Share on Pinterest
More share buttons

10 tempat makan yang perlu dijajal di Jl Bangbarung Bogor

Dulu pusat kuliner di kota Bogor yang utama adalah Jalan Suryakencana, khususnya di kawasan perempatan dengan Gang Aut, yang menyajikan aneka kuliner khas Bogor. Tapi saat ini mulai bermunculan pusat-pusat kuliner baru yang tak kalah serunya dengan menyajikan aneka macam kuliner yang beragam. Sebut saja Jl. Ahmad Yani dan Jl Pajajaran Indah yang saat ini ramai dengan munculnya resto-cafe baru bernuansa modern, yang menjadi sasaran tempat nongkrong anak muda. Atau Gang Selot yang menyajikan aneka jajanan karena berlokasi dekat dengan SMP dan SMA Negeri 1 kota Bogor. Dan satu lagi ruas jalan yang saat ini jadi tujuan wisata di Bogor karena hampir sepanjang jalan ini dipenuhi oleh resto dan kedai makanan: Jl. Achmad Sobana atau yang lebih dikenal dengan nama Jl. Bangbarung . Ruas jalan sepanjang kurang lebih 1,2 kilometer ini memang menjadi “surga” buat para pecinta kuliner karena semua jenis hidangan seolah tersaji di sini. Paling tidak inilah 10 tempat makan yang perlu dijajal di Jl Bangbarung ini:

1. Soto Bang Ali

Kedai Soto Bang Ali

Kedai Soto Bang Ali

Membuka kedainya sejak tahun 1975 di kawasan Jl. Pemuda, saat ini Bang Ali memindahkan usahanya ke Jl Bangbarung ini. Kedai kecilnya dapat ditemui tidak jauh dari lampu merah Jl. Pajajaran. Aneka potongan daging dan jeroan sapi tersedia untuk diolah bersama dalam kuah yang merupakan racikan dari rempah-rempah khas Aceh. Tak heran Soto Bang Ali banyak memikat selera para pelanggannya karena cita rasanya yang tidak mudah ditemui di tempat lain

2. Sop Buntut Ibu Imas

Kedai Sop Buntut Ibu Imas

Kedai Sop Buntut Ibu Imas

Merupakan penerus dari sop buntut Ma Emun yang legendari di kota Bogor ini. Ciri khasnya adalah daging buntut yang diikat karena dimasak hingga empuk sehingga jika tidak diikat dagingnya akan bercerai berai. Ya, dagingnya memang lembut dalam kuah yang segar. Tak heran, kios Sop Buntut Ibu Imas yang buka jam 8 pagi ini  harus tutup menjelang makan siang karena sudah kehabisan stok. Jangan ditanya kalau akhir pekan, bisa tutup lebih awal lagi. Tidak jarang orang Jakarta datang ke Bogor hanya untuk menikmati sajian Sop Buntut Ibu Imas ini.

3. Baso Seuseupan

seuseupan

Warung Baso Seuseupan

Baso Seuseupan adalah salah satu pedagang baso ternama yang sudah melewati perjalanan panjang. Berawal dari menjajakan baso lewat gerobak dorong di kawasan Seuseupan (Ciawi) sampai akhirnya membuka kedai permanen di Jl. Banjarwaru (Simpang Tapos). Dan sekarang Bakso Seuseupan sudah memilik 4 outlet yang tersebar di beberapa titik di kota Bogor: Ciawi, Gunung Batu, Taman Cimanggu dan di Jl Bangbarung ini. Salah satu yang menjadi pembeda dari baso ini adalah tersedianya lemak goreng yang crispy yang melengkapi nikmatnya ngebaso di tempat ini

4. Ayam Geprek Istimewa

Ayam Geprek Istimewa

Ayam Geprek Istimewa

Menggunakan ayam pilihan dengan olahan yang khas, menjadikan Ayam Geprek Istimewa yang baru berdiri di awal 2000an ini berkembang dengan pesat. Berawal di halaman rumah yang tidak terlalu besar di Jl Bangbarung No. 54 saat ini Ayam Geprek Istimewa telah memiliki empat outlet lainnya, membuka satu yang lebih besar di Jl. Bangbarung 27, Jl DR Sumeru, Taman Yasmin dan kawasan Karadenan, Cibinong. Favorit saya adalah ayam sambal ijo dan ayam pencoknya, gak nemu di tempat lain. Baca ceritanya di sini.

5. Rumah Kopi Ranin

Rumah Kopi Ranin

Rumah Kopi Ranin (source: hellobogor.com/10-tempat-asyik-buat-ngopi-di-bogor/

Buat pecinta kopi, Rumah Kopi Ranin perlu dikunjungi. Mengapa? Karena di tempat kopi inilah beragam biji kopi dari Nusantara diolah menjadi sajian kopi berkualitas. Ada kopi Gayo, Mandheling, Baraka Enrekang, Kintamani Bali, Java Preanger, Linthong, Kepahyang Bengkulu, Kalibendho Banyuwangi, Toraja hingga Wamena Papua yang dapat diseduh sesuai dengan selera kita: french press, seduh-siphon, moka-pot, vietnam-drip atau pour-over. Review lengkapnya dapat dilihat disini.

6. Kedai Ewok Express

ewok express

Kedai Ewok Express

Merupakan perluasan usaha dari Saung Pak Ewok yang terlebih dahulu hadir di kawasan Taman Kencana, Kedai Ewok Express memberikan tempat yang minimalis tapi cozy di Jl. Bangbarung ini. Aneka menu dari Saung Pak Ewok dihadirkan di sini dengan tambahan beberapa menu yang tidak tersedia di “induk”nya seperti: Milky Strawberry, Milky Classic Cokelat, Milky Green Tea, Milky Tiramisu, Milky Hazelnut dan masih banyak lagi. Review lengkapnya ada di sini.

7. Martabak Kingkong

Outlet Martabak Kingkong

Outlet Martabak Kingkong

Inovasi olahan martabak manis hadir di Martabak Kingkong, jika biasanya martabak manis hanya berisi keju, cokelat, susu dan kacang, di sini kita bisa menemukan beberapa “topping” yang kekinian seperti Toblreno, Nutella, Kitkat, Marshmallow, M&Ms dan masih banyak lagi. Lihat reviewnya di sini.

8. Mrsgitta Cupcake

Devil's Food Cupcake dari mrsgitta cupcake

Devil’s Food Cupcake dari mrsgitta cupcake

Tidak percis di pinggir jalan Bangbarung, tapi masuk sekitar 100 m ke Jl. Artzimar I di seberang Mesjid Ar Rahman, kita bisa temukan mini-shop yang menjual aneka cupcake lucu nan lezat. Signature-nya adalah mini cupcake yang tidak bisa kita temukan di tempat lain. Hadir dengan aneka pilihan rasa: buttercream, red velvet, cinnamon, caramel, devil’s food, coffee dan sebagainya. Mini shop nya juga menghadirkan interior cantik, yang “photoable” banget deh. Lihat reviewnya di sini.

9. Sop Duren Lodaya

Sop Duren Lodaya Bangbarung

Outlet Sop Duren Lodaya

Hanya perlu waktu tiga tahun untuk Sop Duren Lodaya untuk mengembangkan sayapnya ke berbagai kota. Berawal dari kios kecil di Jl Lodaya Bogor, buah durian disajikan dengan beragam campuran isi seperti buah, brownies, roti tawar, kacang hijau dan lain-lain. Taburan keju di atasnya juga menjadikan sajian Sop Duren Lodaya ini beda dengan yang lain. Lebh lengkapnya ada di sini.

10. D&D Durian Pancake

pancake

D&D Pancake Durian

Masih dari olahan buah durian, tapi yang satu ini menyajikannya dalam bentuk pancake. Dan sekarang di outlet cantiknya di Jl. Bangbarung ini, D&D Durian Pancake menghadirkan sajian duren yang unik, ada pancake durian dengan rasa original, oreo dan strawberry, Durian Caramel Pudding, Lumpia Durian, Durian Vanilla Ketan dan lain sebagainya. Reviewnya ada di sini.

Untuk mencapai Jl. Bangbarung ini cukup mudah, ada dua angkot yang melintasinya 08 dan 08 A (23) yang bisa dinaiki dari Tugu Kujang Jl Pajajaran, Jl Ir H Juanda, Bogor Trade Mall (BTM), Plaza Jambu Dua dan sebagainya. Jika dari stasiun naek dulu angkot dengan nomor 03 sampai Jl. Pajajaran, sebelum nyambung menggunakan angkot 08 tersebut. Jadi mari berwisata kuliner di Bogor dengan mengunjungi ruas Jl Bangbarung

26737 Total Views 65 Views Today
10 tempat makan yang perlu dijajal di Jl Bangbarung Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 12,251 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'10 tempat makan yang perlu dijajal di Jl Bangbarung Bogor' have 1 comment

  1. 09/18/2016 @ 10:18 pm Deddy Sutrisno

    Info saja pak kopi ranin sudah pindah, pak ewok juga sudah pindah. Ganti saja pak dengan Ayam Tulang Lunak (ATL) De’syinof di Jl. Bangbarung Raya No. 77 sebelah pancake durian DD

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool