Share on Pinterest
More share buttons
Istana Bogor

10 Ikon Kota Bogor dan Spot Pilihan Tuk Nikmati Wisatanya

Edisi serba sepuluh ini saya mulai dengan “10 Ikon Kota Bogor” yang tak boleh kamu lewatkan semuanya ketika Liburan di Kota Bogor. Ikon-ikon dan landmark ini merupakan representasi Kota Bogor di benak setiap orang. Jadi, kalau menyebut sepuluh ikon ini, pastinya, kamu akan diberikan informasi mengenai Bogor.  Selain sekilas ikon kota Bogor ini, saya coba kasih tips spot yang bagus untuk dikunjungi, dan juga memfoto.

Langsung aja ya!

1. Kebun Raya Bogor.

Siapa sih yang tak kenal kebun yang luasnya 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan ini sih?. Kebun yang berdiri tepat di tengah-tengah titik kota Bogor ini didirikan pada masa kolonial belanda yang dirintis sejak Raffles dan istrinya mempercantik sebidang tanah di dekat Istana. Kerajaan Belanda mengirim Cornelis Theodorus Elout, dan G.A.G.P. Baron van der Capellen ke Indonesia dengan Prof. Caspar George Carl Reinwardt selaku penasehat berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda, yang kemudian pada tahun 1816 diangkat menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa.  Reinwardt lah yang mengembangkan kebun yang dulu resminya disebut Lands Plantentuin te Buitenzorg ini.

Kebun Raya Bogor

Sumber : Detik

Spot yang menarik adalah sekitar danau Kebun Raya Bogor (KRB). Kalau dari pintu utama ke arah kanan. Tempat lain adalah tugu peringatan Reinwardt yang juga berbatasan dengan istana Bogor. Kamu bisa ambil foto istana juga. Dan jika beruntung, Raflesia Arnoldi ada juga di KRB dan bisa kamu abadikan.

Istana Bogor

Istana Bogor dilihat dari Kebun Raya Bogor

2. Istana Bogor.

Istana Bogor ini awal mulanya adalah kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Inggris sebelum kemudian menjadi Istana milik pemerintah RI. Istana ini dapat kamu kunjungi kok, langsung saja ke Sekretariat Istana. Masuk melalui pintu di samping Gereja.

Istana Bogor

selasar samping Istana Bogor ke arah Kebun Raya Bogor

Istana Bogor

Istana Bogor tampak depan

Spot menarik ada di depan Istana persis, selurusan dengan pintu utama. Selain itu, lukisan-lukisan bisa kamu foto. (Ada beberapa ruang tidak boleh difoto) Dan sayap Kanan Istana juga dilarang dimasuki. Guide Istana akan menunjukkan jalannya kok.

3. Rusa Istana Bogor

Terkait istana bogor, nah, ikon yang menarik adalah rusa-rusa yang bebas berkeliaran. Konom, sejak jaman Presiden Soekarno lah rusa-rusa ini dibawa. Hingga sekarang, masih banyak dan tidak boleh di makan/sembelih.  Rusa atau Unchal ini boleh diberikan makan oleh kita dan biasanya pagi hari banyak pedagang Wortel yang menjual sayuran ini ke pengunjung terutama anak-anak untuk memberi makan dari balik pagar.

Rusa Istana Bogor

Spot terbaik tentu memotret anak-anak yang memberi makan wortel. Biasanya ada di lokasi pagar depan, di depan Sekolah Regina Pacis, Hotel Salak, Kantor Walikota, hingga pertigaan Lampu Merah.

4. Tugu Kujang.

Tugu ini berada tepat di pintu masuk Kota Bogor, dipertigaan yang ramai. Tugu ini dibangun tahun 1982 dan diresmikan oleh H Ahmad Sobana, Walikota Bogor saat itu. Di bagian bawah tugu tertulis “Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga” bahasa Sunda Bogor yang memiliki arti “Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya”. Tulisan tersebut berasal dari prasasti Lingga dan Batutulis Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil.

Tugu Kujang

Tugu kujang (sumber: Okezone)

Memotret tugu kujang bisa dari seberang tugu, walaupun saat ini sudah nggak asyik lagi karena ada penampakan sebuah Hotel yang aji mumpung di seberangnya yang mengganggu pemandangan. Hindari angkot-angkot yang berwarna hijau ramai bingits dengan mencari angle yang tepat.

5. Talas Bogor.

Talas atau Ubi keladi sebenarnya tidak hanya di Bogor. Apalagi Kota Bogor yang orang mungkin sulit menanam Talas karena lahan yang terbatas. Namun nuansa Ungu dari Talas dan talas-talas di Bogor kabupaten dan sekitarnya menjadi ikon khas sejak lama. Saat ini, setiap kuliner penganan yang dibilang khas bogor, mesti ada rasa talasnya. Mau moci, kue lapis, dan lain-lain. Mungkin kalau Bakso berbahan Talas, bisa juga diklaim sebagai bakso Bogor. hehe.

Talas Bogor

Talas Bogor yang ukurannya unik dan jumbo (sumber : bisnisukm)

lapis bogor sangkuriang

Salah satu produk olahan Talas khas Bogor (sumber: hellobogor.com)

Talas bogor mungkin bisa kamu temukan di pagar-pagar kebun raya yang diseberang “Yogya Lama” alias pasar Bogor. Tak jauh dari pintu utama, di seberang warung-warung suvenir. Bisa juga kamu foto produk olahan dari talas, misal Lapis Talas, Mochi talas dan lain-lain talas. Tentu toko banyak yang jual. Rekomendasi saya adalah toko di seberang terminal Baranang Siang. Lumayan lengkap dengan berbagai merk penganan yang eksklusif dan lucu-lucu.

6. Balai Kota Bogor.

Balai Kota yang merupakan pusat pemerintahan di Kota Bogor dan tempat ngantornya Wali Kota inijuga legendaris. Berlokasi tidak jauh dari Istana Bogor, Bangunan ini didirikan untuk administrasi pemerintahan kolonial pada tahun 1868. Bangunan tersebut merupakan perpaduan arsitektur Sunda dan gaya kolonial Belanda, dengan pilar-pilar pada bagian depan gedung.

Balai Kota Bogor

Spot utama adalah memfoto dari depan Balaikota dan agak jauh, agar kelihatan pilar-pilar besar yang megah dan tulisan balai kota diatas.

7. Hotel Salak

Hotel Salak the Heritage, merupakan hotel tua di Bogor. Dulunya bernama Hotel Dibbets dan dibangun pada tahun 1856. Dibbets merupakan nama pengusaha asal Belanda yang memiliki hubungan dengan pejabat-pejabat di Istana Bogor. Sejak tahun 1948, diganti dengan nama Hotel Salak dan pada tahun 1998 ditambahkan menjadi Hotel Salak the Heritage guna mengabadikan sejarah panjang hotel yang persis berada disamping Balai Kota ini.

Hotel Salak Bogor

Spot hotel Salak bisa kamu foto Hotel ini dari seberangnya. Pagar Istana Bogor. Namun berbagai spot lain bisa juga kamu jelajahi.

8. Lapangan Sempur.

Jika diberikan informasi lapangan tempat berkumpul, Sempur pasti ada di benak semua warga Bogor. Diambil dari nama sejenis tumbuhan, Sempur berlokasi di Jalan Jalak Harupat, persis di turunan samping Istana Bogor dan berhadapan dengan bagian belakang Kebun Raya Bogor. Karena letaknya yang rendah dan mencekung ke bawah, setiap kegiatan kerap dapat dinikmati juga dari atas. Tempat ini merupakan lokasi berkumpul untuk berbagai kegiatan di Kota Bogor dan ramai pada saat weekend oleh mereka yang ingin bersantai dan berlari pagi keliling lapangan.

 

sumber : panoramio.com

sumber : panoramio.com

Spot menarik bisa dari sisi jalan raya sehingga semua kegiatan dapat dilihat.

9. Taman Topi

Taman Topi berada di jalan Kapten Muslihat, disamping persis Stasiun Kereta Bogor. Taman ini dulu bernama Taman Wilhelmina, nama Ratu Belanda. Setelah perjalanan naik Kereta dari Batavia, biasanya mereka yang ke Buitenzorg (nama Bogor waktu itu) melepas lelah di Taman ini dan terdapat beberapa fasilitas seperti komedi putar. Setelah pernah menjadi terminal, di taman ini sekarang dibangun Taman Ade Irma Suryani yang mengenang anak dari Almarhum pahlawan Revolusi, Jend. A. Yani dan dibangun toko-toko yang menyerupai jamur dan topi.

Untuk tempat spot menarik, Patung Pahlawan Bogor, Kapten Muslihat,  bisa kamu perhatikan. Selain itu, masuk ke area taman topi, ada Taman Ade Irma Suryani dan toko-toko berwujud Jamur dan Topi. Dari bawah pohon rindang, kamu bisa eksplor taman ini. Juga ke arah kiri dapat melihat gerbang utama Stasiun Kereta Bogor masa lampau.

taman topi bogor

Sumber : Liputan6

10. Stasiun Kereta

Ujungnya KRL Jabodetabek ada di kota ini. Stasiun Kereta yang berdiri sejak 1881 dan hingga kini masih menjadi ikon teknologi perkeretaapian jaman penjajahan. Antara stasiun Beos (stasiun Kota) hingga ke stasiun Buitenzorg (Bogor).  Stasiun Kereta ini merupakan ikon Bogor juga yang melegenda.

Stasiun Bogor

bagian dalam stasiun bogor. Gedung utama di kiri masih dipertahankan (Sumber : tempodoele)

Stasiun Bogor

Pintu utama pada awal stasiun bogor berdiri ini sudah tidak dipakai. (sumber: bogorwatch.wordpress.com)

Spot menarik bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi Gerbang utama tempo dulu yang menghadap Taman Topi.

Demikian sepuluh ikon Kota Bogor yang kerap kali identik dengan Kota Bogor. Kamu sebenarnya dapat mengunjungi banyak destinasi sejarah Kota Bogor ini dalam sekali wisata ke Bogor karena letaknya yang berdekatan. So, siap?

15761 Total Views 36 Views Today
10 Ikon Kota Bogor dan Spot Pilihan Tuk Nikmati Wisatanya
5 (100%) 2 votes
(Visited 5,611 times, 1 visits today)

Tagged:


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'10 Ikon Kota Bogor dan Spot Pilihan Tuk Nikmati Wisatanya' have 1 comment

  1. 05/20/2015 @ 12:44 pm Suzan

    Baru ke Kebun Raya Bogor saja

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool