Share on Pinterest
More share buttons

5 Cara Beda Menikmati Durian di Bogor

Durian, buah yang dicinta sekaligus dibenci. Aromanya yang menyengat memang seolah membagi kita menjadi dua kubu: penikmatnya dan pembencinya. Buah berduri yang merupakan buah khas dari Asia Tenggara ini juga menjadi buruan banyak orang di berbagai kota di Indonesia, tak terkecuali di Bogor. Tak jarang orang yang berwisata ke Bogor menyempatkan diri untuk berburu durian dan berbagai olahannya di kota ini.

Di Bogor sendiri kita memang dapat menemukan durian dengan berbagai bentuk olahannya, inilah yang memungkinkan kita untuk menikmati durian dengan berbagai cara yang berbeda. Paling tidak inilah 5 (lima) cara yang berbeda untuk menikmati durian di Kota Bogor:

Sop Lodaya

Sop Durian Special dari Sop Duren Lodaya

1. Sop Durian

Bukan buah durian yang dijadikan sayur sop, tapi hanya sekedar nama pengganti untuk sebuah sajian segar yang berbahan baku buah durian yang sudah dihancurkan dan diolah sedemikian rupa sehinga mirip dengan sup kental. Disajikan dengan es batu dan aneka topping sesuai selera. Salah satu penjual Sop Durian yang paling kondang di Kota Bogor adalah Sop Durian Lodaya yang awal berdirinya hanya sebuah kedai kecil di Jl. Lodaya dan sekarang sudah mempunyai cabang di Jl Bangbarung, Jl Pahlawan, Jl Siliwangi, Jl Gunung Batu dan kawasan Gadog – Puncak. Di sini kita bisa temukan sop durian yang disajikan dengan taburan keju, kacang hijau, brownies, aneka buah, biskuit dan sebagainya. Selain itu ada juga Sop Durian Rancamaya yang mempunyai kedai di kawasan Air Mancur, Jl Bangbarung dan oulet kecil di Botani Square Mall. Di pinggir kota Bogor juga bisa kita temukan Sop Durian Rafi di kawasan Ciampea – Leuwiliang.

 

Sop Buah Durian dari Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Durian dari Sop Buah Pak Ewok

2. Sop Buah Durian

Berbeda dengan Sop Durian yang dihancurkan, Sop Buah Durian menyajikan buah durian utuh (tanpa kulit tentunya hehehehe), yang biasanya disajikan dengan aneka potongan buah lainnya dan es batu. Biasanya ditambahkan gula atau susu kental manis. Di Bogor sajian seperti ini bisa kita temukan di Sop Buah Pak Ewok yang berada di Jl Bukit Tunggul (kawasan Taman Kencana) serta kedai kecilnya Pak Ewok Express di Jl. Bangbarung.

 

pancake durian 2

Pancake Durian Original plus Ice Cream dari D&D Pancake Durian

3. Pancake Durian

Pancake Durian adalah olahan daging durian yang dibungkus dengan “kulit” pancake dan kemudian dibekukan. Dulu kudapan ini dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Kota Medan. Tapi saat ini kita bisa dengan mudah menemukan pancake durian di kota-kota lain di Indonesia, termasuk di Bogor. Di Bogor, salah satunya dapat kita temukan di kedai D&D Pancake Durian yang berada di ruas Jl. Bangbarung. Tersedia tiga pilihan rasa pancake durian di sini yaitu pancake durian original, oreo dan strawberry. D&D Pancake Durian juga menyediakan variasi menu lainnya seperti Sticky Rice Durian alias Ketan Durian, Durian Vanilla Ketan Hitam, Durian Vanilla Cincau dan sebagainya.

 

Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Sukasari

4. Surabi Durian

Untuk yang satu ini, buah duriannya tidak dominan tetapi dicampur menggunakan essence atau perasa durian. Surabi, sebuah kudapan tradisional yang biasanya dipadukan dengan oncom atau kinca manis, dipoles dengan guyuran vla durian yang berasal dari durian dan perasa durian. Diberi tambahan topping seperti taburan keju, pisang, nangka, cokelat dan sebagainya, sesuai selera. Salah satu tempat di Bogor yang terkenal karena menjajakan surabi durian sebagai menu utama adalah Surabi Sukasari di Jl Raya Tajur (Seberang Kuntum Nursery). Sudah 10 tahun lebih pedagang surabi ini berjualan surabi duren, dahulu menempati kedai kaki lima di Jl. Sukasari sebelum pindah ke tempatnya sekarang. Kita juga bisa menemukan surabi durian di Saung Kabayan, Jl Pandu Raya.

 

5. Buah Durian

Banyak yang bilang bahwa untuk menikmati buah durian yang paling mantap ya dengan makan langsung buahnya. Di Bogor terdapat sebuah objek wisata yang juga terkenal sebagai kebun durian yaitu Warso Farm di kawasan Cihideung. Di sini kita dapat melihat area perkebunan durian yang menyajikan aneka varietas durian seperti Monthong, Lay, Petruk, Sunan, Si Mas, Tembaga dan sebagainya. Serta terdapat juga buah-buah lainnya seperti buah naga, nangka dan sebagainya. Selepas menikmati wisata agro yang berbeda di tempat ini, kita juga bisa membeli buah durian langsung, untuk dibawa pulang ataupun dimakan di tempat. Selain di Warso Farm, kawasan Cimahpar juga dikenal sebagai penghasil durian di Kota Bogor.

Anda pecinta durian? Jangan lewatkan untuk menikmati durian dengan aneka cara yang berbeda, hanya di Kota Bogor.

14848 Total Views 7 Views Today
5 Cara Beda Menikmati Durian di Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 4,707 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'5 Cara Beda Menikmati Durian di Bogor' have 8 comments

  1. 04/21/2015 @ 8:41 pm Iwan Setiawan

    Martabak duren ga masuk list om? 😉

    Reply

  2. 04/23/2015 @ 10:45 pm Danar Setya

    Kurang nih om, es krim duren royale bang Didi harusnya masuk list juga 😀

    Reply

    • 04/23/2015 @ 10:55 pm Indriyatno Banyumurti

      ES DUREN BANG DIDIIIII… Kenapa sampe lupaaaa, padahal favorit bangeeettt…

      Reply

      • 04/28/2015 @ 11:38 am Iwan Setiawan

        Nulis lagi, jadi 10 huehuehueuhe..
        Es krim duren Mas Doto yang di Surken, Bakul Bogor juga punya sop duren juga deh ya…

        Reply

        • 04/29/2015 @ 6:45 pm Indriyatno Banyumurti

          Iya sih bisa sepuluh, Sop Duren Pak Yanto, Papa Pia Duren, Lapis Duren dll. Bakul Bogor bukannya udah tutup?

          Reply

          • 04/30/2015 @ 6:01 pm Iwan Setiawan

            Ga apdet, udah tutup ya.. huehuehuehue

  3. 05/04/2017 @ 12:45 pm nuri

    blm lengkap nih, raja es durian mas yanto

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool