Share on Pinterest
More share buttons
chinese food bogor

Makan Kenyang Chinese Food Bogor di Aguan

Menurut Wikipedia, Bogor merupakan pakuan atau pusat dari kerajaan sunda. Bahkan sering disebut kerajaan Pakuan. Nah, Kerajaan Pakuan Pajajaran atau Pakuan (Pakwan) atau Pajajaran adalah ibu kota (Dayeuh dalam Bahasa Sunda Kuna) Kerajaan Sunda Galuh yang pernah berdiri pada tahun 1030-1579 M di Tatar Pasundan, wilayah barat pulau Jawa. Lokasinya berada di wilayah Bogor, Jawa Barat sekarang. Pada masa lalu, di Asia Tenggara ada kebiasaan menyebut nama kerajaan dengan nama ibu kotanya sehingga Kerajaan Sunda Galuh sering disebut sebagai Kerajaan Pajajaraan.

Makanya, sudah jelas ya kalau penduduknya suku Sunda. Namun demikian, karena letaknya yang dekat dengan pusat pemerintahan (Jakarta, dulu Batavia) maka Bogor pun dihuni oleh banyak suku atau etnis lainnya sebagai pendatang. Di kabupaten Bogor, misalnya di Kecamatan Cibinong populasi orang Jawa mencapai 32% dan di Kecamatan Gunung Putri 30%. Sementara di Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Tanjungsari populasi orang Jawa dibawah 3%.  Walaupun sepersepuluh penduduknya dari kabupaten, Kota Bogor juga memiliki proporsi suku yang kurang lebih sama.

Keberagaman etnis ini juga termasuk pendatang dari etnis tionghoa. Kabarnya, pengungsi Tionghoa bersuku Hokkian yang dulu ada di Batavia. Karena adanya “geger pecinan”, yang merupakan kerusuhan etnik tionghoa di Batavia, banyak pengungsi ke Buitenzorg (Bogor) untuk menenangkan diri dan berdagang lagi. Apalagi, Buitenzorg bermakna “tanpa kecemasan” kalau dari bahasa Belandanya.  So, di Bogor ini, semua etnis berbaur, mencari rejeki, tanpa kecemasan. Eaaaa.

Nah, soal makanan, selain khas bogor yang beranekaragam, ada pula chinese food yang sudah sejak lama ada di Bogor. Beberapa chinese food yang turun temurun di Bogor antara lain restoran Yunsin, Seafood Hosana, Tahu Yunyi, juga, Chinese Food Aguan. Semuanya lekat dengan lidah orang bogor walaupun jelas-jelas bernama merk dagang berbau-bau Tionghoa.

Tanpa kecemasan, alias Buitenzorg, semua chinese food yang saya sebutkan diatas adalah Halal kok. Tanya aja sama yang masak, hehe.. karena biasanya, chinese food Bogor itu yang masak orang lokal. Bos nya yang dulu mungkin dua puluh atau tiga puluh tahun lalu memasak, sudah pensiun. Sekarang full dikerjakan karyawan yang orang bogor, dan, hampir semuanya, muslim.

Aguan Chinese Food misalnya. Resto chinese food bogor di bilangan Pandu Raya ini juga mempekerjakan koki dan pelayan yang semuanya lokal. Bahan-bahan memasak pun halal dan jelas. Walau demikian, cita rasa khas negeri tiongkok dengan bumbu asin asem nya tetap enak di lidah.

Aguan Chinese food ini lumayan strategis, dan berkonsep open kitchen alias memasaknya di depan dan di tempat terbuka. So, kita bisa melihat mereka memasak seperti apa. Menu-menu disini lumayan banyak. Khas chinese food. Mulai dari capcay, nasigoreng, ifumie, hingga jenis-jenis cumi dan ayam kuluyuk dan kawan-kawan.  Juga minumnya, ada Es kacang merah dan es campur. Namun demikian, harga air teh tawar dan air aqua menurut saya lumayan mahal. Karena Aqua dibanderol Rp 6000 dan teh tawar pun berbayar Rp 2000.

 

Lokasi Aguan juga strategis. Berada di Pandu Raya, tempatnya tidak jauh dari Jembatan Layang maupun sentra kuliner kanan-kiri jalan arteri Pandu Raya yang sekarang ramai dengan aneka Kuliner. Konsep kafe tenda kaki lima dipertahankan, walaupun Chinese Food Bogor ini merupakan restoran yang lengkap dengan AC alias non smoking room loh. Banner kuning-kuning melengkapi kesan kaki limanya, selayaknya Warkop.

Selain itu, open kitchen Aguan yang persis dipinggir jalan Pandu Raya membuat aroma masakan tercium sedap. Cara memasak dengan beragam panci besar Wok (penggorengan bulat) juga menarik. Lengkap dengan sedikit akrobat dan api-api besar yang sengaja diciptakan untuk memberikan sentuhan terbakar yang membuat hidung makin penasaran dengan hasil masakannya.

Smoking Room di Aguan juga ada. Menarik untuk keluarga yang akan makan dengan membawa anak kecil, maupun meeting kecil-kecilan. Di Aguan, ruangannya seperti ruang makan rumah, sehingga lumayan nyaman dan juga AC nya dingin.

chinese food bogor

hotplate cah kangkung cumi, porsi besar. Tambah nasi lagi terpisah.

Jika Ezytravellers makan bareng keluarga, silakan pilih menu-menu yang ala carte, karena setiap menu yang berkisar 25 ribu – 40 ribu ini memang dibuat banyak, dengan porsi besar alias porsi family. So, kalau Ezytravellers berlima misalnya, bisa makan dengan tiga menu, dan itu mengenyangkan sodara-sodara. Silakan diklik untuk memperbesar image dari menu di aguan chinese food bogor ini ya.

Jika makan sendirian, jangan khawatir tidak habis karena kekenyangan, karena ada paket-paket yang berupa nasi dan lauk yang bisa kita pilih. Pas dengan porsi satu orang, hemat, dan juga pas dengan perut keroncongan.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di BogorPaket Wisata murah dan bisa bikin visa online dengan budget terjangkau. Mau?

Yuk, kalau mau makan kenyang, beragam menu chinese food di bogor yang ada di Aguan, Chinese Food Bogor di Pandu Raya ini layak kamu kunjungi bersama-sama teman-teman.

603 Total Views 1 Views Today
Makan Kenyang Chinese Food Bogor di Aguan
Vote Us
(Visited 355 times, 1 visits today)

About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Makan Kenyang Chinese Food Bogor di Aguan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool