Share on Pinterest
More share buttons
100k Trip Bogor Challenge

100k Trip Bogor Challenge, Trip Ngirit Sebelum Gajian

100k Trip Bogor Challenge ini berawal ketika seorang teman berkata kepada saya sedang butuh piknik tapi budget tidak mumpuni. Mungkin banyak ya yang mengalami hal ini. Mood gampang sekali berubah, marah-marah gak jelas sampai kepentok kaki meja pun bisa ngomel-ngomel ke mejanya. Ditambah lagi belum gajian. Beuuuhhhh itu sih paket kombo kuadrat ya. Kebayang doooong malesnya berurusan sama orang yang sedang di kondisi ini. Tapi tenang ezytravelers, liburan di Bogor bisa kok dengan budget yang minim.

Ah, masa sih? Liburan di Bogor kan gak bisa kalo budgetnya minim. Buat wisata kuliner sehari di Bogor aja harus nyiapin banyak budget. Bayar tol, beli bensin, belum lagi bayar parkir. Aduh, enggak dulu deh main di Bogor kalau belum gajian. Tenang-tenang, untuk ezytravelers yang berdomisili di wilayah Jakarta dan sedang bernasib sama dengan teman saya itu (read: butuh piknik tapi belum gajian), 100k Trip Bogor Challenge ini mungkin bisa dicontoh ya. Lumayan bisa merefresh otak sampai hari gajian tiba 😀 Oh ya, 100k Trip Bogor Challenge ini berlaku untuk satu hari trip ya.

Starting Point

Kita mulai saja ya dari titik pertama sebelum pergi ke Bogor. Karena teman saya ini tinggal di Jakarta, tepatnya di daerah Manggarai, kita mulai start dari Stasiun Manggarai ya ezytravelers. Ezytravelers yang berdomisili Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang bisa datang ke Bogor dengan menggunakan commuter line Jabodetabek. Commuter line jabodetabek ini memang menjadi primadona transportasi penduduk Jabodetabek. Harganya yang terjangkau dan tidak perlu stres kena macet di jalan raya menjadi dua dari banyak alasan masyarakat untuk menggunakan commuter line. Dari Manggarai sampai Bogor, ezytravelers cukup menghabiskan Rp 5.000,00 saja. Kalau bawa mobil pribadi? Itu mah habis buat bayar parkir aja :’D

Sarapan

Karena ini one day trip, ezytravelers akan menghabiskan waktu dari pagi sampai mungkin malam. Tapi di itinerary 100k Trip Bogor Challenge ini ezytravelers hanya menghabiskan waktu sampai sore hari saja. Di pagi hari, ezytravelers bisa berangkat dari Jakarta sekitar jam 8 pagi. Sampai di Bogor sekitar jam 9.
Karena ezytravelers butuh banyak energi untuk trip hemat kali ini, tentu saja harus sarapan dulu ya. Ezytravelers dapat memilih jajanan kaki lima di kawasan Devris. Ezytravelers cukup berjalan kaki saja, sembari pemanasan sebelum jalan-jalan di Bogor. Untuk sarapan, ezytravelers dapat memilih bubur ayam atau doclang yang dijual di kawasan Devris. Harganya tentu saja cukup terjangkau yaitu Rp 10.000,00 saja ezytravelers sudah kenyang sampai siang 😀

Destinasi I: Istana Bogor

100k Trip Bogor Challenge

Istana Bogor

Dari kawasan Devris, ezytravelers bisa berjalan kaki sampai ke Istana Bogor. Karena istana Bogor tidak setiap hari buka untuk umum, jadi ezytravelers cukup memberi makan rusa dari luar pagar istana. Karena ini 100k Trip Bogor Challenge alias trip ngirit, jangan lupa siapkan sayuran untuk memberi makan rusa dari rumah ya. Tapi kalau ezytravelers hanya ingin sekedar berfoto dengan latar belakang Istana Bogor di sini juga boleh 😀 Oh ya, ini gratis loh. Kecuali kalau ezytravelers membeli sayuran dari pedagang di sana ya.

100k trip bogor challenge

Memberi Makan Rusa di Istana Bogor

Destinasi II: Kebun Raya Bogor

Karena sudah tanggung sampai Istana Bogor, trip ngirit ini dilanjutkan menuju Kebun Raya Bogor. Belum ke Bogor kalau belum ke Kebun Raya Bogor. Dari istana Bogor, ezytravelers bisa melanjutkan berjalan kaki menuju pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Jaraknya memang cukup lumayan, tapi namanya juga lagi ngirit, jadi gak apa-apa lah ya kalau berjalan kaki ke sini hohoho.
Banyak sekali tempat yang dapat dieksplore di Kebun Raya Bogor. Tapi karena saat ini waktu kita terbatas, kita hanya akan mengunjungi dua tempat saja ya ezytravelers. Yaps, museum zoologi dan taman meksiko.
Kenapa museum zoologi dan taman meksiko? Karena di museum zoologi we can enlarge our knowledge dan di taman meksiko kita bisa ambil beberapa foto yang instagramable. Cekrek!

100k Trip Bogor Challenge

Museum Zoologi Bogor

100k Trip Bogor Challenge

Selain spot yang instagramable, ada juga spot yang dirusak pengunjung, hiks

Tidak terasa hari sudah semakin siang, waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang. Cacing di perut sudah mulai berdemo dengan ganasnya di perut. Oke, sabar ya Cing, sebentar lagi kamu dapet jatah. Yang khas dari Bogor selain asinan ada juga toge goreng. Oke cus lah jalan lagi untuk mencari si toge goreng di kawasan Suryakencana. Jadi siang itu menunya adalah toge goreng di kawasan Suryakencana dengan harga Rp 10.000,00.

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Paket Tour Murah, Sekalian weekend di Bogor Cari Hotel Murah, Kalau dari Bogor, kamu bisa Booking Tike Pesawatke destinasi favorit kamu!

Destinasi III: Tepas Lawang Salapan dan Tugu Kujang

Setelah si cacing kenyang, saatnya menjelajah lagi. Ini adalah ikon baru Kota Bogor. Yaps, Lawang Salapan. Kalau dilihat, Lawang Salapan ini seperti menyambut orang-orang yang datang ke Bogor dari arah Baranangsiang.

Lawang salapan ini biasa dijadikan tempat berfoto untuk para wisatawan yang datang. Desainnya yang mewah dan megah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ditambah lagi berdampingan dengan tugu kujang yang gagah. Makin banyak wisatawan yang betah berlama-lama di sini hanya untuk mengabadikan momen di kota hujan.

Harga tiketnya? Gratis!

Lawang salapan di malam hari keren banget loh ezytravelers. Warna bangunannya yang putih, diterpa cahaya berwarna-warni saat malam. Wow.

100k Trip Bogor Challenge

Lawang Salapan Bogor

Lawang salapan dan tugu kujang ini menjadi tujuan terakhir. Karena trip ini dilakukan di hari Minggu, saya dan si wisatawan domestik dari Jakarta ini terpaksa mengakhiri 100k trip bogor challenge pukul 4 sore. Padahal masih banyak tempat yang belum sempat dieksplore. Selain itu sisa budgetnya juga masih cukup banyak :’D

Karena dari awal trip sudah berjalan kaki, untuk kembali ke stasiun Bogor diputuskan untuk naik angkot. Secara bogor dikenal dengan sebutan kota sejuta angkot, naik angkot ini juga bisa jadi kegiatan wisata loh 😀 dari Tugu Kujang sampai stasiun Bogor cukup membayar Rp 4.000,00.

Karena budget masih sisa banyak, jadi masih cukup untuk membawa salah satu oleh-oleh khas Bogor. Oleh-oleh ini bisa dibeli di sekitaran stasiun Bogor. Oleh-oleh yang saya rekomendasikan saat itu adalah lapis talas. Harga 1 kotaknya sekitar Rp 30.000,00.

Sebelum trip ini berakhir, yuk kita kalkulasikan.

10.000 + 10.000 + 15.000 + 10.000 + 4000 + 30.000 = 79.000

Nah masih ada kembalian dari uang selembar.
Gimana ezytravelers, berwisata di Bogor gak harus mahal kan?

3460 Total Views 9 Views Today
100k Trip Bogor Challenge, Trip Ngirit Sebelum Gajian
Vote Us
(Visited 451 times, 1 visits today)



'100k Trip Bogor Challenge, Trip Ngirit Sebelum Gajian' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool