Share on Pinterest
More share buttons
Kuliner Bogor

10 Cita Rasa Internasional di Kota Bogor

Banyak orang yang berwisata ke Bogor dengan tujuan menikmati beragam kuliner yang tersaji di kota ini. Tak cuma kuliner khas dari Bogor maupun kuliner nusantara, kota yang dikenal sebagai kota hujan ini juga merupakan rumah bagi kuliner dari mancanegara. Beragam rumah makan yang menyajikan hidangan internasional ini dengan mudah kita temukan di berbagai penjuru kota. Paling tidak inilah 10 cita rasa internasional yang hadir di Kota Bogor:

1. Sushi

Sushi di Hatsu Tei

Sushi di Hatsu Tei
( Sumber: Disgiovery[dot]com)

Sushi merupakan makanan asal negeri Matahari Terbit alias Jepang, yang terbuat dari nasi yang digulung dengan nori yang dikombinasikan berbagai “isi” seperti wortel, alpukat, ikan, udang, ayam, timun dan sebagainya. Kemudian disantap dengan berbagai pelengkap seperti shoyu (saus khas untuk sushi), wasabi (“sambal”nya sushi, berwarna hijau dan biasa dicampurkan dengan shoyu) dan gari (semacam acar yang terbuat dari jahe muda). Di Bogor paling tidak ada dua tempat yang menyajikan sushi dengan harga dan rasa yang premium, yaitu Midori di Jl Pajajaran dan Hatsu Tei di Jl. Lodaya 3. Selain itu ada juga Sushi Nest (Jl Pajajaran), Bara Food Court (Jl Babakan Raya) dan Ichiban Sushi (Botani Square).

2. Steak

Pawon Pizza

Steak Pawon
http://hellobogor.com/menyepi-di-pawon/

Potongan daging yang dimasak dengan cara dipanggang ini cukup populer di Indonesia. Daging yang digunakan umumnya daging sapi, tapi ada juga yang menggunakan daging ayam. Di Bogor sendiri cukup banyak tempat makan yang menyediakan steak sebagai menu utamanya, sebut saja Happycow Steak di Jl Bangbarung, Steak 21 (Botani Square), Waroeng Steak & Shake (Jl Ahmad Yani dan Jl Sukasari), Abuba Steak (Jl Bangbarung), Kally (Gunung Batu), Pawon Steak (Jl Malabar) dan masih banyak lagi. Di Kedai Aer Mantjoer (Jl RE Martadinata) menu steak dibuat berbeda dengan menuliskan Steak Kayu Bakar pada daftar menunya.

3. Spaghetti

Spaghetti Cafe de Etre

Spaghetti Cafe de Etre

Aneka olahan pasta dari negeri Itali cukup terkenal di Indonesia, khususnya spaghetti. Berbagai jenis saus menjadi pilihan untuk dapat menikmati spaghetti ini, sebut saja aglio olio, bolognaise, napolitan, marinara, dan sebagainya. Di Bogor, kita bisa menikmati spaghetti di banyak tempat, seperti Cafe De Etre (Jl Pandu Raya), Kedai Aer Mantjoer (Jl RE Martadinata), Tier Sera (Jl Ahmad Yani), The Pot (Sentul City), Death by Chocolate (Jl. Ciremai) dan kedai makanan yang spesialis menyajikan hidangan pasta yaitu Pasta Gio di Jl. Pandu Raya.

4. Pizza

Pizza Meteran

Pizza Meteran
http://hellobogor.com/pizza-meteran-di-bogor-enaknya-gak-habis-habis/

Masih dari kuliner Italia, pizza juga menjadi sebuah makanan yang tidak asing lagi di Indonesia. Jejaring gerai franchise pizza yang cukup besar di dunia juga sudah menjejakkan kakinya di kota ini, seperti Pizza Hut, Domino’s Pizza dan Papa Ron’s Pizza. Tapi Bogor punya dua tempat yang sangat terkenal dengan sajian pizzanya yang beda dengan yang lain, yang pertama adalah Pizza Meteran yang ada di Roast Chicken (Jl. Binamarga), dan satu lagi adalah Pizza Kayu Bakar yang menjadi salah satu signature dari Kedai Kita yang hadir di tiga outletnya: Jl. Pangrango, Jl. Kantor Pos dan di Bellanova Mall – Sentul Selatan.

5. Tomyum

Tom Yum Talay

Tom Yum Talay (Seafood Tom Yum)
http://hellobogor.com/kuliner-negeri-gajah-di-bogor/

Kalau yang ini berasal dari sesama negara anggota ASEAN, Thailand. Tomyun adalah sup ikan / seafood  dalam kuah hangat kaya rempah khas negara yang beribukotakan Bangkok ini. Salah satu tempat makan di Bogor yang “serius” menggarap Tomyum sebagai andalannya adalah Pajajaran Tomyum yang berlokasi di Jl. Pajajaran Indah, tepat sebelum perempatan pintu masuk Villa Duta. Selain Tomyum, di sini kita juga bisa menemukan beragam menu kuliner dari Thailand.

6. Bibimbap

Bibimbap

Bibimbap di Suju Ramen

Ketika budaya K-Pop secara masif masuk ke Indonesia, beragam hal dari Korea juga ikut masuk, tak terkecuali kulinernya. Kimchi, bulgogi, ramyeon, toppoki dan juga bibimbap bukan lagi menjadi istilah asing bagi kita, khususnya para penggemar segala yang berbau Korea. Bibimbap adalah nasi khas Korea yang disajikan berdama dengan kol, toge, wortel, dan aneka sayuran lainnya serta telur setengah mateng dan potongan daging spi atau ayam. Sebelum disantap semuanya diaduk dulu menjadi satu di atas mangkuk yang panas. Di Bogor kita bisa temui kuliner Korea ini di salah satu jaringan gerai resto korea: Mujigae yang berlokasi di Botani Square. Ada juga Suju Ramen di Jl Bangbarung yang juga menyediakan aneka makanan khas negeri Ginseng ini.

7. Ramen

Dajii Ramen

Dajii Ramen

Mie kuah dari negeri Sakura ini memang memberikan cita rasa yang berbeda jika dibanding aneka mie yang hadir di Indonesia, tetapi masih “masuk” dalam selera kebanyakan orang Indonesia. Tak heran Ramen menjadi salah satu kuliner Jepang yang cukup populer di negara kita, termasuk di Kota Bogor. Beberapa tahun lalu banyak bertebaran aneka resto yang menyajikan Ramen sebagai menu utamanya, akan tetapi ada beberapa yang tidak bertahan lama. Yang masih bertahan dan makin ke hari semakin ramai di antaranya adalah Daijii Ramen yang berlokasi di Jl. Pajajaran Indah (dekat Villa Duta). Ada juga Ramen Cemen di Jl. RE Martadinata yang memodifikasi sajian Ramen dipadukan dengan iga bakar.

8. Cupcake

mrsgitta cupcake shop

Cupcake @ mrsgitta cupcake shop

Cupcake merupakan kudapan yang berasal dari negeri Paman Sam alias Amerika Serikat, yang saat ini banyak juga ditemukan di negara lainnya di dunia, termasuk Indonesia. Dinamakan cupcake karena dibuat di dalam cup. Dalam perkembangannya, kita bisa menemukan cupcake dengan aneka rasa dan aneka topping. Di Bogor sendiri kita bisa menikmati cupcake di Rumah Cupcake (Jl Sanggabuana), Toko Kue Harvest (Jl Pajajaran) dan Mrsgitta Cupcake Shop (Jl. Bangbarung)

9. Dimsum

Dimsum Saung Pak Ewok

Dimsum Saung Pak Ewok

Kalau yang ini berasal dari negeri tirai bambu alias Cina, aneka makanan kecil yang biasanya langsung disajikan dalam wadah bambu dengan saus sambal. Dimsum sendiri dapat terdiri dari berbagai jenis, sebut saja siomay, dumpling, pao, kekian, hakau, ceker dan lain-lain. Di Bogor kita bisa mencicipi dimsum di berbagai tempat, baik di pinggir jalan seperti di Jl Pandu Raya atau di Villa Bogor Indah, sampai ke rumah makan seperti Saung Pak Ewok atau Kedai Aer Mantjoer.

10. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

Nasi Kebuli RM. Ali Baba

Bogor punya kawasan Empang, sebuah kawasan yang penghuninya mayoritas merupakan keturunan Arab. Tak heran kuliner Timur Tengah juga banyak kita temukan di kota ini. Salah satunya Nasi Kebuli, nasi gurih  yang dimasak dengan minyak samin dan kaldu daging kambing dengan taburan kismis. Biasanya disajikan dengan daging kambing sebagai pelengkap. Di Bogor kita bisa menemukan Nasi Kebuli di Sate Gate (Empang), RM Alibaba (Jl Pangrango) dan RM Kabuli (Jl Sudirman).

Itulah sepuluh citarasa kuliner internasional yang ada di Bogor. Tentunya masih banyak lagi yang belum tertulis di sini dan ini membuktikan bahwa Bogor memang kota yang menjadi destinasi wisata kuliner. Jadi, ayo ke Bogor!

7966 Total Views 15 Views Today
10 Cita Rasa Internasional di Kota Bogor
3 (60%) 2 votes
(Visited 2,478 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'10 Cita Rasa Internasional di Kota Bogor' have 3 comments

  1. 06/10/2015 @ 4:46 pm wongkamfung

    Ngiler lihat nasi kebulinya.

    Reply

  2. 06/16/2015 @ 8:43 pm unggulcenter

    Ulas kang khusus Nasi Kebuli.. selain Sate Gate saya lum pernah coba nih tempat lain mana yang enak

    Reply

  3. 08/24/2016 @ 10:07 am Ayu

    Saya baru denger steak pawon padahal tinggal di bogor

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool