Menurut Kang Aam sang pemilik Asinan Bogor yang berada di depan Museum Zoologi ini, merupakan Toko Asinan yang ketiga dan berdiri sejak tahun 1990-an masih ada kaitan dengan Asinan yang di Surya Kencana. Satu porsi asinan di sini harganya Rp 18.000 baik itu yang buah ataupun sayuran sama saja. Selain asinan di jual juga beberapa panganan khas Bogor lainnya di kedai Kang Aam ini.

Cabai, Asinan Bogor

Hari ini saya merasa sangat beruntung sekali, Kang Aam mengizinkan saya untuk melihat proses pembuatan Asinan ini di dapur. Ada pegawai yang sedang membersihkan biji cabai merah, ada juga yang sedang mengupas buah Kemang. Cabai merah yang sudah di bersihakan lalu di giling sehingga menjadi lembut dan siap untuk dijadikan bumbu Asinan ini. Satu baskom cabai giling ini, bisa habis dalam waktu 2-3 hari, namun jika toko ramai bisa saja habis dalam 1 hari cabai giling itu.

Museum Zoologi

Pembeli Asinan ini lebih banyak yang di bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh daripada yang langsung menikmati di toko. Ada juga beberapa pengunjung yang menikmati asinan ini di toko langsung, sebelum di makan terlebih dahulu di foto asinan untuk di upload ke sosial media.

Untuk mencari toko asinan ini sangatlah mudah, karena lokasi yang sangat strategis di depan Museum Zoologi dan Pintu Gerbang Kebun Raya Bogor.

17675 Total Views 16 Views Today
Asinan Bogor
4 (80%) 4 votes
(Visited 3,040 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Asinan Bogor' have 5 comments

  1. 02/11/2015 @ 7:12 pm Angga Dwinovantyo

    Asinan itu memang sangat enak dan unik rasanya, hihi salah satu alasan kenapa harus pulang ke Bogor 🙂

    Reply

  2. 02/18/2015 @ 1:53 pm Rodame MN

    Oh ada toh disitu, lain kali bolehlah beli disitu kayaknya lebih terpercaya yang bikin asinannya aku biasa suka beli yang disebelah ngesti depan botani square, itu juga enak sih tapi lain kali mau coba ini deh deketlah masih bogor kota juga 🙂 sayangnay penampakan asinan dalam sepiring penuh itu gak keliatan padahal wiskul gak lengkap kan klo tanpa foto makanannya hihi

    Reply

  3. 07/12/2015 @ 4:44 pm 07108

    thanks info tmpt makannya gan

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool