Share on Pinterest
More share buttons
Citarasa Kuliner Nusantara

10 Citarasa Nusantara di Bogor

Dalam urusan kuliner, Bogor jadi pilihan orang-orang Jakarta sudah tak mengherankan. Bogor memang punya beragam kuliner untuk diburu mereka yang sedang berlibur di sini. Di luar santapan yang memang sajian khas Bogor, banyak menu dari penjuru nusantara yang juga hadir di Bogor. Berikut 10 citarasa dari beragam propinsi negeri ini yang bisa kita cicipi.

1. Aceh

Masakan Aceh seperti nasi goreng dan mi baik goreng maupun rebus bisa ditemukan salah satunya di rumah makan Pondok Bangladesh, Jln. Pajajaran sebelum Warung Jambu kalau dari arah RS Azra. Bagi penyuka rasa pedas, nasi goreng dan mi Aceh cocok dinikmati.

2. Palembang

Pempek Palembang
Palembang terkenal dengan pempeknya. Menu khas Palembang ini tersedia di berbagai tempat di Bogor yang dijajakan menggunakan gerobak dorong maupun yang menetap semacam RM Bahrein setelah tanjakan di perempatan Warung Jambu. Selain menyediakan masakan yang benar-benar bercitarasa Palembang, rumah makan ini terasa sekali nuansa Palembangnya dari desain interiornya.

3. Padang

Orang Padang terkenal baik hati. Mereka menyediakan makan untuk orang-orang di mana mereka berada. Karena mereka pandai berbisnis, kata Padang suka dipelesetkan kepanjangannya menjadi “pandai dagang”. Tak perlu ditanya ada berapa banyak rumah makan Padang. Bisa dibilang semua pinggir jalan di Bogor, apalagi jalan utama, pasti ada rumah makan atau warung Padang. Trio, Simpang Raya, Sederhana, Mak Itam, Gunung Nago, Siang Malam adalah beberapa nama tempat makan masakan Padang yang bisa ditemukan di Bogor.

4. Kalimantan Selatan

Soto bukan semata milik masyarakat Jawa, di pulau lain di wilayah negeri ini juga punya. Salah satunya yang bisa kita temukan adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto Banjar ini bisa diperoleh di Waroeng Bumi Khatulistiwa, Jln. Pajajaran No. 28A Bogor.

5. Madura

Sate, bubur ayam, dan bubur kacang hijau adalah tiga jenis menu dari Madura yang bisa diperoleh dengan mudah terutama di sore dan malam hari. Banyak warung tenda yang menjual bubur ayam dan bubur kacang hijau khas Madura, atau sate Madura. Sama-sama bubur ayam, ada perbedaan yang bisa dicecap lidah antara bubur ayam Madura dengan bubur ayam dari daerah lain misalnya Sukabumi atau Cianjur.

6. Jawa Tengah

Menu khas Jawa Tengah yang ada di Bogor salah satunya adalah soto Kudus. Ada beberapa rumah makan yang menyajikan soto Kudus yang berkuah bening ini. Salah satunya adalah Warung Soto Kudus Kembang Joyo berlokasi di Ruko Warung Jambu, Jln. Pajajaran. Bila mau menu nasi liwet khas Jawa Tengah, Resto Solo di Jln. Pajajaran V No. R5, sebelah kanan RS BMC (Bogor Medical Center), juga bisa jadi pilihan.

7. Daerah Istimewa Yogyakarta

Gudeg identik dengan Yogyakarta meskipun kenyataannya bukan hanya Yogya yang punya masakan dari nangka muda ini. Di Bogor, gudeg bisa ditemukan di mal atau di warung tenda. Kita bisa menyantap gudeg di food court di mal BTM atau Yogya Bogor Junction. Kalau mau lebih murah, di warung pinggir Jalan Bangbarung atau yang di dekat RS BMC.

Tiket Murah ke Jogja

8. Jawa Barat

Untuk masakan Sunda, Bogor tempatnya. Dari kelas kaki lima sampai hotel bintang lima, semua ada. Tinggal seberapa dalam kita merogoh kantong. Restoran de Leuit, atau Restoran Bale Kabayan yang berada di ruas jalan yang sama yaitu Jln. Bina Marga I adalah tempat makan untuk masakan Sunda. Di Jln. H. Achmad Adnawijaya (Pandu Raya) ada soto dan empal gentong khas Cirebon. Bila Anda penggemar masakan Cirebon, langsung saja meluncur ke sana.

9. Jawa Timur

Pecel Madiun

Bila ingin menikmati sajian Jawa Timur di Bogor, beberapa yang bisa disebut: pecel Madiun, nasi bebek Surabaya, rujak cingur, tahu telur, lontong balap, atau lontong cap gomeh. Untuk pecel Madiun, tempat makan yang gampang dijangkau adalah Pecel Madiun Bu Pardi yang berada di Jl. Sudirman 15-J pas di pojokan lampu lalu-lintas dekat Bogor Permai. Nasi bebek Surabaya hanya bisa dinikmati di pagi hari untuk sarapan di tempat parkir ruko yang berada di sebelah kiri Gedung Wanita, satu deret dengan Bogor Permai.

10. Lombok

Masakan Lombok ini seperti hidangan Aceh dalam hal pedasnya. Bila Anda penggemar masakan pedas, masakan Lombok tentu harus Anda coba. Tempat makan yang menyediakan menu khas Lombok yang bisa Anda kunjungi adalah Resto Ayam Cacah yang berada di Jln. H. Achmad Adnawijaya atau dulu bernama Jln. Pandu Raya. Selain masakan berbahan baku ayam yang jadi andalan, resto ini juga menyediakan menu masakan dari bebek, ikan, dan belut.

Itulah 10 citarasa nusantara yang bisa ditemukan di Bogor. Silakan dipilih mana yang disuka sesuai selera. Tinggal siapkan saja anggaran untuk wisata kuliner dan perut kosong. 😉

5693 Total Views 3 Views Today
10 Citarasa Nusantara di Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 1,824 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'10 Citarasa Nusantara di Bogor' have 1 comment

  1. 05/19/2015 @ 4:10 pm Fachrul Rusli

    Terima kasih atas informasi yang sangat menarik ini, mari kita
    lestarikan kuliner nusantara dan mari intip macam-macam kuliner bogor

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool