Share on Pinterest
More share buttons
makanan khas bogor

10 Makanan Khas Bogor

Setiap kota dipastikan memiliki makanan khas. Wisata di Bogor tidak bisa dilepaskan dari wisata kulinernya. Mencari makanan khas Bogor menjadi salah satu alternatif yang menarik jika berkunjung ke Bogor. Apa saja makanan khas Bogor yang tidak boleh terlewatkan jika sedang ada di Kota Bogor.

Di awal menjadi kontributor Hello Bogor pernah posting tentang Asinan Bogor, sekarang saatnya untuk bisa merangkum 10 Makanan khas Kota Bogor. Apa saja makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk di coba di Bogor. Liburan di Bogor akan semakin asyik dengan berburu kuliner

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor sudah menjadi khas makanan Bogor, sehingga harus mencoba rasa Asinan yang sangat terkenal di Bogor. Asinan buah-buahan terdiri dari  berbagai jenis buah-buahan  yang diasinkan seperti Mangga Muda, Jambu Air, Kemang, Menteng, Anggur Bogor, Kedondong, Bengkuang, Nanas dan Pala yang disajikan dalam kuah cuka yang asam, manis dan pedas, ditaburi dengan kacang goreng. Bagi saya yang membuat terkesan dengan asinan ini adalah buah Menteng yang membuat segar di mulut, rasanya asem-asem segar.Asinan Bogor

2. Toge Goreng

Makanan Khas yang satu ini sangat khas, Toge Goreng namun sebenarnya bukan di goreng Togenya. Togenya di rebus mengunakan air panas, kemudian di campur dengan mie, porongan tahun dan oncom serta ketupat. Setelah itu semua barulah di siram dengan bumbu olahan yang terbuat dari kacang, oncom dan tauco.

3. Soto kuning

Soto Kuning juga merupakan makanan khas Bogor, soto yang memang berwarna kuning dari kunyit dan kuah santan. Di samping itu juga ada beberapa bumbu rempah yang dicampurkan kedalam bumbu soto ini. Untuk isi-nya bisa pilih antara Babat, kikil, daging sesaui dengan selera masing-masing.Soto Kuning

4. Doclang

Doclang itu hampir sama dengan Kupat Tahu atau lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk. Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak.

5. Soto Mie

Soto Mie tidak hanya terkenal di Bogor saja, di beberapa daerah sudah ada yang berjualan Soto Mie ini. Adapun isi dari Soto Mie ini adalah campuran dari Mie Kuning dan Bihun ditambahkan dengan potongan daging sapi, jeroan dan risol. Kuah untuk soto mie ini seperti kuah soto bening.

6. Laksa

Salah satu makanan untuk sarapan di Bogor adalah laksa, karena laksa akan lebih nikmat jika di makan dalam keadaan panas sehingga membuat tubuh segar. Isi dari laksa ini adalah ketupat, bihun, toge, tahu, telur rebus dengan di siram dengan kuah kuning di tambah dengan daun kemangi untuk menjadi lebih segar.

7. Cungkring

Cungkring ini adalah makanan khas Bogor. potongan kikil dan kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning dan bumbu kacang. Cungkring ini bentuknya seperti sate, biasa di santap dengan tempe atau oncom goreng tepung dan disajikan dengan pincuk dari daun pisang.

8. Dodongkal

Dodongkal terbuat dari beras yang digiling hingga menjadi tepung. Setelah itu, tepung dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren, Biasanya dijajakan pada pagi hari untuk melengkapi sarapan pagi warga. Beras yang dibuat tepung tadi menjadi lembut ketika sudah matang.  Dengan di tambahkan gula aren dan serutan kelapa akan menambahkan selera makan kita.

9. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu dikenal dengan rasanya yang semanis madu. Yang khas dari ubi bakar Cilembu adalah cairan lengket seperti gula yang keluar saat ubi dibakar. Cairan inilah yang membuat ubi memiliki rasa manis legit istimewa. Di Kawasan Puncak Bogor, tentunya sudah tak asing dengan ubi bakar Cilembu. Ubi ini bisa dengan mudah ditemui di sepanjang jalan menuju Puncak.

10. Talas

Talas adalah umbi-umbian khas Bogor, biasanya mendampingi ketika waktunya ngopi di sore hari bisa di goreng, rebus bahkan di kukus. Namun sekarang talas ini banyak diolah menjadi panganan seperti bolu yang baerbahan Talas.

Ini 10 Makanan khas Bogor yang tidak boleh terlewatkan untuk di nikmati.

Selamat menikmati ……..

9161 Total Views 30 Views Today
10 Makanan Khas Bogor
3.4 (68%) 5 votes
(Visited 6,715 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'10 Makanan Khas Bogor' have 1 comment

  1. 05/31/2016 @ 12:50 pm Jumat Sidik

    ada lagi nih calon makanan khas bogor, namanya Pizza Goreng.
    udah pernah coba belum?
    rasanya enak, gurih, sehat dan yang pasti rendah kolesterol.
    malah cocok sekali untuk anak yang sulit makan
    karena makanan ini sangat bisa bikin si anak yang tadinya susah makana menjadi doyan makan,, dan yang pasti pizza goreng makanan sehat

    anyway thanks yaa gan infonya.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool