Share on Pinterest
More share buttons
Tugu Kujang Bogor

10 Fakta Menarik Tentang Bogor

Sebagai kota yang berbatasan langsung dengan ibukota negara, Jakarta, Bogor memiliki beberapa fakta yang menarik. Buat anda yang merencanakan wisata ke Bogor atau sekedar bermain ke Bogor, wajib untuk mengetahuinya. Berikut 10 fakta tentang Bogor:

1.  Asal dan Arti Nama Bogor

Ada beberapa pendapat mengenai asal dan arti nama Bogor. Dikutip dari sejarahbogor.blogspot.com, ada salah satu pendapat yang diyakini mendekati kebenarannya  yaitu yang berhubungan dengan enau (aren) atau dalam bahasa Sunda disebut pohon kawung. Bogor diartikan pohon-pohon aren yang telah mati atau mengering. Pendapat ini dianggap lebih sesuai karena di daerah Bogor banyak terdapat penggarapan tanah secara gogo (tidak digenangi air).

2.  Bogor Kota Hujan

Di Indonesia, Bogor dikenal dengan julukan kota hujan karena memiliki curah hujan tahunan yang lebih tinggi dari daerah lain di Indonesia.  Curah hujan  rata-rata pertahun di Bogor adalah 3.500 hingga 4.000 milimeter.  Untuk ukuran dunia, nilai ini belum seberapa. Karena berdasarkan data dari CNN kota dengan curah hujan paling tinggi adalah kota Mawsynram, India. Kota ini memiliki curah hujan tahunan rata-rata  sebesar 11.871 mm, tiga kali lipat dari curah hujan kota Bogor.

3.  Bogor Kota Angkot

Angkot adalah akronim dari angkutan kota.  Bogor juga dikenal sebagai kota sejuta angkot. Padahal jumlahnya sih tidak sampai sejuta. Menurut Arya Bima, walikota Bogor,  yang dikutip dari Kompas, jumlah angkot di Bogor adalah 3.412 unit (Kompas online pada tanggal 7 Mei 2014). Jumlah ini belum termasuk angkot yang masuk dari Kabupaten Bogor sekitar 4.000 unit. Hampir seluruh ruas jalan di Kota Bogor dilewati oleh angkot yang saat ini memiliki 23 trayek. Bahkan ada anekdot, kalau Bogor dilihat dari citra satelit, penampakan kota Bogor adalah hijau seluruhnya. Hal ini bukan berarti bahwa Bogor dipenuhi oleh pepohonan, tetapi oleh angkot, yang memang berwarna hijau.

Angkot Bogor

4.  Bogor Kota Penelitian Pertanian

Bogor  telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu Institut Pertanian Bogor yang berdiri sejak awal abad ke-20.  Di wilayah Cimanggu, Bogor, cukup banyak Balai Penelitian Pertanian yang ada disini. Sehingga Kementerian Pertanian menamakannya sebagai Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor.

IPB

5. Istana Bogor dan Istana Negara

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Istana Bogor dan Istana Merdeka yang berada di Jakarta saling berhadap-hadapan. Apabila ditarik garis antara Istana Bogor dan Istana Merdeka makan akan terbentang garis lurus sejauh kurang lebih 50 km.

Istana Bogor

Istana Bogor Saling Berhadap-hadapan dengan Istana Negara

6. Bogor adalah Buitenzorg

Bogor pada masa kolonial Belanda dikenal sebagai Buitenzorg. Buitenzorg berarti no worry atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘tanpa kecemasan’ atau ‘aman tentram’. Hal ini karena Bogor saat itu dikenal sebagai tempat peristrahatan yang nyaman dan sejuk. Adanya kebun raya Bogor yang cukup luas juga menjadi paru-paru yang bagus buat kota Bogor.

7. Bogor Kota Petir

Curah hujan yang tinggi membuat Bogor basah hampir sepanjang tahun. Hampir setiap hari Bogor diguyur hujan. Seiiring hadirnya hujan, petir juga memiliki intensitas yang tinggi di Bogor. Oleh karena itu Bogor dikenal sebagai kota petir, karena pada tahun 2009 mendapat sambaran petir sebanya 322 kali. Petir yang cukup dahsyat kadang memberikan bencana. Beberapa tahun terakhir hampir setiap tahun ada korban meninggal akibat tersengat petir.

8. Hotel Tertua di Bogor

Hotel Binnenhof merupakan slah satu hotel tertua dan hingga saat ini tetap beroperasi sebagai hotel di Bogor. Hotel Binnenhof dibangun pada tahun 1856, kemudian berganti nama menjadi Hotel Dibbets dan sekarang menjadi Hotel Salak the Heritage. Akan tetapi hotel tertua bukan hanya hotel salak, ada Hotel Pasar Baroe, Hotel du Chumin de Fur dan Hotel Bellevue yang juga merupakan hotel tertua di Bogor. Hotel Bellevue saat ini sudah dibongkar dan menjadi  pusat perbelanjaan Bogor Trade Mall (BTM). Sedangkan Hotel Pasar Baroe letaknya di Jalan Klenteng, persis di belakang Pasar Bogor dan tidak terurus. Adapun Hotel du Chumin de Fur sekarang menjadi Gedung Polresta Kota Bogor.

Hotel Pasar Baroe

Hotel Pasar Baroe

9. Gedung Kantor Pos

Gedung Kantor Pos ini dahulunya merupakan bangunan gereja pertama di Bogor. Gedung gereja tersebut oleh pemerintah Belanda dijadikan gedung kantor pos Karena letaknya yang strategis d Jalan Raya Pos (De Groete Post Weg). Hingga saat ini bangunan tersebut tetap difungsikan sebagai kantor pos Bogor.

Kantor Pos Bogor

Kantor Pos Bogor

10. Jalan Raya Pos

Bogor merupakan bagian dari proyek pembangunan Jalan Raya Pos atau De Groete Post Weg oleh Gubernur Jenderal Belanda Daendels pada tahun 1808. Jalan Raya Pos merupakan jalur pantai utara Jawa yang terbentang dari Anyer hingga Panarukan. Terdapat empat ruas jalan yang merupakan bagian proyek tersebut di Bogor yaitu: Jalan Ahmad Yani dan Jalan Sudirman, , Jalan Ir. H. Juanda, dan Jalan Suryakencana.

10855 Total Views 6 Views Today
10 Fakta Menarik Tentang Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,857 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'10 Fakta Menarik Tentang Bogor' have 4 comments

  1. 06/16/2015 @ 5:05 pm Khoirina

    Saya baru tahu Nama Bogor itu berhubungan dengan enau (aren)

    Reply

  2. 01/30/2017 @ 10:24 pm Anonymous

    maaf yaa….ini pegangan senjata kujang ditugu ini bentuknya mirip…..?

    Reply

  3. 01/30/2017 @ 10:26 pm Anonymous

    maaf yaa….ini pegangan senjata kujang ditugu ini bentuknya mirip…..?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool