Share on Pinterest
More share buttons
es sekoteng boper

10 Sajian Pelipur Lara dan Dahaga di Bogor

Walau kota Bogor relatif memiliki udara lebih sejuk dibanding Jakarta, tetapi udara panas di siang harinya tetap menyengat. Tak heran beragam kuliner yang menyajikan aneka kesegaran juga diburu oleh orang yang berwisata ke kota Bogor. Banyak “kuliner segar” yang bisa didapat di kota ini baik yang tradisional seperti asinan, es pala, bir kocok, es doger dan sebagainya, walaupun yang sifatnya kekinian seperti sop buah, sop duren, olahan susu murni, aneka dessert dan sebagainya.

Berikut saya pilihkan 10 kuliner Bogor yang dapat memberikan kesegaran khas yang berbeda:

1. Asinan Bogor

Kuliner tradisional khas Bogor yang terkenal dan banyak juga diburu sebagai buah tangan, Asinan Bogor. Ada dua jenis asinan bogor yang bisa kita pilih: Asinan Sayur dan Asinan Buah. Untuk asinan sayur isinya irisan kol, wortel, tauge, sawi asin dan tahu, sedangkan asinan buah berisi pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, mangga, nanas dan juga buah pala. Disajikan kuah asinan khas berwarna merah dengan cita rasa asam dan sedikit pedas serta ditambahkan kacang tanah dan kerupuk kuning sebagai pelengkapnya.

Kita dengan mudah menemukan penjual Asinan Bogor di beberapa titik di kota Bogor ini, tapi yang cukup terkenal bisa disebutkan diantaranya: Ny Yenny (Jl Binamarga), Gedung Dalam (Jl Siliwangi-Sukasari dan Ruko V-Point, Jl Pajajaran), Asinan “Asli” (Jl Juanda) dan Asinan Gg Roda.

Asinan Bogor

2. Asinan Jagung Bakar

Mirip dengan asinan Bogor, tapi Asinan Jagung Bakar sebagai “isi”-nya. Jagung manis yang dibakar di atas pelat besi yang dipanaskan kemudian dipipil bijinya dan dimasukkan ke dalam kuah asinan yang berasa asam dan segar. Cobalah dibawa pulang dan masukkan ke dalam kulkas hingga dingin, akan semakin enak dan segar. Asinan Jagung Bakar dapat ditemui di Jl Suryakencana, tepat di perempatan dengan Gg Roda – Gg Aut.

Asinan Jagung Bakar

3. Es Sekoteng Boper

Isinya hanyalah kelapa muda, alpukat dan sekoteng atau pacar cina. Disajikan dengan es serut dengan guyuran gula cair dan es kental manis. Walaupun tampak sederhana, tapi kesegeran yang disuguhkan oleh Es Sekoteng Boper ini tidaklah sederhana. Pilihan bahan baku yang terjaga membuat sajian ini menjadi salah satu ikon kuliner Bogor. Boper sendiri singkatan dari Bogor Permai, sebuah toko kue legendaris yang berlokasi tepat di samping Es Sekoteng Boper ini yang beralamat di Jl Sawojajar.

Es Sekoteng Boper

4. Bir Kocok

Sejatinya ini adalah minuman tradisional khas Betawi, yang juga dapat kita temui di Kota Bogor. Walaupun namanya bir, Bir Kocok tidaklah mengandung alkohol karena dibuat dari aneka rempah seperti jahe, kayu manis dan gula merah yang dikocok menjadi satu. Penggunaan nama bir karena rasa hangat yang dirasakan oleh badan ketika mereguk minuman segar ini. Bir kocok bisa ditemui diantaranya di Jl Suryakencana dan Resto D’Leuit (Jl Pakuan)

Bir Kocok

5. Es Pala

Ini juga khas Bogor banget, serutan buah pala di dalam air es gula yang memberikan rasa manis dengan sentuhan asam sepat yang unik dari buah pala. Es Pala bisa kita dapatkan di Jl. Suryakencana, kedai Toge Goreng Mang Gebro Putra di Jl Pengadilan dan juga di Resto D’Leuit (Jl Pakuan)

Es Pala

6. Sop Buah Pak Ewok

Pak Ewok bisa disebut yang mempopulerkan istilah sop buah di Indonesia, ketika mulai berjualan sop buah di Jl. Cimandiri (belakang Gedung Sate) Bandung, di awal tahun 90an. Di Bogor, Sop Buah Pak Ewok bisa kita temukan di Saung Pak Ewok yang berada di Jl Bukit Tunggul kawasan Taman Kencana. Potongan buah seperti anggur, jambu batu, sawo, jeruk, kelapa muda, nangka, strawberry dan sebagainya disajikan dalam mangkuk yang berisi es batu dengan tiga kuah pilihan: susu, jeruk dan yoghurt. Ada juga sop buah dengan buah duren yang disiapkan bagi para pecinta buah duren.

Sop Buah Pak Ewok

7. Es Bangka

Mirip dengan es campur, Es Bangka ini berisi kolang kaling, ketan hitam, peuyeum, nangka, alpukat, jelly, kelapa muda dan sebagainya. Yang membedakan adalah adanya sentuhan sirup dengan rasa mirip karamel, yang membuat cita rasa yang unik. Es Bangka bisa kita cicipi di Kedai Mie Ayam “AL” (Jl Sawojajar, Pajajaran dan Jl Manaterna) serta Yung Bangka (Jl Sudirman)

Es Bangka

8. Susu Murni

Saat ini muncul beberapa gerai susu modern di kota Bogor. Yang disajikan tidak hanya sekedar susu murni tapi juga berbagai olahan susu seperti milkshake dan smoothies. Yang cukup ramai misalnya adalah Momo Milk di Jl Kantor Pos dan Vamilk di Jl Pandu. Atau jika ingin menikmati susu murni aneka rasa sembari menikmati udara segar, bisa juga kunjungi Resto Cimory di kawasan Cisarua – Puncak.

Susu Murni

9. Sop Duren Lodaya

Baru buka sekitar tiga tahun, Sop Duren Lodaya sudah menjadi sebuah ikon kuliner yang kedainya nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung. Berbahan dasar durian yang diolah menjadi semacam “saus”, sop duren lodaya kemudian berkreasi dengan memadukannya dengan bahan lain yang jarang terpikirkan untuk dinikmati bersama durian, sebut saja brownies, kacang hijau, ketan hitam, roti tawar, biskuit marie, dan juga taburan keju. Berawal dari kedai kecil di Jl Lodaya, saat ini Sop Duren Lodaya bisa ditemukan di beberapa tempat lain seperti Jl Bangbarung, Jl Pahlawan, Cibinong City Mall dan sebagainya.

Sop Lodaya

10. Es Duren Bang Didi

Masih dari sajian segar berbahan dasar duren, di ruas Jl Pakuan ada pedagang gerobak yang selalu dirubung oleh para pelanggannya. Namanya Es Duren Bang Didi dan jualannya adalah es puter duren. Lalu apa istimewanya dengan es duren yang banyak hadir di tempat lain? Di Es Duren Bang Didi, es dengan perasa duren dipadukan dengan buah duren asli yang dicampurkan melalui beberapa tahapan sehingga menghasilkan es puter yang bener-bener nendang durennya. Tak heran walau banyak penjual serupa, tapi pilihan banyak orang tetap kesini.

Es Duren Bang Didi

Masih banyak ragam kuliner segar selain yang tertulis di atas, sebut saja Es Doger (Taman Topi), Es Doto (Jl Sukasari), Es Bubur Buah (Rahat Cafe-Jl Pandu), Es Mangga (Jl Suryakencana), aneka es krim dari Blueberry Ice Cream (Jl Pamikul), Snow Ice di Ah Poong (Sentul City), dan lain-lain, tapi mudah-mudahan 10 pilihan di atas bisa memberikan alternatif bagi Anda. Karena tidak hanya sebagai pelipur dahaga dengan membasahi tenggorokan yang kering, aneka sajian di atas juga dapat menjadi obat pelipur lara dengan ikut menyejukkan hati dan jiwa para penikmatnya 🙂

13010 Total Views 4 Views Today
10 Sajian Pelipur Lara dan Dahaga di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,246 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'10 Sajian Pelipur Lara dan Dahaga di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool