Share on Pinterest
More share buttons
10 Desa Wisata Bogor Yang Harus Dikunjungi

10 Desa Wisata Bogor Yang Harus Dikunjungi

Bertandang ke suatu tempat kadang memang kita butuh suasana yang berbeda. Dari megunjungi tempat-tempat wisata yang ramai, ada baiknya kita juga mencoba tempat wisata yang dapat mengenalkan kita pada budaya dan tradisi masyarakat sekitar. Dimana kita berwisata. Mungkin selama ini tidak kepikiran untuk mencoba datang ke desa-desa wisata yang sudah dikelola oleh pemda setempat. Seperti misalnya, saya yang sudah hampir puluhan tahun tinggal di Bogor, tak menyadari ada banyak desa wisata yang layak dan musti dikunjungi, ada beberapa penyebab. Mungkin saya yang tidak update perkembangan wisata daerah. Bogor, sebagai destinasi pariwisata yang terus berkembang, mulai membenahi dan memperbaharui tempat-tempat wisata tersebut. Sebagian sudah banyak dikenal, sebagian juga masih banyak yang belum tau. Seperti misalnya desa wisata Bogor, yang menjadi alternatif liburan di Bogor.

Setu Cikaret di Desa Harapan Jaya

Ada banyak desa wisata bogor yang bisa dikunjungi, sekitar 24 jumlahnya yan sudah dipetakan oleh dinas budaya dan pariwisata Kabupaten Bogor, walaupun semuanya menarik untuk didatangi tapi ada 10 yang lebih menarik perhatian saya. Terutama desa wisata yang mengenalkan situs sejarah dan budaya lokal serta kerajinan yang dibuat warga dan apa saja . Beberapa diantaranya yaitu:

1. Desa Sukaresmi

Di Desa ini dapat ditemukan situs sejarah peninggalan perang dunia 2, adanya situs makam Jerman, tentara nazi, menjadikan desa ini layak untuk dijadikan tempat wisata. Karena kita dapat belajar mengenai sejarah yang pernah terjadi di Bogor, khususnya masa perang dunia dahulu. Selain situs sejarah ada pengrajin Kujang khas Bogor.

2. Desa Cinagara

Terletak di Kecamatan Caringin, dipercaya sebagai asal muasal aliran Pencat Silat Cimande yang tersohor itu, yang mengandalkan gerakan tangan. Mungkin jika kesini, kita juga bisa belajar tentang sejarah Silat Cimande dan sekaligus mempelajari gerakan silatnya itu sendiri. Disini juga merupakan Desa yang terkenal dengan komoditas pertaniannya.

3. Desa Tenjolaya

Tenjolaya merupakan desa yang terdapat beberapa situs sejarah, khususnya situs megalitikum. Salah satunya yang cukup dikenal adalah Situs Salaka Domas yang dipercaya masih ada hubungannya dengan Situs Gunung Padang di Cianjur sana, namun menurut teman, untuk menuju kesini aksesnya masih agak sulit, butuh guide yang benar-benar berpengalaman atau tahu jalan, tidak seperti jika ke Gunung Padang.

4. Desa Ciaruten

Siapa yang tidak mengenal Prasasti Batu Tulis yang didalam benak siapapun akan langsung menyebut kata Bogor. Desa Ciaruten ini memang menyimpan sejarah kerajaan Tarumanegara, yang ditandai denggan adanya sepasang gambar tapak kaki Gajah.

5. Desa Cibatu

Disini ciri khasnya punya kerajinan Batu dan kesenian Karinding dan sentra kerajinan barang seperti tas dan lainnya dengan kualitas baik.

6. Desa Malasari

Desa yang berdekatan dengan Lebak Banten ini, mempunyai tradisi Seren Taun yakni tradisi upacara yang dilakukan masyarakat Sunda sebagai ungkapan syukur atas panen yang didapat. Upacara ini dilaksanakan setiap memasuki tahun baru Islam (Muharam). Tradisi ini diketahui sudah berjalan sejak 175 tahun yang lalu.

7. Desa Pasir Eurih

Kebudayan Sunda bisa kita lihat di Desa ini, tepatnya di Kampung Budaya Sindang Barang. Tempat ini sudah sangat terkenal karena tidak begitu jauh dari pusat Kota Bogor. Dan sudah menjadi salah satu paket wisata Bogor yang sering didatangi wisatawan untuk mengenal budaya Sunda.

8. Desa Leuwikaret

Yang berada di Klapanunggal-Bogor ini mempunyai aset wisata yang sedikit menantang untuk jiwa pemberani, yaitu menyusuri dan menjelahi gua-gua panjang yang ada disini.

9. Desa Tugu Utara

Berada di kawasan puncak Cisarua yang menawarkan keindahan alam dengan hamparan kebun teh, ternyata disini juga terdapat beberapa situs-situs yang perlu dikunjungi untuk dilindungi. Ada beberapa situs berupa makam yang sering didatangi peziarah.

10. Desa Harapan Jaya

Setu Cikaret yang terletak di Desa Harapan Jaya, kecamatan Cibinong ini punya daya tarik sendiri untuk dijadikan wisata murah di Bogor. Pemandangan air yang tenang sambil menikmati angin sore dan menyeruput es kelapa muda, cocok untuk bersantai.

Desa-desa wisata ini harus tetap dijaga, jangan sampai tergusur oleh keserakahan pihak swasta yang ingin menjadikan tempat ini lebih komersil dan menghilangkan ciri khas asli dari masing-masing desa wisata di bogor ini.

Buat feature image

7649 Total Views 19 Views Today
10 Desa Wisata Bogor Yang Harus Dikunjungi
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,039 times, 2 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'10 Desa Wisata Bogor Yang Harus Dikunjungi' have 2 comments

  1. 05/06/2015 @ 1:58 pm Uniek Kaswarganti

    Ayo Mel ajak aku ke situuuuu….

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool