Share on Pinterest
More share buttons
10 Alasan ke Bogor

10 Alasan Berwisata ke Bogor

Setiap kota memiliki kekhasan masing-masing. Ciri khas itu bisa berupa menu makanan atau sebuah tempat untuk berwisata. Meskipun adakalanya keunikan, khususnya makanan, ditemukan di tempat lain, jenis santapan tersebut tetap melekat pada daerah tertentu. Sebagai contoh, kita bisa temukan pempek tersaji di banyak tempat di Indonesia, tetapi orang selalu mengaitkan pempek dengan Palembang. Begitu juga dengan jenis masakan lain. Jelas kita akan merasakan sensasi yang berbeda saat kita bisa menyantap suatu makanan di daerah asalnya atau di kota yang namanya melekat pada makanan itu.

Kekhasan suatu kota biasanya yang menjadi alasan seseorang untuk datang. Dan inilah 10 alasan mengapa Anda harus berwisata ke Bogor. Ada lima objek wisata dan lima kuliner yang akan Anda nikmati di Kota Bogor. Sebagian di antaranya bahkan hanya dapat Anda temukan di Bogor. Dengan demikian, tidak bisa tidak, bila Anda ingin melihat dengan mata kepala sendiri, atau mencecapnya, Anda harus datang ke Kota Hujan ini.

  1. Kebun Raya Bogor
    kebun raya bogor
    Kebun Raya Bogor sengaja saya taruh di urutan pertama meskipun daftar ini disusun bukan berdasarkan peringkat. Kebun dengan luas mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan menjadi surga pecinta botani. Kebun yang saat diresmikan pada 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen bernama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg ini mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Bahkan cukup berjalan kaki dari stasiun kereta maupun terminal bis Baranangsiang.
  2. Istana Bogor
    Istana Bogor dengan Kebun Raya merupakan satu paket karena berada dalam satu area. Sebelum dipisah pengelolaannya, Kebun Raya merupakan bagian dari halaman istana. Sebelum menjadi istana seperti sekarang ini, Istana Bogor dahulunya adalah tempat peristirahatan bernama Villa Buitenzorg yang dibangun pada tahun 1745 saat pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Karena perlu ijin khusus untuk bisa masuk Istana Bogor, ada baiknya Anda mengajukan perijinan jauh-jauh hari sebelum kedatangan Anda di Bogor.
  3. Museum Kepresidenan RI
    Museum ini termasuk bangunan baru di area Istana Bogor. Museum Kepresidenan RI bisa diakses dari pintu gerbang yang berada di samping Gereja Zebaoth. Museum ini dibangun saat kepemimpinan Presiden SBY dan diresmikan olehnya pada tahun 2014. Ada dua bagian utama di dalam museum tersebut yang disebut dengan Galeri Kebangsaan dan Galeri Kepresidenan. Sayangnya kita hanya boleh memotret di Galeri Kebangsaan. Sedangkan di pintu masuk Galeri Kepresidenan ada gambar kamera dan tulisan “Dilarang Memotret” tanpa ada penjelasan mengapa tidak boleh memotret.
  4. Pabrik Gong
    Pabrik gong berlokasi di Jalan Pancasan Nomor 17. Untuk mencapai lokasinya, kita bisa menggunakan angkutan umum ‘angkot’ jurusan Ciapus/Cikaret/Cibeureum dari samping Bogor Trade Mall. Hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit untuk sampai lokasi. Tinggal bilang ke sopir ‘angkot’, nanti kita akan diturunkan di seberang pabrik gong. Kalau mau jalan kaki, jaraknya juga tidak terlalu jauh. Di pabrik ini kita bisa melihat proses pembuatan alat musik tradisional gong mulai dari pembakaran logam bahan baku sampai uji nada sebelum dijual atau dikirim ke alamat pemesan. Di wilayah Bogor, ini merupakan pabrik gong satu-satunya, bahkan konon kabarnya juga satu-satunya di Jawa Barat.
  5. Istana Tas
    Wilayah Tajur merupakan surganya pecinta tas. Banyak toko tas yang menyediakan variasi model dan merek tas dengan harga yang tergolong murah. Tajur selalu ramai dipadati pengunjung di akhir pekan. Bukan hanya mereka yang datang dari Jabodetabek tetapi juga dari tempat lain. Bila Anda penggemar tas, akan menyesal bila tidak mengunjungi Tajur. Beragam tas pria dan wanita tersedia buat Anda. Tinggal berapa anggaran yang Anda sediakan untuk berbelanja tas.
  6. Soto Bogor
    Salah satu daya tarik Bogor adalah wisata kuliner. Soto Bogor yang berwarna kuning merupakan primadona yang suka diburu pelancong. Banyak lokasi pedagang soto Bogor. Salah satu lokasi yang biasa didatangi adalah yang berada di Jalan Surya Kencana. Jangan Anda bayangkan lapak penjual soto berupa restoran mewah. Mereka hanya pedagang berwarung tenda yang mangkal di pinggir jalan atau kadang di atas trotoar. Meskipun demikian, kelezatannya tak diragukan lagi. Harganya pun tentunya masih bersahabat. Buktinya, mereka selalu didatangi dan dikerubuti pembeli yang hendak menyantap soto kuning Bogor yang isinya bisa dipilih sesuai selera: daging sapi, iso, limpa, babat, paru, otak, dan bahkan jengkol juga ada.
  7. Kacang Bogor
    kacang bogor

    Kacang Bogor

    Dibilang kudapan khas Bogor, tak salah-salah juga karena penyebutannya selalu diembel-embeli kata ‘Bogor’ meskipun kenyataannya kacang ini asalnya dari Afrika Barat. Kacang ini bisa ditemukan dalam bentuk rebusan yang dijual pedagang keliling menggunakan gerobak dorong atau dioven lalu dikemas dalam plastik. Bila hendak dijadikan oleh-oleh, kacang Bogor oven yang paling pas karena bisa tahan lama.

  8. Talas Bogor
    Talas Bogor juga banyak dicari pelancong. Bukan hanya talas Bogor yang sudah diolah menjadi kue semacam brownies atau kue lapis, yang mentah pun suka dijinjing sebagai buah tangan. Tak heran jika kita melihat, misalnya, penumpang kereta api rel listrik atau commuter line yang menenteng seikat talas berisi dua sampai lima batang talas setelah berwisata di Bogor.
  9. Taoge Goreng
    Orang dari luar Bogor banyak yang mengira taoge goreng adalah makanan berbahan dari taoge yang digoreng di dalam minyak sebagaimana pisang goreng. Ada pula yang menyangka itu sejenis bakwan atau bala-bala. Dari namanya, taoge goreng memang mengesankan seperti itu. Rupanya kata ‘goreng’ mengacu pada taoge yang dimasak di nampan seng berisi air sambil dibolak-balik layaknya menggoreng pisang. Selain taoge yang ‘digoreng’ menggunakan air, bahan lain yang ditambahkan di atas piring sebelum disajikan adalah irisan tahu dan lontong kemudian diguyur bumbu kental berwarna coklat yang terbuat dari tauco dan campuran lainnya. Makanan tradisional ini rasanya cukup lezat dan sayang bila tidak dicoba saat berada di Bogor.
  10. Makanan dan Minuman Pala
    es pala

    Es Pala

    Penjual atau toko oleh-oleh di Bogor biasanya menyediakan manisan pala baik yang basah berair atau yang kering berbalur gula pasir. Selain dijadikan manisan, pala juga dibuat minuman. Ada juga sirup pala. Banyak rumah makan atau restoran memiliki menu minuman berbahan buah pala. Manisan dan minuman pala dibuat dari daging buah pala setelah bijinya diambil. Bijinya sendiri dijual terpisah sebagai bumbu dapur. Di pasar tradisional seperti Pasar Bogor dan Pasar Anyar, Anda bisa membeli buah pala segar yang masih utuh bulat, masih ada biji dan dagingnya. Siapa tahu Anda punya rencana membuat manisan atau minuman pala di rumah.

5071 Total Views 3 Views Today
10 Alasan Berwisata ke Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,084 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'10 Alasan Berwisata ke Bogor' have 2 comments

  1. 06/04/2015 @ 5:34 pm ifah

    Wahhh, kebetulan lagi di Jakarta nih. Jalan-Jalan ke Bogor ah. Thank’s infonya Mas. Oh iya, kalau mau masuk istana Bogor, ijinnya kemana? terus biaya masuk di kebun raya Bogor berapa ya?

    Reply

    • 06/04/2015 @ 11:56 pm wongkamfung

      @Ifah: Surat ijin ditujukan kepada Kepala Istana Kepresidenan Bogor dilengkapi dengan daftar peserta, alamat lengkap, nomor telepon dan rencana tanggal kunjungan. Waktu berkunjung ke istana setiap hari dari 08.30-14.00 WIB, kecuali Jumat dan libur nasional tutup. Tidak ada biaya untuk ngurus surat ijin alias gratis.
      Tiket masuk Kebun Raya Rp 15.000 per orang. 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool