Share on Pinterest
More share buttons

10 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa

Kota Bogor yang sudah menjadi tujuan utama para pelancong untuk berlibur ini memiliki banyak keunikan. Misalnya saja julukan kota hujan yang sudah melegenda karena curah hujannya yang tinggi jika dibandingkan dengan tempat lain. Atau, ada juga keunikan lainnya yang bisa kamu temukan jika sedang berwisata di Bogor, seperti cerita mistis tersembunyi yang dimiliki si kota hujan yang sempat bernama Buitenzorg pada masa penjajahan silam. Namun, disamping itu Bogor tetap punya sederet tempat yang wajib kamu kunjungi ketika sedang liburan di Bogor. Nah, tentunya tempat-tempat di bawah ini menawarkan berbagai makanan atau merchandise menarik untuk dijadikan oleh-oleh, loh. Apa saja sih oleh-oleh khas Kota Bogor yang bisa kamu bawa pulang? Yuk kita lihat

1. Talas Bogor

talas bogor

talas bogor dok.google

Siapa yang tidak tahu makanan khas Bogor yang wajib dibawa pulang ini? Talas yang menjadi sumber karbohidrat tinggi ini sudah dikenal sebagai umbi khas Kota Bogor sebelum diinovasikan menjadi makanan cemilan. Rasanya yang unik menjadi alasan kenapa kamu harus menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga di  rumah. Kamu bisa menemukan umbi-umbi ini di sepanjang jalan Pasar Bogor di waktu pagi.

2. Bika Bogor

Yup. Inovasi talas terbaru adalah Bika Bogor. Ini beda dengan Bika Ambon karena dibuat dari talas dan ubi sebagai baan bakunya. Ada beragam varian rasa lainnya. Bika Bogor Talas, Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Cocopandan, dan Bika Bogor Nangka.

Bika Bogor Talubi baunya tidak menyengat seperti Bika Ambon. Karena serai dan daun jeruk yang ada di Bika Ambon tak ada di Bika Bogor. Namun aroma Bika Bogor lebih lembut, rasanya enak, dan manisnya pas. Cari aja outlet Bika Bogor misalnya di Gadog (dekat Vimala Hills), Sholeh Iskandar (dekat flyover ke BORR) dan juga di Jl Padjadjaran No 20 M, sekitar 200 meter sebelum atau sesudah mall Lippo atau Ekalokasari. Tergantung kamu dari arah tajur atau arah dalam kota Bogor.

bika bogor

bika bogor mini

bika bogor

outlet bika bogor

aneka bika bogor

aneka bika bogor

 

2. Bolu Lapis Sangkuriang

lapis talas

lapis talas dok.google

Nah, jika sebelumnya kita membahas talas sebagai bahan baku makanan cemilan, maka bolu lapis sangkuriang adalah produk dari inovasi yang sudah dikembangkan itu. Bolu lapis ini merupakan cara baru untuk kita menikmati talas Bogor. Dengan paduan warna kuning dan ungu serta parutan keju diatasnya menjadikan cemilan ini nikmat disantap bersama keluarga. Jadi, setelah kamu membeli talas bogor untuk digoreng crispy, jangan lupa mampir ke Jalan Raya Sholeh Iskandar untuk membeli bolu lapis ini yah

3. Unchal

kaos unchal

kaos unchal dok.pri

Uncal atau berarti rusa dalam bahasa Indonesia sudah menjadi ikon khas kota Bogor. Mengapa demikian, karena kita bisa melihat uncal dengan mudah di pinggiran Istana Bogor. Banyak para wisatawan yang mampir untuk menyapa hewan peliharaan di istana para warga Bogor hihi. Tapi, Unchal disini tentu berbeda dengan uncal yang pandai berlari, karena Unchal merupakan tempat yang menjual berbagai merchandise menarik sebagai oleh-oleh khas Bogor. Kaos, mug, topi atau gantungan kunci ala Kota Bogor bisa juga kita bawa pulang loh. Ayo kunjungi kandang Unchal di Mall Botanical Square lantai 1, Yogya Bogor Junction lantai basement, Yogya Cimanggu lantai 1 dan Tajur di Ruko samping Donatello.

4. Asinan Gedung Dalam

Asinan Bogor

Asinan Bogor dok.google

Ada lagi kuliner asyik yang wajib kamu bawa untuk dijadikan oleh-oleh loh. Karena rasa asinan Kota Bogor yang khas sudah melekat di lidah para pecinta kuliner Nusantara. Penasaran seperti apa sensasi asinan khas Kota Bogor ini? Silahkan datang  Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No. 27C atau di Jalan Pajajaran No. 1 Komplek Ruko V, Bogor. Ada banyak makanan lainnya yang ditawarkan oleh pemilik toko loh.

5. Brown Co

Brownis singkong

Brownis singkong dok.irvan

Beda bolu lapis talas, beda juga brownies manis brown co. Walaupun keduanya sudah menjadi tren baru menjadi oleh-oleh khas Bogor, tapi bahan dasar pembuatan cemilan ini tentu berbeda. Singkong pilihan terbaik menjadi bahan dasar pembuatan brownies manis ini. Bermula dari ide kreatif mahasiswa di ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa mengantarkan Brown Co dikenal baik di kalangan wisatawan Kota Bogor. Mr. BrownCo yang memiliki outlet di Jalan Soleh Iskandar, depan kampus IPB Dramaga dan depan Yogya Jalan Baru, jadi ayo mampir ramai-ramai untuk beli si brownies singkong!

6. Toko Souvenir Bogor

Toko souvenir

Toko souvenir dok.google

Jika kamu senang menikmati Bogor di waktu pagi, jangan lupa untuk berkunjung ke Jalan Otista, yah. Selain kamu bisa menikmati kuliner kampung rasa kota, kamu juga bisa menikmati segarnya udara pagi dari karbon yang tersebar bebas dari hutan kota. Nah, tepat di depan pintung gerbang Kebun Raya Bogor terdapat penjual souvenir yang menjual barang-barang antik nan cantik. Kamu bisa menemukan kaos, tas anyam atau hiasan menarik lainnya untuk dibawa pulang loh!

7. Papapia

Papapia

Papapia dok.google

Papapia yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini bermula dari insiden kecelakaan pemiliknya. Karena kebutuhan finansial yang harus tercukupi setiap harinya, mengharuskan istri dari sang pemilik mencoba resep kue Pia yang sudah diwariskan oleh keluarganya terdahulu. Dengan modal yang tidak terlalu besar akhirnya melahirkan toko kue Pia yang terkenal di Bogor. Rasa Papapia yang tidak mudah dilupakan ini menjadi alasan kenapa kamu wajib datang berkunjung ke Jl.Dalurung  I no. 16 Bantarjati, Bogor.

8. Macaroni Panggang Bogor

Macaroni Panggang Bogor

MP Bogor dok.google

Macaroni Panggang Bogor (MP) menjadi tempat favorite yang dikunjungi pada wisatawan Kota Bogor. Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 2000an tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi jika mampir di hari libur, jangan harap akan langsung mendapatkan tempat yah. Resto MP ini berlokasi di Taman Kencana. Jika kamu ingin mencoba kelembutan macaroni khas Kot Bogor ini, silahkan berkunjung yah!

9. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus

Toko roti Venus dok.google

Roti imut nan mungil ini bisa kita temukan jika sedang berwisata di Bogor. Ukurannya yang mini memiliki kelezatan tersendiri ketika kita menikmatinya. Tekstur roti yang lembut menjadi alasan tempat ini selalu dipenuh sesakan oleh mereka yang ingin membeli oleh-oleh khas Bogor. Roti Unyil Venus ini berlokasi di di Jalan Pajajaran, Komplek V point 1, jika kamu tidak ingin kehabisan harus datang sepagi mungkin yah hihi.

 

60739 Total Views 12 Views Today
10 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa
5 (100%) 2 votes
(Visited 28,738 times, 2 visits today)



'10 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa' have 3 comments

  1. 05/05/2015 @ 12:53 pm Indriyatno Banyumurti

    Sedikit koreksi yang PapaPia, itu outlet Jl Dalurung udah lama banget pindah. Sekarang outletnya ada dua, satu di kawasan Ceger (Jl Terusan Pandu) satu lagi di kawasan Yasmin.

    Reply

    • 05/07/2015 @ 7:23 pm Adella Adiningtyas

      waaaaaah terima kasih atas koreksinya, Kang Banyu 😀 berarti saya kurang up date hehe jadi malu

      Reply

  2. 02/21/2016 @ 1:01 pm zenius

    Mba Adell, kalo di bogor produk kerajinan khas nya apa ya…terima kasih sebelumnya.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool