Share on Pinterest
More share buttons
Air Terjun di Bogor

15 Menit ke Curug Terselubung

Yakin nih 15 menit? Yakin aja apa yakin banget?

Air Terjun di Bogor

Dalam kondisi normal, badan sehat jiwa raga, menuju air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug yang terkenal dengan nama Ciherang ini hanya membutuhkan waktu 15 menit start from the gate. Gerbang yang mana nih? Gerbang yang buka mulai dari jam 06.00 WIB s. d. 18.00 WIB dan banyak penjual makanan disekitarnya. Jangan lupa minta tiket masuknya ya guys, supaya terhindar dari pungutan liar oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Rombongan kami sampai disana sekitar pukul 17.00 WIB, cuaca berkabut, jalan menanjak berkelok-kelok kami tempuh dan terbayar dengan pemandangan curug Ciherang yang seperti curug pribadi karena hanya tersisa rombongan kami yang bermain air disana. Jaraknya memang cukup jauh, tidak ada angkutan umum selain mengandalkan kendaraan pribadi dan pick up yang dapat disewa dari Pasar Tajur, Citeureup. Rute yang kami tempuh melalui Citeureup dan curug Ciherang bisa juga ditempuh melalui rute Jonggol, rute ini juga bisa digunakan sebagai alternatif jalan menuju Cipanas. Di sepanjang jalan dijamin tidak akan bosan karena akan tampak sengkedan berpetak-petak dari kejauhan yang sangat mempesona, wisata ke Bogor yang selalu hijau.

Air Terjun di Bogor

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa Bogor berasal dari kata “Bokor” yang berarti tunggul pohon enau (kawung). Tak heran penyebutan itu diambil karena Bogor sudah seperti lukisan hijau dengan kondisi geografis yang menyajikan berbagai wisata alam seperti Curug Ciherang, Kabupaten Bogor. Asal mula adanya masyarakat Kabupaten Bogor, seperti dikutip dalam situs resmi pemerintah provinsi Jawa barat, cikal bakalnya adalah dari penggabungan sembilan kelompok pemukiman oleh Gubernur Jendral Baron Van Inhof pada tahun 1745, sehingga menjadi kesatuan masyarakat yang berkembang menjadi besar di kemudian hari. Kesatuan masyarakat itulah yang menjadi inti masyarakat Kabupaten Bogor.

Air Terjun di Bogor

Curug Ciherang sangat recommended untuk dijadikan tempat foto dibandingkan dengan curug lain yang pernah saya kunjungi seperti curug Cibeureum. Banyak batu-batu kali berukuran besar dengan deburan air terjun yang deras. Jangan ragu untuk mandi dan jangan lupa membawa pakaian ganti. Aliran air terjun juga dapat dinikmati di sekitar gerbang masuk yang bisa jadi tempat foto dan sekedar berendam kaki. Sangat disarankan untuk mengatur waktu perjalanan, karena kondisi jalan menuju kesana sempit, naik turun, dan tidak ada lampu penerangan jalan ketika malam hari. Pastikan kendaraan pribadi juga dalam kondisi baik dan supir yang cekatan mengemudikan kendaraan.

Kawasan Curug Ciherang masuk dalam kawasan Perhutani yang dijaga keindahannya dan dilindungi. Yuk liburan ke Bogor! sekaligus melestarikan tempat wisata di Bogor! jika bukan kita yang melestarikan, siapa lagi?

Air Terjun di Bogor

37438 Total Views 12 Views Today
15 Menit ke Curug Terselubung
5 (100%) 1 vote
(Visited 12,660 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'15 Menit ke Curug Terselubung' have 15 comments

  1. 03/17/2015 @ 8:52 pm Adella Adiningtyas

    mau kesana cuman ga ada temen #eaaakkk

    Reply

  2. 03/18/2015 @ 4:13 am Indriyatno Banyumurti

    Duh seger kayaknya… Tapi ngeliat rutenya…. (terus ngeliat perut)

    Reply

    • 03/18/2015 @ 5:10 am Gioveny

      Hahaha rutenya emg mengocok perut kang.. Apalagi naik motor 😀

      Reply

      • 08/13/2016 @ 10:11 pm Awi

        Klo sdh masuk bogor tuk menuju curug ciherang gmn ruteny klo bw motor. Thnks

        Reply

  3. 03/18/2015 @ 9:52 am Dudi Iskandar

    kalau saya biasanya kali dua untuk jarak tempuhnya 🙂

    Reply

  4. 08/10/2015 @ 10:23 am arya

    punglinya masih banyak ya sist

    Reply

  5. 09/17/2015 @ 1:31 am Neng Anna

    sekarang tiket masuknya berapa ya. n masum dr rute mana kebetulan gw n temen2 motor ada rencana turing jarak deket bulan oktober besok.

    Reply

  6. 07/17/2016 @ 4:23 pm Nana Becks

    info rute nya dong, kalo touring dari jakarta naik motor.

    Reply

  7. 07/20/2016 @ 2:50 pm Anonymous

    kalo lewat jasinga kemana lagi iyah pengen ke situ

    Reply

    • 10/13/2016 @ 12:48 pm Gioveny Astaning Permana

      aku nggak tau jasinga teh dimana hahaha
      patokannya lampu merah jalan raya bogor aja pokoknya mah

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool