Share on Pinterest
More share buttons
parebut seeng

Adu Jaten Parebut Seeng

Berbicara tentang Bogor tidak akan pernah habis. Banyak hal yang bisa dijadikan alternatif untuk Liburan di Bogor bersama keluarga. Salah satu yang bisa dijadikan wisata di Bogor tentang Kampung yang tertua di Wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Kampung ini sudah diperkirakan ada dari abad XII, yang tercatat dalam naskah pantun Bogor dan Babad Pajajaran, yaitu Desa Sindang Barang.

Untuk sampai ke Desa Sindang Barang ini dari stasiun kereta Api Bogor bisa menggunakan angkutan kota 02 Jurusan Terminal Bubulak/Laladon – Sukasari, turun di Bogor Trade Mall (BTM) setelah itu sambung Nagkot 03 Jurusan Ciapus-Ramayana yang ada tanda SBR (SindangBarang). Kurang lebih 5 Km dari pusat kota Bogor ke Desa ini, bila tidak macet dapat di tempuh dalam waktu 30 menit. Disini pula kebudayaan Sunda Bogor bermula dan bertahan hingga kini dalam wujud Upacara Adat Seren Taun.

Seren taun ini seakan menjadi puncak dari kegiatan desa Sindang Barang ini, karena durasi acara sekitar 1 minggu maka banyak sekali pengunjung yang melihat acara seren taun ini. Namun  Selain acara seren taun, selalu ada acara di Desa ini, salah satunya kemarin (17/5) ada juga pasanggiri Adu Jaten Parebut Seeng yang digelar.

parebut seeng

Pasang peserta yang serta memperebutkan Seeng

Pasanggiri “Adu Jaten Parebut Seeng” dengan diikuti kurang lebih 60 pasang pendekar dari berbagai perguruan Pencak Silat di berbagai wilayah Bogor yang terbagi ke dalam kelompok anak-anak, remaja putra dan putra serta Dewasa Putra dan Putri. Acara ini cukup unik diselenggarakan oleh Desa Sindang barang

Masing-masing pasangan diberikan waktu untuk tampil sekitar 4-5 menit perkenalan jurus dan mengadu kekuatan untuk merebut Seeng (Tempat menanak Nasi). Satu peserta bermain dengan membawa Seeng yang diikatkan ke tubuh yang harus bisa di rebut oleh lawannya.

parebut Seeng

peserta sedang menampilkan jurus sebelum bertanding memperebutkan Seeng

Semua peserta yang tampil selalu diiringi oleh kendang dan terompet yang membuat harmonis gerak antara jurus dan musik. Ketika mulai memperebutkan Seeng suara terompet dan kendang makin bergemuruh untuk membuat semangat para pendekar tampil. Selaini itu sorak sorey para pendukung dari masing masing perguruan silat sangat ramai.

Parebut Seeng

akhrnya Seeng itu direbut oleh Lawan

Namanya juga permainan harus ada yang menang dan kalah, setelah Seeng di rebut lawan menandakan bahwa permainan telah usai dan dimenangkan oleh sang Lawan.

2719 Total Views 6 Views Today
Adu Jaten Parebut Seeng
5 (100%) 1 vote
(Visited 376 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Adu Jaten Parebut Seeng' have 2 comments

  1. 05/22/2015 @ 10:39 am Fahmi

    Ini cabang dari olah raga pencak silat kah?

    Reply

    • 05/28/2015 @ 7:25 am Dudi Iskandar

      iya masih cabang pencak silat, ini yang lebih ke arah seni-nya

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool